fbpx

Dampak COVID-19, Apa Kabar Visa Para Pelajar Internasional?

Apabila kamu adalah pelajar internasional di satu negara yang melakukan kebijakan lockdown, mungkin kamu akan bertanya-tanya mengenai status visa pelajar yang kamu miliki. Tentu, di tengah pandemi COVID-19 ini, status tersebut menjadi tidak jelas. Apalagi, banyak sekali berita yang terus muncul tiap harinya. Sayangnya, berita tersebut banyak sekali yang simpang siur dan membingungkan.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah secara konstan untuk menanyakan status visamu tersebut kepada pihak universitas atau kantor internasional di universitasmu. Akan tetapi, berikut sedikit informasi mengenai status visa pelajar para pelajar internasional.

Aturan yang lebih luwes

visa pelajar internasional
Sumber: international.ristekdikti.org

Dengan memburuknya kondisi di berbagai negara akibat pandemi COVID-19, sejumlah negara mulai menerapkan pengaturan visa yang lebih luwes. Hal ini merujuk pada kebijakan-kebijakan lockdown yang dilakukan oleh sejumlah pemerintah. Sebagai contoh adalah di Amerika Serikat.

Kemmudian, di Australia, para pelajar internasional yang biasanya hanya mampu bekerja hingga 40 jam per minggu, dapat bekerja lebih lama. Hal ini dilakukan untuk membantu penstabilan situasi ekonomi akibat COVID-19.

Bagaimana kalau visa saya tak berlaku di tengah kebijakan lockdown?

Departemen imigrasi di berbagai negara di dunia berusaha sebisa mungkin untuk memberikan solusi untuk hal ini. Mereka meminta para pelajar internasional untuk menghubungi mereka apabila visa mereka akan segera tidak berlaku.

Lain lagi di Selandia Baru, para pelajar bisa mengajukan penambahan masa berlaku visa pelajar mereka. Penambahan tersebut bisa mencapai enam bulan. Jadi, kamu tidak perlu terlalu khawatir.

Kemudian, menghubungi pihak kedutaan di saat seperti ini juga bsia menjadi langkah yang bisa kamu ambil.

Bagaimana nasib visa kerja setelah kuliah yang diajukan?

Visa pelajar internasional
Sumber: apa.org

Salah satu concern terbesar dari para pelajar internasional adalah nasib dari pengajuan visa kerja yang mereka lakukan, sebagai contoh adalah Optional Practical Training (OPT) di Amerika. Memang belum ada kejelasan bagaimana proses penerbitan visa tersebut akan berjalan.

Akan tetapi, akan lebih baik apabila para pelajar yang telah mengajukan lamaran untuk tetap berada di tempat. Apalagi dengan adanya larangan penerbangan yang diterapkan.

Memang akan banyak sekali ketidakpastian yang terjadi nantinya. Kamu juga harus siap akan kemungkinan bahwa proses pengajuan visamu dapat tertunda karena kondisi yang terjadi sekarang.

Pada intinya, tetap selalu coba dapatkan informasi dari pihak universitas mengenai status visamu. Kemudian, jalin juga komunikasi dengan pihak imigrasi dan kedutaan untuk tahu kabar terbaru.

Tetap semangat dan selalu kesehatan ya, Kawan Rantau.

Sign-up untuk info kehidupan di luar negeri lainnya!

* indicates required

Baca juga tentang cerita Gabriel Baky yang tetap bekerja di tengah kebijakan Lockdown Santa Clara, California.

For Your Information

Bagaimana status visa pelajar saya di tengah kebijakan lockdown?

Hal ini tergantung dari pemerintah masing-masing negara.

Apa yang harus saya lakukan untuk tahu status visa pelajar saya?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.