fbpx

Yang Harus Kamu Persiapkan Ketika Akan Mengambil Tes TOEFL

Skor TOEFL menjadi salah satu persyaratan untuk masuk perguruan tinggi di luar negeri. Maka dari itu, banyak yang berlomba-lomba untuk menyiapkan diri mengambil kursus persiapan TOEFL. Berikut akan kami ulas hal-hal apa saja yang harus kamu persiapkan ketika akan mengambil tes TOEFL.

Ketahui format dari tes TOEFL

Apabila kamu ingin mengambil tes TOEFL, maka kamu harus tahu terlebih dahulu format dari tes TOEFL. Tentu pelaksanaan tes TOEFL tidak sama dengan ujian bahasa Inggris di sekolah. Jadi, kamu harus tahu lebih dahulu aspek apa saja yang akan diujikan.

Ketahui alasan mengapa kamu mengambil tes TOEFL

Sumber: Timeshighereducation.com

Hal yang paling penting dari mengambil tes TOEFL adalah kamu tahu tujuanmu mengambil tes tersebut. Dengan mengetahui alasan yang sebenarnya akan memudahkan kamu dalam belajar. Kamu akan menjadi lebih fokus untuk mendalami section yang kamu butuhkan.

Sebagai contoh, kamu akan melanjutkan kuliah ke luar negeri, maka otomatis section writing harus kamu perhatikan lebih lanjut.

Pasang target minimal

Ketika kamu mengetahui tujuanmu mengambil tes TOEL, maka kamu bisa memasang target minimal skor yang kamu butuhkan. Dengan demikian, kamu tahu seberapa besar skor yang bisa kamu jadikan acuan ketika belajar. Setidaknya, ada target ini akan membuat kamu terpacu untuk belajar lebih keras.

Ciptakan suasana yang ideal untuk belajar

Sumber: vlc.communitycolleges.com

Lingkungan belajar yang menyenangkan sangatlah penting untuk membuatmu lebih mudah menyerap materi. Maka dari itu, ciptakan suasana yang ideal bagimu untuk belajar. Apakah kamu nyaman belajar beramai-ramai, atau sendiri.

Lalu, pasti ada banyak cara untuk mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL. Salah satunya adalah melalui kursus. Dewasa ini, ternyata kursus persiapan TOEFL bisa kamu lakukan di mana saja, termasuk dari rumah karena sudah ada banyak sekali platform online yang bisa kamu manfaatkan. Yap, dewasa ini, banyak sekali platform pembelajaran bahasa Inggris secara online yang bisa kamu gunakan.

Minta dukungan dari orang-orang terdekatmu

Tentu menjalani suatu ujian juga perlu dukungan moral. Maka dari itu, akan lebih baik apabila kamu meminta dukungan dari orang-orang terdekatmu. Ketika kamu merasa materi yang kamu pelajari sulit dipahami, maka akan lebih baik kamu tetap mengingat bahwa orang-orang terdekatmu akan terus mendukungmu.

Jadi, sudah siap untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti tes TOEFL? Jangan lupa untuk terus belajar dan berusaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tetap semangat ya, Kawan Rantau.

For Your Information

Mengapa penting untuk tahu tujuan mengambil tes TOEFL?

Dengan mengetahui alasan yang sebenarnya akan memudahkan kamu dalam belajar. Kamu akan menjadi lebih fokus untuk mendalami section yang kamu butuhkan.

Apakah saya harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes TOEFL?

Apabila kamu ingin mengambil tes TOEFL, maka kamu harus tahu terlebih dahulu format dari tes TOEFL. Tentu pelaksanaan tes TOEFL tidak sama dengan ujian bahasa Inggris di sekolah.

Apakah ada platform yang dapat membantu saya mempersiapkan diri mengambil tes TOEFL?

Bagaimana kalau kamu membaca artikel ini untuk tahu jawabannya?