Penuhi 5 Metrik Penilaian Ini, QS World Rankings Rilis Daftar TOP University

Memasuki bulan Juli 2019 sebagian besar institusi pendidikan di Indonesia memasuki tahun ajaran baru. Peralihan dari TK menuju SD, dari SD menuju SMP, dari SMP menuju SMA, hingga SMA menuju bangku perguruan tinggi atau universitas. Nah, khusus untuk kamu yang tahun ini jadi maba alias mahasiswa baru, are you ready? Sudah menduduki kampus impiankah?

Selangkah lebih maju, QS World University Rankings bahkan sudah merilis daftar kampus terbaik  di dunia tahun 2020, lho! Artinya, kamu yang hari ini duduk di bangku terakhir SMA punya waktu satu tahun ke depan untuk mempersiapkan diri jika ingin belajar di salah satunya. Atau untuk kamu yang ingin melanjutkan ke jenjang S2 atau S3.

The Financial Express

QS World University Rankings menyusun urutan kampus tersebut berdasarkan metodologi berdasarkan 5 metrik pendukung.

5. Reputasi Akademik

Menduduki metrik dengan bobok tertinggi yakni sebesar 40%. Dimana QS mengumpulkan pendapat ahli pendidikan yang tersebar di 94.000 instansi pendidikan terkait kualitas pembelajaran dan penelitian yang ada di tiap universitas.

4. Reputasi Tenaga Kerja

Metrik ini memiliki bobot 10%, dimana sebuah universitas dipandang sebagai sarana yang mempersiapkan para mahasiswanya untuk melangkah ke jenjang karir. Penilaian ini di dasarkan pada 45.000 respon yang diperoleh dari QS Employer Survey yang mengidentifikasi suatu perguruan tinggi berdasarkan kompetensi, inovatif, dan eketif lulusannya.

 3. Rasio Fakultas/ Mahasiswa

Metrik ini memiliki bobot sebesar 20%. Berhasil atau tidaknya sebuah universitas biasanya dihitung dari kualitas mahasiswa dan pengajar sebagai tolak ukur yang paling efektif. Penilaian ini didasarkan pada sejauh mana suatu universitas mampu memfasilitasi mahasiswa bersama dosen atau pengajar yang kompeten di bidangnya.

2. Jurnal Penelitian Per Fakultas

Metrik ini memiliki bobot 20%. Karena selain proses belajar dan mengajar pilar utama keberhasilan suatu perguruan tinggi dilihat dari jurnal penelitiannya. Perhitungannya berdasarkan jumlah total dari jurnal penelitian-berbentuk paper atau karya tulis-yang dihasilkan oleh suatu universitas selama rentang waktu lima tahun dengan jumlah anggota fakultas dari universitas tersebut. Semua hasil penelitian tersebut diolah menggunakan Elsevier’s Scopus Database, gudang data jurnal akademik terbesar di dunia.

1. Rasio Fakultas Internasional/Rasio Siswa Internasional

masing masing memiliki bobot metrik sebesar 5%. Universitas bertaraf internasional memiliki kemampuan untuk menarik mahasiswa dari berbagai negara di seluruh dunia dan memberikan pandangan yang mengglobal. Hal ini tentu memberikan keuntungan untuk universitas, mahasiswa, dan semua staf yang terlibat.

Perlu kamu tahu, tolak ukur penentuan kelayakan suatu lembaga pendidikan tinggi bahkan sudah dirumuskan bertahun-tahun sebelumnya, artinya setiap lembaga bahkan diperhitungkan pada hal paling mendasar sekalipun.

*Dilansir dari QS World University Rankings Methodology