fbpx

QS Top 50 Under 50 2021 Rilis! Universitas di Asia Memimpin

Setelah sebelumnya Quacquarelly Symonds (QS) merilis QS World University Rankings 2021, kali ini pada 24 Juni 2020, giliran pemeringkatan QS Top 50 Under 50 2021 yang dirilis. Sejak pertama diterbitkan pada tahun 2012, QS Top 50 Under 50 bertujuan untuk memberi peringkat pada universitas terbaik di dunia yang berusia kurang dari 50 tahun.

Jadi, dapat dibilang kalau pemeringkatan ini ditujukan sebagai sistem pemeringkatan universitas muda di dunia. Nah, untuk tahun 2021 ini, NTU kembali memimpin di posisi pertama. Sedangkan, untuk posisi lainnya di sepuluh besar, didominasi oleh universitas-universitas di Asia.

Berikut merupakan daftar 10 universitas muda terbaik dunia versi QS Top 50 Under 50 2021.

10. Universiti Putra Malaysia (Malaysia)

Sumber: asiaexchange.org

Universiti Putra Malaysia dikenal sebagai salah satu universitas berbasis riset terkemuka di Malaysia. Universitas satu ini menawarkan berbagai program sarjana maupun pascasarjana yang berfokus pada ilmu agrikultur dan bidang terkait lainnya.

Telah berdiri sejak tahun 1971, UPM telah berkembang menjadi salah satu institusi terbaik di bidang agrikultur dan kehutanan di dunia. Berdasarkan QS WUR By Subject Ranking, UPM berhasil menduduki peringkat 51-100 untuk agrikultur dan kehutanan.

9. Aalto University (Finlandia)

Sumber: linkedin.com

Aalto University terletak di Espoo, Finlandia. Universitas satu ini berdiri pada tahun 2010 dan merupakan hasil penggabungan dari tiga universitas besar di Finlandia, yakni Helsinki University of Technology, Helsinki School of Economics, dan University of Art and Design Helsinki.

Program bisnis di Aalto University termasuk dalam daftar 20 program bisnis terbaik dunia, sedangkan program seni dan desain Aalto termasuk dalam 10 besar.

8. Sorbonne University (Perancis)

Sumber: pinterest.com

Sorbonne University merupakan universitas negeri di Paris, Perancis dan baru berdiri sejak tahun 2018. Sama seperti dengan Aalto University, Sorbonne University merupakan gabungan dari sejumlah universitas, yakni Paris-Sorbonne University, Pierre et Marie Curie University, dan sejumlah institusi lainnya.

Apabila kamu ingin berkuliah di Sorbonne, terdapat tiga fakultas yang dapat kamu pilih, yakni humaniora, sains, dan kedokteran.

7. Pohang University of Science and Technology – POSTECH (Korea Selatan)

Sumber: bigthink.com

Pohang University of Science and Technology merupakan universitas swasta yang berada di Pohang, Korea Selatan. Sejak berdiri pada tahun 1986, POSTECH terus membangun pondasi yang kuat untuk menciptakan nilai-nilai sosial-eonomi yang ditujukan bagi masyarakat.

Sejumlah program yang dibuat oleh POSTECH, seperti Summer Experience in Society dan Univer+City, merupakan bentuk upaya POSTECH dalam mempromosikan kewirausahaan dan nilai-nilai kemasyarakatan.

6. Hong Kong Polytechnic University – Hong Kong

Sumber: studyinternational.com

Hong Kong Polytechnic University merupakan universitas negeri berbasis riset yang berada di Hung Hom, Hong Kong. Awal mula dari PolyU bisa ditarik sejak tahun 1937, akan tetapi universitas ini baru diakreditas sepenuhnya pada tahun 1994.

Salah satu jurusan terbaik yang bisa kamu temukan di POSTECH adalah material sciences. Berdasarkan QS WUR By Subject Ranking, POSTECH berhasil menduduki peringkat ke-43 untuk jurusan tersebut.

5. Universite PSL – Paris Sciences & Lettres (Perancis)

Sumber: psl.eu

Universite PSL merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi terbaik yang berada di Paris. Berdiri sejak tahun 2010, pada dasarnya PSL merupakan gabungan dari sejumlah intitusi lainnya seperti the Ecole Normale Superieure, the College de France, the Paris Observatory, Chimie ParisTech, dan ESPCI Paris Tech.

Apabila kamu tertarik melanjutkan kuliah jurusan matematika di Perancis, maka kamu bisa mempertimbangkan PSL. Berdasarkan QS WUR Subject Ranking, jurusan matematika PSL berhasil menduduki peringkat ke-14.

4. City University of Hong Kong (Hong Kong)

Sumber: city.edu.hk

City University of Hong Kong atau CityU terletak di tengah Kota Hong Kong. Universitas ini terkenal sebagai institusi penghubung antara para akademisi dan praktisi dalam berbagai bidang. Telah berdiri sejak tahun 1984, CityU terus berupaya untuk memberdayakan perubahan positif yang tercipta.

Salah satu jurusan terbaik di CityU adalah Social Policy & Administration. Kalau kamu berminat untuk melanjutkan kuliah di jurusan tersebut, kamu bisa memilih CityU.

3. KAIST – Korea Advanced Institute of Science and Technology (Korea Selatan)

Sumber: ee.kaist.ac.kr

KAIST merupakan universitas riset nasional yang berada di Daejeon, Korea Selatan. KAIST didirikan pada tahun 1971 oleh Pemerintah Korea dan ditujukan untuk menjadi institusi berorientasi riset di bidang sains dan teknik pertama di Korea.

Dengan demikian, apabila kamu ingin melanjutkan kuliah di jurusan sains dan teknik di Korea Selatan, pilihlah KAIST.

2. Hong Kong University of Science and Technology (Hong Kong)

Sumber: linkedin.com

Telah berdiri sejak tahun 1989, HKUST hadir sebagai proyek dari Pemerintah Hong Kong. Pendirian dari HKUST ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan akan universitas yang dapat mendukung masa depan dari Hong Kong.

Pemerintah menginginkan Hong Kong tak hanya menjadi pusat keuangan dunia, tapi pusat peningkatan tahun, pertumbuhan ekonomi, dan juga pengaruh. Meskipun berfokus pada sains dan teknik, program bisnis dan manajemen dari HKUST merupakan salah satu jurusan bisnis terbaik di dunia.

1. Nanyang Technological University – NTU (Singapura)

Sumber: archdaily.com

NTU yang berada di Singapura ini berhasil mempertahankan posisinya di posisi pertama dalam pemeringkatan QS Top 50 Under 50 2021 selama tujuh tahun terakhir. Universitas tertua kedua di Singapura ini memang memiliki daya tarik tersendiri.

Saat ini, terdapat lebih dari 33.000 siswa di NTU yang mengambil program sarjana maupun pascasarjana. Para siswa tersebut tersebar di sejumlah fakultas yang ada di NTU, beberapa di antaranya adalah teknik, bisnis, sains, humaniora, seni, dan ilmu sosial.

Meskipun berumur kurang dari 50 tahun, universitas-universitas di atas telah menunjukkan kemampuan mereka menjadi universitas terbaik di dunia. Sejumlah universitas lainnya yang masuk ke dalam daftar QS Top 50 Under 50 adalah, University of Technology Sydney (Australia), Khalifa University (Uni Emirat Arab), Maastricht University (Belanda), dan University of Antwerp (Belgia).

For Your Information

Apa itu QS Top 50 Under 50?

QS Top 50 Under 50 bertujuan untuk memberi peringkat pada universitas terbaik di dunia yang berusia kurang dari 50 tahun.

Universitas mana saja yang masuk dalam pemeringkatan ini?

Baca artikel ini untuk tahu universitas muda terbaik di dunia.

Ingin mengetahui cerita lain di Busan?