fbpx

Pilih 5 Universitas ini untuk Kuliah Jurusan Hukum Terbaik di Australia

Kalau jurusan kedokteran menjadi unggulan dari rumpun ilmu kesehatan, maka jurusan hukum lah yang menjadi primadona di ilmu sosial. Jurusan satu ini memang banyak diminati karena ilmunya yang menarik dan tentunya peluang kerja yang melimpah. Kali ini, kami akan membahas daftar 5 universitas di Australia yang menawarkan jurusan hukum terbaik.

Penasaran universitas mana saja yang termasuk ke dalam daftar ini? Simak pembahasan kami lebih lanjut.

5. Monash University

Jurusan hukum terbaik australia - Monash university
Sumber: monash.edu

Posisi kelima untuk jurusan hukum terbaik di Australia ditempati oleh Monash University. Dalam pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, Monash University menduduki peringkat ke-35 dunia. 

Pada dasarnya, Monash Law Faculty merupakan salah satu sekolah hukum terbesar dan paling dinamis di Australia. Universitas yang terletak di Melbourne ini menyediakan pendidikan dan pelatihan legal bagi lebih dari 3.500 mahasiswa sarjana maupun pascasarjana.

Sebagai mahasiswa hukum Monash University, kamu akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan legal dengan standar tinggi melalui kombinasi perkuliahan dan tutorial yang berfokus pada pembelajaran independen. Kamu juga bisa mendapat kesempatan untuk mempraktikkan langsung skill yang kamu dapatkan selama perkuliahan.

Uniknya lagi, kamu juga bisa menggabungkan gelar Bachelor of Laws (Hons) kamu dengan gelar non-hukum lainnya. Dengan demikian, kamu tidak hanya menjadi ahli hukum yang berbakat, tapi juga lulusan yang kritis dan juga memiliki kemampuan analitik yang baik.

Durasi perkuliahan hukum di Monash University adalah 4.25 tahun untuk studi penuh waktu. Kamu juga bisa mengikuti program percepatan dan menyelesaikan studi ini selama 4 tahun saja. Kemudian, untuk biaya perkuliahan di Monash University mencapai AU$42.000 per tahun.

4. Australian National University (ANU)

Sumber: law.anu.edu.au

ANU merupakan salah satu sekolah hukum nasional Australia. Universitas yang berada di Canberra ini secara konsisten selalu masuk daftar 20 besar sekolah hukum terbaik di dunia. Sejak tahun 1960, ANU Law School memiliki reputasi yang baik di bidang pengajaran hukum, khususnya dalam hukum internasional dan publik, hukum militer dan keamanan, serta reformasi hukum dan keadilan sosial.

Menempuh studi hukum di ANU membutuhkan waktu empat tahun. Di sini, kamu akan mempelajari berbagai isu yang bersinggungan dengan hukum, mulai dari isu sosial, politik, dan ekonomi. Tidak hanya itu, kamu juga akan bertemu dengan berbagai permasalahan filsafat dan moral saat menjalani perkuliahan di ANU Law School.

3. University of New South Wales (UNSW Sydney)

Jurusan hukum terbaik australia - UNSW Sydney
Sumber: my.law.unsw.edu.au

Berdasarkan pemeringkatan QS, jurusan hukum di UNSW menduduki posisi ke-14 dunia. Dengan demikian, UNSW berhasil menduduki peringkat ke-3 untuk jurusan hukum terbaik di Australia.

Berbagai bidang pun terlingkup di UNSW. Berikut merupakan bidang studi yang dapat kamu temukan di UNSW:

  • Hukum bisnis
  • Hukum kriminal, keadilan kriminal, dan kriminologi
  • Resolusi konflik
  • Hukum lingkungan
  • Hak Asasi Manusia (HAM) dan keadilan sosial
  • Properti intelektual
  • Hak internasional
  • Media dan teknologi
  • Hukum privat
  • Perpajakan

Apabila kamu membayangkan jenis kelas seminar di UNSW, maka kamu tidak sepenuhnya benar, Kawan Rantau. UNSW menawarkan kelas berukuran kecil untuk jurusan hukum ini. Para pengajarnya adalah para mantan hakim, profesional di industri, akademisi internasional, dan lainnya.

Kemitraan UNSW dengan berbagai institusi mulai dari pemerintah, bisnis, maupun organisasi non-pemerintah dapat membantu kamu mendapatkan pengalaman nyata sat berkuliah di sini.

2. University of Sydney

Sumber: sydney.edu.au

Mulai dari program sarjana, Juris doctor, maupun magister, University of Sydney menawarkan pendidikan legal terbaik di dunia. Berdasarkan pemeringkatan QS, University of Sydney berhasil menduduki posisi ke-13, tepat satu peringkat di bawah National University of Singapore (Singapura).

Program Bachelor of Laws diajarkan dengan mengombinasikan seni, ekonomi, teknik, atau sains. Hal ini menjadikan program S1 hukum di University of Sydney menghasilkan lulusan yang sangat dinamis. 

Program-program hukum yang ada di University of Sydney sangatlah cocok bagi mereka yang ingin berkarir sebagai pengacara maupun para profesional non-hukum yang membutuhkan keahlian di bidang legal.

Sejumlah kemitraan dijalin oleh University of Sydney untuk menunjang kedalaman pengajaran di sana. Harvard University, University of Cambridge, University of Oxford, University of Geneva, Renmin University, dan Tsinghua University merupakan sejumlah institusi mitra dari University of Sydney.

Telah berdiri sejak tahun 1855, Sydney Law School telah menghasilkan lulusan yang luar biasa, mulai dari Perdana Menteri Australia, Presiden Bank Dunia, hingga hakim tertinggi pengadilan tinggi Australia. Jadi, reputasi dari Sydney Law School sudah tidak perlu diragukan lagi.

1. University of Melbourne

Jurusan hukum terbaik australia - University of melbourne
Sumber: law.unimelb.edu.au

Akhirnya, kita sampai pada universitas dengan jurusan hukum terbaik di Australia, yakni University of Melbourne. University of Melbourne merupakan satu-satunya universitas di Australia yang masuk ke dalam daftar 10 besar sekolah hukum terbaik dunia versi QS.

Melbourne Law School menjuluki dirinya sebagai pemimpin dan inovator dari pendidikan hukum. Universitas yang berbasis di Melbourne ini menjadi tempat yang tepat untuk bertukar gagasan dan nilai.

Setidaknya, ada empat program hukum yang ditawarkan oleh University of Melbourne, yakni The Melbourne JD, Melbourne Law Masters, Graduate Research Degrees, dan Breadth.

Apabila kamu telah lulus dari Melbourne Law School, kamu bisa mulai berkarir di berbagai sektor, Kawan Rantau. Pihak universitas akan menyediakan layanan khusus untuk membantu kamu dalam mencapai karir impianmu dan bekerja secara proaktif. Layanan ini dikhususkan hanya untuk mahasiswa Melbourne.

Demikianlah pemaparan mengenai 5 universitas di Australia dengan jurusan hukum terbaik. Tenang saja, Kawan Rantau, kelima universitas di atas menerima pelajar internasional untuk program hukumnya. Jadi, kamu bisa memilih salah satu di antaranya.

Baca juga daftar 5 universitas terbaik di Australia untuk kuliah jurusan kedokteran.

For Your Information

Apakah saya bisa kuliah hukum di Australia?

Bisa, Kawan Rantau. Universitas di Australia menerima pelajar internasional untuk kuliah hukum.

Di mana jurusan hukum terbaik di Australia berada?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Canberra?