fbpx

Penyesuaian untuk HSK: Tes Bahasa Mandarin untuk Penutur Asing

Well, Kawan Rantau, tidak hanya bahasa Inggris saja yang memiliki tes terstandar seperti TOEFL dan IELTS. Bahasa Mandarin pun juga memiliki tes khusus yang harus kamu ikuti untuk membuktikan kecakapan kamu dalam berbahasa. Tes tersebut dikenal sebagai Hanyu Shuiping Kaoshi (KSK).

Tentang HSK

Sumber: successstories.sg

Tes HSK pada dasarnya berfugsi sama dengan tes terstandar lainnya, yakni untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bahasa Mandarin. Institusi penyelenggara ujian ini adalah Hanban, bagian dari Kementerian Pendidikan China yang bertanggung jawab akan studi bahasa dan Confucius Institute.

Pelaksanaan tes ini telah ada sejak tahun 1991 dan telah menjadi salah satu persyaratan resmi bagi para pelajar yang ingin menempuh pendidikan di China. Antara tahun 2016 hingga 2018, tercatat ada 660.000 kandidat yang mengambil tes bahasa mandarin HSK per tahunnya.

Para kandidat tersebut kebanyakan berasal dari Korea Selatan, Thailand, Jepang, Filipina, Indonesia, Amerika Serikat, dan Rusia.

Terdapat penyesuaian

confusiusinstitute.uwa.edu

Dilansir dari The Pie News, akan terdapat penyesuaian dalam tes bahasa mandarin ini. Sebelumnya, terdapat enam tingkatan dalam HSK. Akan tetapi, diperkirakan dengan penyesuaian yang ada, tingkatan dari HSK akan bertambah menjadi sembilan

Bentuk penyesuaian ini dilakukan untuk mendekatkan HSK dengan CEFR (Common European Framework of Reference for Language). CEFR sediri merupakan standar yang diakui secara internasional untuk menggambarkan kecakapan berbahasa.

Dengan penyesuaian ini, diharapkan para pelajar lebih mudah menjelaskan kualifikasi mereka saat mencari pekerjaan.

Respons terhadap penyesuian HSK

Wan Xin selaku kepala That’s Mandarin cabang Beijing menyatakan bahwa sistem ini akan mengurangi beban dari para siswa. Salah satu perubahan terpenting dalam penyesuaian ini adalah jumlah kosakata yang disyaratkan untuk setiap tingakatan.

“Sekarang, HSK1 membutuh 150 kosakata. Kemudian, level kedua menjadi 300. Jumlah tersebut terus berlipat ganda di setiap tingkatan,” terang Wan kepada The Pie News.

Dengan sistem yang demikian, Wan menyatakan akan lebih sulit bagi seorang pelajar untuk menyelesaikan HSK 4, 5, dan 6. Akan tetapi, dengan sistem yang baru, maka terdapat penyesuaian dalam persyaratan tersebut. Kali ini, di setiap tingkatan, ada 1.000 kosakata yang disyaratkan. Menurut Wan, hal tersebut dapat mempermudah para pelajar.

Kemungkinan, penyesuaian tes HSK ini baru akan benar-benar diterapkan pada akhir tahun mendatang. Jadi, kamu bisa menyiapkan diri lebih jauh apabila ingin mengambil tes bahasa Mandarin yang satu ini, Kawan Rantau.

Baca juga platform Cakap yang berguna membantumu belajar TOEFL lebih lanjut.

For Your Information

Apa itu HSK?

Hanyu Shuiping Kaoshi (KSK) adalah tes terstandar untuk mengukur kemampuanmu dalam berbahasa Mandarin.

Siapa penyelenggara dari tes HSK?

Seluruh mekanisme tes HSK dikelola oleh Hanban, bagian dari Kementerian Pendidikan China yang bertanggung jawab akan studi bahasa dan Confucius Institute.

Apa penyesuaian terbaru untuk tes HSK?

Baca keterangannya dalam artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?