fbpx

Pelaksanaan Konferensi APAIE 2020 Ditunda Akibat Dampak dari COVID-19

Pelaksanaan konferensi Asia Pacific Association for International Education (APAIE) 2020 diumumkan resmi ditunda. Hal ini menyusul dampak dari virus corona atau COVID-19 di berbagai wilayah di dunia. Dilansir dari data Coronavirus Covid-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, terdapat 91.313 kasus yang tercatat pada Selasa (3/3/2020) pukul 17.33 WIB. Hal ini diperkirakan akan terus meningkat.

Tentang APAIE

Konferensi APAIE 2020
Sumber: apaie2019.org

APAIE telah berdiri sejak tahun 2004 di Korea Selatan dan terdiri dari 13 perwakilan universitas yang ada di kawasan Asia-Pasifik. APAIE hadir untuk menjembatani kerja sama antar institusi untuk memperkaya dan mendukung program internasional, aktivitas dan pertukaran, serta mepromosikan nilai pendidikan internasional di lintas wilayah.

Maka dari itu, APAIE memegang prinsip penghormatan sesama, keberagaman, dan progres kolektif. Dalam penyelenggaran konferensi serta pameran, APAIE akan mengajak para pembuat kebijakan pendidikan internasional, praktisi, dan ahli dari berbagai wilayah ke kawasan Asia-Pasifik untuk berjejaring. Selain itu, konferensi ini juga akan menjadi wadah untuk meningkatkan kemampuan secara profesional di bidang pendidikan internasional.

Penundaan pelaksanaan Konferensi APAIE

Mulanya, konferensi APAIE akan diadakan pada tanggal 22-26 Maret di Vancouver, Kanada. Akan tetapi, akhirnya pihak penyelanggara memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan konferensi tersebut.

Sarah Todd - penyelenggara Konferensi APAIE 2020
Sarah Todd. Sumber: news.griffith.edu.au

Sarah Todd selaku wakil rektor dari Griffith University dan juga penyelenggara APAIE menyatakan bahwa berdasarkan rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan meningkatnya pelarangan penerbangan yang diberlakukan oleh berbagai negara, maka kecil kemungkinan konferensi ini dapat berjalan dengan lancar. Maka dari itu, akhirnya pihak penyelenggara APAIE memutuskan untuk menunda konferensi di tahun 2020 ini.

“Kami telah mengambil keputusan yang sangat sulit untuk menunda penyelenggaraan APAIE 2020 akibat dampak dari penyebaran COVID-19. Konferensi ini nantinya akan dilaksanakan pada Maret 2021 dan tetap bertempat di Vancouver,” terang Sarah.

Tentunya, pihak penyelenggara APAIE menekankan bahwa kesehatan dan kesejahteraan masing-masing anggota APAIE menjadi prioritas utama.

Berpengaruh pada APAIE 2022

Konferensi APAIE 2020
Sumber: apaie2018.org

Memang bukanlah perkara mudah untuk menunda pelaksanaan dari konferensi APAIE ini. Apalagi, mulanya konferensi ini diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 2.500 orang. Persiapan penyelenggaraannya pun telah dimulai sejak dua tahun lalu. APAIE 2020 menjadi istimewa karena ini untuk pertama kalinya konferensi APAIE dilaksanakan di benua Amerika.

Kemudian, penundanaan APAIE 2020 ini berpengaruh terhadap pelaksanaan APAIE 2021 yang akan dilaksanakan di Bangkok, Thailand. Dengan penundaan ini, maka pelaksanaan APAIE di Bangkok akan dilaksanakan pada tahun 2022.

Penundaan pelaksanaan konferensi APAIE ini mengingatkan kita bahwa pada dasarnya dampak dari penyebaran virus Corona atau COVID-19 ini bisa sangat luas. Yang harus kita lakukan adalah tetap waspada dan juga menjaga kesehatan.

Kamu juga bisa membaca dampak virus Corona terhadap Olimpiade Tokyo 2020.

For Your Information

Apa itu APAIE?

APAIE telah berdiri sejak tahun 2004 di Korea Selatan dan terdiri dari 13 perwakilan universitas yang ada di kawasan Asia-Pasifik. APAIE hadir untuk menjembatani kerja sama antar institusi untuk memperkaya dan mendukung program pendidikan internasional.

Apa dampak dari virus Corona atau COVID-19 terhadap APAIE?

Pelaksanaan konferensi Asia Pacific Association for International Education (APAIE) 2020 diumumkan resmi ditunda. Hal ini menyusul dampak dari virus corona atau COVID-19 di berbagai wilayah di dunia.

Apa dampak penundaan APAIE 2020?

Kamu bisa membaca detail lengkapnya di artikel yang satu ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Vancouver?