fbpx

Mengapa Pelajar Lebih Memilih Kanada Dibandingkan Amerika?

Amerika Serikat memang merupakan salah satu negara tujuan terbaik untuk melanjutkan kuliah. Akan tetapi, tren terakhir menunjukkan bahwa jumlah pelajar internasional di Amerika Serikat menurun. Sedangkan, di sisi lain, jumlah pelajar internasional di Kanada terus meningkat. Lalu, mengapa pelajar lebih memilih Kanada dibandingkan dengan Amerika Serikat?

Penurunan jumlah pelajar di Amerika Serikat

Sumber: theglobeandmail.com

Berdasarkan survei Open Doors padatahun 2019, jumlah total pelajar internasional yang mendaftar di Amerika Serikat menurun pada 2018-19. Penurunan ini terjadi di seluruh jenjang, mulai dari tingkat sarjana, pascasarjana, hingga non-degree.

Jumlah pelajar internasional tingkat sarjana menurun sebanyak 2.4%, jumlah pelajar tingkat pascasarjana menurun 1.3%, dan jumlah pelajar non-degree menurun sebanyak 5%.

Sedangkan di sisi lain, Kanada sebagai negara tetangga lambat laun menjadi negara tujuan alternatif para pelajar. Sekarang ini, Kanada menjadi negara tujuan terbesar ketiga bagi para pelajar interasional. Dilansir dari data Immigration, Refugees and Citizenship Canada (IRCC), populasi dari pelajar internasional di Kanada meningkat sebanyak 13% pada tahun 2019 dibandingkan tahun sebelumnya.

Dengan demikian, ada kecenderungan bahwa para pelajar lebih memilih untuk berkuliah di Kanada dibandingkan di Amerika Serikat.

Kebijakan migrasi

Sumber: rnz.co.nz

Salah satu penyebab mengapa para pelajar lebih memilih Kanada dibandingkan Amerika Serikat diperkirakan karena adanya kebijakan migrasi yang jauh lebih ketat. Yap, kebijakan yang dikenakan oleh Trump untuk pelajar internasional memang dipersulit. Pada akhirnya, para pelajar ini kesulitan untuk mendapatkan green cards.

Baru-baru ini, adminsitrasi Trump berencana memberlakukan pembatasan baru bagi para pelajar yang ingin bekerja di Amerika melalui Optional Practical Training (OPT). Dengan demikian, jelas kemungkinan peljar bisa langsung bekerja setelah lulus menjadi jauh lebih sulit untuk dilakukan.

Sedangkan, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau beserta kabinetnya, sangat terbuka terhadap keberadaan pelajar internasional di Kanada. David Cohen, konsultan imigran Kanada menyatakan bahwa  “…Kanada menginginkan para pelajar (asing) untuk hadir, belajar, berkontribusi secara sosial dan ekonomi, dan tinggal secara permanen (di sini).”

Dengan demikian, setelah lulus kuliah di Kanada, kamu bisa sangat mudah mendapat kesempatan untuk tinggal di bekerja di Kanada. Hal ini tentunya membuka kesempatan bagimu untuk berkarya lebih jauh di luar negeri.

Baca juga keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila berkuliah di Kanada.

For Your Information

Mengapa para pelajar lebih memilih Kanada dibandingkan Amerika Serikat?

Salah satunya disebabkan oleh kebijakan migrasi yang berlaku di Amerika Serikat bagi para pelajar internasional.

Apakah bisa bekerja setelah lulus kuliah di Kanada?

Bisa, Kawan Rantau. Kanada termasuk negara yang ramah terhadap pendatang. Bacalah artikel ini untuk tahu pembahasannya lebih lanjut.

Ingin mengetahui cerita lain di Montreal?