fbpx

Kupas Tuntas YSEALI Professional Fellows Program 2020

Kalau kita masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, maka ada yang namanya program pertukaran pelajar. Akan tetapi, bagaimana kalau kita sudah bekerja? Apakah kesempatan yang serupa bisa ada? Tenang, Kawan Rantau, dengan YSEALI Professional Fellows Program 2020, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk menjalani fellowship selama 1 bulan di Amerika Serikat.

Apa itu YSEALI Professional Fellows Program 2020?

YSEALI Professional Fellows Program
Sumber: id.usembassy.gov

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, rasanya kok tidak mudah mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri ke luar negeri apabila sudah bekerja. Nyatanya, pernyataan ini tidak sepenuhnya benar. The Young Southeast Asian Leadership Initiative (YSEALI) Professional Fellows Program merupakan program pertukaran bagi para profesional.

Program ini ditujukan bagi para pemimpin komunitas yang berbakat dari Asia Tenggara dan bergerak di bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Manajemen non-governmental organization (NGO)
  2. Pemberdayaan ekonomi
  3. Tata kelola
  4. Proses legislatif
  5. Lingkungan berkelanjutan
  6. Pelibatan masyarakat

Dengan mengikuti program ini, maka kamu dapat mengikuti fellowship selama satu bulan di lembaga non-profit, kantor pemerintahan, maupun lembaga legislatif Amerika. Tentu, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja langsung dengan para pimpinan komunitas untuk meningkatkan keahlian praktis, skill kepemimpinan, dan kemampuan menyelesaikan isu-isu yang berkembang di masyarakat.

Nantinya, keseluruhan program YSEALI ini akan dilaksanakan di Washington, DC. Kapan lagi bisa mendapat kesempatan untuk belajar langsung di pusat pemerintahan Amerika?

Siapa yang berhak mendaftar?

YSEALI Professional Fellows Program
Sumber: alumni.state.gov

Sesuai dengan namanya, maka program ini akan ditujukan bagi para anggota YSEALI dari 10 negara ASEAN dan Timor Leste. Otomatis, kamu sebagai warga negara Indonesia berhak untuk mengikuti program ini. Kemudian, kamu harus memiliki kapasitas untuk memimpin perubahan dan inovasi di masyarakat sipil, sektor publik, maupun swasta.

Untuk bergabung menjadi anggota YSEALI itu gratis, kok. Kamu langsung bisa mendaftar melalui tautan berikut ini.

Apa saja persyaratan yang harus saya penuhi?

YSEALI Professional Fellows Program
Sumber: huffpost.com

Pada dasarnya, selama kamu merupakan seorang profesional yang bekerja di bidang yang telah menjadi perhatian dari program ini, maka kamu telah memenuhi persyaratan. Persyaratan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Pemimpin di pemerintahan, organisasi masyarakat sipil, maupun sektor swasta dan memiliki keahlian di sektor tersebut.
  2. Seorang profesional tingkat menengah dengan usia di antara 25 sampai 35 tahun. Kemudian, kamu juga harus memiliki minimal 2 tahun pengalaman bekerja, dan 2 tahun atau lebih pengalam kerja profesional yang relevan.
  3. Memiliki kecakapan berbahasa Inggris baik secara tertulis maupun lisan.
  4. Mampu beradaptasi untuk bekerja secara efektif di lingkungan yang multikultur
  5. Memiliki keinginan untuk mengembangkan proyek individu yang dibuat di tempat kerja atau komunitas asal.
  6. Merupakan warga negara dan sedang tinggal di satu dari 10 negara anggota ASEAN dan/atau Timor leste.
  7. Berhak mendapatkan visa J-1 Amerika Serikat.

Apa saja yang akan menjadi kriteria penilaian ketika seleksi?

YSEALI Professional Fellows Program
Sumber: depositphotos.com

Melalui proses seleksi secara tertulis dan wawancara, para peserta YSEALI Professional Fellowship 2020 diharapkan memenuhi kriteria berikut ini:

  1. Memiliki jejak kepemimpinan yang kuat atau berdampak positif terhadap komunitas atau tempat kerja mereka.
  2. Memiliki pengetahuan atau pengalaman profesional di salah satu tema YSEALI: pelibatan masyarakat, lingkungan berkelanjutan, pemberdayaan ekonomi, atau proses dan tata kelola legislatif.
  3. Menunjukkan komitmen atau ketertarikan pada pengabdian masyarakat, kesukarelaan, atau mentorship.
  4. Menunjukkan komitmen yang serius dalam mempelajari Amerika Serikat dan ASEAN sebagai sebuah kawasan,
  5. Bersedia untuk berpartisipasi dalam lingkungan kerja profesional untuk mengembangkan kapasitas profesional dan skill kepemimpinan.
  6. Memiliki komitmen untuk kembali ke negara asal dan menerapkan skill kepemimpinan serta manfaat yang didapat selama pelatihan untuk komunitas maupun negara mereka. Bahkan, untuk kawasan ASEAN.
  7. Peserta yang belum pernah bekerja, belajar, maupun berwisata ke Amerika Serikat lebih diprioritaskan.

Bagaimana cara saya mendaftar?

Yang harus kamu lakukan untuk mendaftar program ini adalah dengan mengisi formulir pendaftaran dari program yang kamu minati. Pastikan kamu tidak melewati tenggat waktu yang disediakan. Kamu hanya diperbolehkan untuk mendaftar untuk program saja.

Untuk tenggat waktunya sendiri, pendaftaran YSEALI Professional Fellows Program 2020 masih dibuka hingga 31 Maret 2020 mendatang. Kalau kamu butuh informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi tautan berikut ini.

Demikianlah informasi mengenai program YSEALI yang satu ini. Apakah kamu sebagai profesional muda tertarik untuk mengikuti program ini, Kawan Rantau? Mengapa tidak, bukan?

Kamu juga bisa membaca tentang Orange Knowledge Program 2020: Beasiswa Short Course dan S2 di Belanda.

For Your Information

Apabila saya sudah bekerja, apa saya punya kesempatan untuk mengembangkan diri ke luar negeri?

Para profesional muda nyatanya masih mendapat kesempatan untuk mengembangkan di luar negeri melalui program fellowship. Salah satunya adalah melalui YSEALI Professional Fellows Program 2020.

Saya orang Indonesia, apa saya bisa mendaftar YSEALI Professional Fellows Program 2020?

Tentu bisa, Kawan Rantau. Pada dasarnya, program ini ditujukan bagi para anggota YSEALI dari 10 negara ASEAN dan Timor Leste. Otomatis, kamu sebagai warga negara Indonesia berhak untuk mengikuti program ini.

Apa saja persyaratan untuk mendaftar YSEALI Professional Fellows Program 2020?

Kamu bisa menemukan jawabannya lengkapnya dengan membaca artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Los Angeles?