fbpx

Pillih Salah Satu Program ini untuk Kuliah Dual Degree di Asia

Program dual degree atau double degree merupakan program khusus yang membuat seorang mahasiswa bisa mendapatkan dua gelar secara paralel. Ada banyak sekali jenis program ini yang ditawarkan oleh berbagai universitas di dunia. Program tersebut bisa diselenggarakan di satu universitas yang sama, atau di dua universitas yang berbeda. Bahkan berbeda negara. Berikut kami akan membahas sejumlah program kuliah dual degree di berbagai universitas yang ada di Asia.

Double Honours Degree in Economics and Law, National University of Singapore (NUS), Singapura

Sumber: unsplash.com

Program Double Honours Degree untuk jurusan ekonomi dan hukum ini ditawarkan oleh Faculty of Arts and Social Science dan Faculty of Law di NUS. Dengan mengambil program ini, kamu bisa mendapatkan gelar B.Soc.Sci. dan juga LL.B sekaligus.

Pada dasarnya, ekonomi dan hukum merupakan dua disiplin yang saling melengkapi. Semakin lama, banyak para ahli yang menggunakan metodologi dari kedua disiplin. Tak heran apabila terkadang pada satu titik tertentu, materi dalam mata kuliah di jurusan ekonomi mengandung mata kuliah hukum dan begitu pula sebaliknya.

Dalam program ini, kamu akan mempelajari inti dari jurusan ekonomi dan juga hukum. Selain itu, kamu juga diberikan kesempatan untuk mempelajari bidang lainnya untuk memperdalam pengetahuanmu.

Kalau kamu penasaran dengan program yang satu ini, kamu bisa mendapatkan informasinya di sini.

Double Degree – Bachelor of Business and Commerce and Bachelor of Communication and Media Studies, Monash University Malaysia

Sumber: ipebd.net

Siapa yang tertarik untuk menjalani jurusan bisnis dengan komunikasi secara bersamaan? Monash University Malaysia memberikan kamu kesempatan untuk melakukan program dual degree untuk jurusan bisnis dan pemasaran dengan jurusan komunikasi dan kajian media secara bersamaan.

Sejumlah hal yang akan kamu pelajari ketika menjalani program ini adalah sebagai berikut:

Bisnis dan pemasaran
– Akuntansi
– Ekonomi terapan
– Manajemen perbankan dan keuangan
– Analisis bisnis
– Hukum bisnis dan perpajakan
– Ekonemetrika dan statistik bisnis
– Manajemen bisnis internasional
– Manajemen
– Strategi pemasaran

Digital Media and Communication
– Kajian media
– Teknologi dan praktik komunikasi
– Media pemuda
– Teks media
– Penonton media
– Media, budaya, dan power
– Kebijakan kebudayaan dan komunikas
– Penulisan dan tulisan

Dengan mengambil program ini, maka kamu bisa melanjutkan karir di berbagai bidang, mulai dari analisis keuangan, humas, pemasaran, akuntasi, perdagangan internasional, periklanan, jurnalistik, hingga penerbitan.

Apabila kamu penasaran dengan program yang satu ini, kamu bisa membaca informasi lengkapnya di sini.

College Global Liberal ArtsProgram Dual Degree di Ritsumeikan University, Jepang dan Australian National University (ANU), Australia

dual degree di Asia - LIberal Arts di Ritsumeikan University
Sumber: erasmusu.com

College Global Liberal Arts (GLA) merupakan program dual degree yang diselenggarakan oleh Ritsumeikan University, Jepang dengan Australian National University (Australia). Dengan mengikuti program ini, otomatis kamu akan menjalani perkuliahan di kedua universitas tersebut.

Di Jepang, kamu akan mempelajari liberal arts dengan fokus menjadikan kamu sebagai anggota aktif dalam masyarakat global di abad ke-21. Kemudian, di Australia, kamu akan mempelajari dinamika globalisasi dan mendalami kajian mengenai kawasan Asia-Pasifik.

Melalui program ini, kamu akan mendapatkan gelar sarjana untuk Global Liberal Arts dari Ritsumeikan dan gelar sarjana untuk Asia-Pacific Affairs dari ANU. Sungguh program yang unik, bukan?

Apabila kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai program ini, kamu bisa mendapatkan informasi lengkapnya di sini.

Demikianlah sejumlah program dual degree yang diselenggarakan di universitas yang ada di Asia. Tentu, kombinasi-kombinasi dari masing-masing jurusan akan menjadikan kamu mahasiswa dengan wawasan yang luas. Maka dari itu, mengapa tidak untuk mencoba menjadi mahasiswa di program dual degree?

Kamu juga bisa membaca ulasan kami tentang program dual degree atau pengalaman Abid A. Adonis yang sedang menjalani program dual degree di Sciences Po, Perancis dan London School of Economic and Political Science (LSE), Inggris.

For Your Information

Apa itu program Dual Degree?

Program dual degree atau double degree merupakan program khusus yang membuat seorang mahasiswa bisa mendapatkan dua gelar secara paralel.

Apakah program dual degree dilakukan di satu universitas saja?

Tidak. Program dual degree bisa diselenggarakan di satu universitas yang sama, tapi juga bisa diselenggarakan di dua universitas yang berbeda. Bahkan, di dua negara yang berbeda.

Apa saja program dual degree yang ada di Asia?

Kamu bisa membaca daftarnya di artikel berikut ini.