fbpx

Rekreasi dan Ekoturisme, Jurusan Kekinian di Universiti Putra Malaysia

Dengan semakin maraknya semangat Pembangunan Berkelanjutan, maka tidak heran apabila seluruh aspek yang berhubungan dengan lingkungan semakin marak. Salah satunya adalah ekoturisme, sebuah upaya pelestarian lingkungan tapi juga menawarkan aspek wisata. Nah, ternyata ada, lho, jurusan khusus yang membahas hal yang satu ini. Contohnya adalah Departemen Rekreasi dan Ekoturisme di Universiti Putra Malaysia.

Kira-kira, apa sih yang akan dibahas dalam jurusan ini? Mari simak jawabannya di bawah ini.

Apa itu Departemen Rekreasi dan Ekoturisme?

Departemen Rekreasi dan Ekoturisme - Universiti Putra Malaysia
Pintu gerbang Universiti Putra Malaysia. Sumber: uniklik.com

Departemen Rekreasi dan Ekoturisme merupakan satu dari tiga departemen yang ada di Fakultas Kehutanan, Universiti Putra Malaysia. Departemen ini telah didirikan sejak tahun 2012 dengan tujuan menghasilkan lulusan profesional di bidang rekreasi dan ekoturisme.

Dengan demikian, departemen yang satu ini menawarkan gelar Bachelor of Parks and Recreation Science. Untuk seluruh kegiatan perkuliahan departemen ini bertempat di Sultan Idris Shah Forestry Education Centre (SISFEC), Hutan Lindung Ayer Hitam, Puchong.

Apa yang akan saya pelajari?

Pada dasarnya, para lulusan dari jurusan ini akan menjadi orang yang membantu masyarakat menikmati kegiatan di luar ruangan dan berujung pada gaya hidup sehat.

Ketika mengambil jurusan ini, maka kamu akan belajar dari banyak bidang, mulai dari administrasi, sosiologi, bisnis, pendidikan fisik, turisme, hingga ilmu keolahrgaan. Hal ini ditujukan untuk mengembangkan program yang reaktif, menyediakan aktivitas bagi anak maupun orang yang berkebutuhan khusus, dan lainnya.

Departemen Rekreasi dan Ekoturisme - Universiti Putra Malaysia
Fakultas Kehutanan, Universiti Putra Malaysia. Sumber: forr.upm.edu.my

Kemampuan seperti apa yang saya butuhkan?

Bagi siswa yang ingin mengambil jurusan ini, maka setidaknya mereka harus memiliki kemampuan berkomunikasi dan interpersonal yang baik. Bagaimanapun, ketika bekerja nantinya, kamu harus memiliki kemampuan untuk berkomuikasi secara efektif dan memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan atau masyarakat.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus?

Menjadi seorang pemandu wisata di tempat wisata yang berbasis lingkungan merupakan salah satu pekerjaan yang bisa kamu lakukan. Selain itu, kamu pun bisa menjadi perancang suatu tempat wisata yang cocok bagi anak dan orang yang berkebutuhan khusus. Tentunya, kamu bisa juga menjadi analis kebijakan di bidang rekreasi dan ekoturisme.

Untuk menjadi mahasiswa dari departemen ini di Universiti Putra Malaysia, maka kamu harus membayar MYR 8.125 untuk tuition fee. Akan tetapi, ada banyak, kok, beasiswa yang ditawarkan oleh universitas yang satu ini. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau kamu memang tertarik dengan jurusan yang satu ini.

Kamu juga bisa membaca ulasan kami tentang Development Studies di Sussex University, kajian pembangunan terbaik nomor 1 di dunia.

For Your Information

Apa itu jurusan rekreasi dan ekoturisme?

Jurusan ini merupakan jurusan yang bertujuan menghasillkan profesional di bidang rekreasi dan turisme,

Di mana saya bisa kuliah jurusan rekreasi dan ekoturisme?

Salah satu universitas yang menawarkan jurusan ini adalah Universiti Putra Malaysia, Malaysia.

Apa yang akan saya pelajari di jurusan rekreasi dan ekoturisme?

Supaya kamu mendapat informasi lebih lengkap, kamu bisa membaca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Kuala Lumpur?