fbpx

Mengenal 3 Universitas yang Tawarkan Jurusan Teknik Terbaik di Jepang

Menurut data yang dihimpun oleh Japan Student Services Organization (JASSO) pada tahun 2017, ada sekitar 5.495 pelajar asing di Jepang yang berasal dari Indonesia. Angka ini diperkirakan akan terus merangkak naik tiap tahunnya. Selain kebudayaannya yang memang menarik minat para pelajar, reputasi dari universitas-universitas yang ada di Jepang pun patut diperhitungkan. Jurusan teknik, bahasa, kebijakan publik, dan hubungan internasional menjadi beberapa jurusan yang diminati oleh para pelajar Indonesia yang berkuliah di sana.

Berikut merupakan universitas-universitas yang menawarkan jurusan teknik terbaik di Jepang.

University of Tokyo

anakrantau-teknik-terbaik-jepang-1.jpg
Sumber: hmcasia.org

University of Tokyo atau Todai memiliki Fakultas Teknik yang menaungi 16 departemen. Terdapat berbagai macam disiplin ilmu yang ditawarkan oleh universitas ini, mulai dari teknik sipil, arsitektur, teknik material, kimia terapan, kimia dan bioteknologi, fisika terapan, inovasi sistem, dan juga teknik informasi dan komunikasi.

Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1877 ini menjadi salah satu universitas favorit bagi para pelajar. Bahkan, dapat dibilang bahwa ujian seleksi masuk Todai merupakan ujian universitas tersulit di Jepang. Akan tetapi, hal ini tidak membuat surut semangat para pelajar untuk memilih Todai sebagai tempat melanjutkan kuliah. Apalagi, Tokyo sendiri menjadi salah satu kota ramah pelajar di dunia.

Sebagai universitas terbaik di Jepang, akan tepat apabila kamu mempelajari teknik lebih dalam di University of Tokyo.

Tohoku University

anakrantau-teknik-terbaik-jepang-2.jpg
Sumber: be.linkedin.com

Tohoku University terletak di Sendai, Jepang. Universitas ini termasuk universitas paling prestisius di Jepang dan masuk jajaran 50 universitas terbaik di dunia. Fakultas Teknik Tohoku University telah ada sejak tahun 1919 dan terdiri dari 3 departemen, yakni Mechanical Engineering, Electrical Engineering, dan Applied Chemistry Kemudian, 4 departemen lainnya, Departments of Metallurgy, Aeronautics, Electrical Communications, dan Mining and Mineral Engineering baru ditambahkan pada tahun 1923, 1939, 1941, dan 1944.

Terdapat berbagai macam perubahan dan reorganisasi dari departemen-departemen yang ada di Fakultas Teknik Tohoku University dari pertama kali dibentuk hingga sekarang. Untuk sekarang, ada 5 departemen yang berada di bawah naungan fakultas dan masing-masing departemen memiliki sejumlah program yang tentunya beragam.

Yang cukup menarik dari Tohoku University adalah adanya The Graduate School of Environmental Studies yang mengambil sudut pandang yang cukup multidisiplin. Kurikulum yang ditawarkan di fakultas ini adalah menggabungkan kerja laboratorium dengan seminar. Dengan demikian, siswa akan mendapat pengalaman teknis dan mempelajari metode penelitian dan pengembangan yang lebih baik.

Kyoto University

anakrantau-teknik-terbaik-jepang-3.jpg
Sumber: techinasia.com

Apabila University of Tokyo disebut sebagai Todai, maka Kyoto University memiliki sebutan sebagai Kyodai. Universitas ini merupakan universitas tertua kedua di Jepang. Fakultas Teknik Kyoto University merupakan fakultas paling besar di Kyoto University. Setidaknya, terdapat 6 departemen yang dinaungi oleh fakultas ini, yakni Global Engineering, Architecture, Engineering Science, Electrical and Electronic Engineering, Informatics and Mathematical Science, dan Industrial Chemistry. 

Diharapkan, para lulusan fakultas teknik dari Kyoto University mampu memiliki kemampuan untuk memahami konsep ilmiah melalui persepsi dan perspektif mereka dan dapat menjadi pionir di bidang teknologi. Beberapa peneliti dari universitas ini telah diakui secara internasional, bahkan mendapatkan penghargaan Nobel.

Itulah 3 universitas yang menawarkan jurusan teknik terbaik di Jepang. Dengan kekhasan masing-masing, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang sungguh berbeda. Berbagai jenis jurusan pun ditawarkan untuk mengakomodasi minat dari para pelajar. Jadi bagaimana? Sudah mendapat gambaran untuk melanjutkan kuliah di mana, anak rantau?


Ingin mengetahui cerita lain di Tokyo?