fbpx

Pelajar Internasional Alami Kesulitan untuk Masuk ke Inggris

Meskipun perbatasan Inggris tetap terbuka untuk pelajar internasional, nyatanya banyak sekali hambatan bagi mereka untuk masuk ke negara tersebut. Sampai saat ini, para pelajar internasional masih kesulitan untuk masuk ke Inggris. Mulai dari permasalahan pengajuan visa pelajar hingga ketidakpastian tiket pesawat menjadi sejumlah hal yang harus dihadapi.

Proses yang melelahkan

Sumber: wikiland.com

Shivreena Sidhu merupakan salah seorang pelajar internasional yang akan memulai studi LLM di bidang Commercial Law di University College London pada musim gugur ini. Perkuliahan yang akan ia jalani dilaksanakan secara hybrid, yakni campuran antara perkuliahan daring dan tatap muka. Maka dari itu, Sidhu harus berada di Inggris untuk menjalani perkuliahan.

Sayangnya, jalan Sidhu sebagai pelajar internasional untuk masuk ke Inggris sangatlah rumit. Berbagai ketidakpastian dihadapi oleh Sidhu yang dilansir oleh Study International.

Sidhu berkata, “Minggu lalu akhirnya saya berhasil mengajukan perjanjian visa pelajar yang memakan waktu sangat lama setelah saya menyerahkan dokumen yang dibutuhkan. Saya membutuhkan perjanjian tersebut sebagai langkah terakhir untuk mendapatkan visa. Meskipun demikian, proses ini cukup melelahkan dan perkuliahan saya akan segera dimulai dalam waktu satu bulan. 

“Saya pun belum memesan tiket pesawat untuk membawa saya ke London.”

Pada dasarnya, terdapat sejumlah negara yang masuk ke dalam daftar negara aman di Inggris. Hal ini berarti, para warga dari negara tersebut tidak perlu menjalani masa karantina setibanya di Inggris.

Menggambarkan apa yang terjadi di seluruh dunia

Sumber: dailysabah.com

Pengalaman Sidhu tersebut pada akhirnya merefleksikan apa yang sedang dialami para pelajar internasional di seluruh dunia. Akibat COVID-19, seluruh rencana perkuliahan telah menjadi berantakan.

Banyak para pelajar yang tidak tenang mengenai status visa pelajar mereka. Setelah pusat pengajuan visa dibuka kembali, ternyata tidak semua pelajar merasakan keuntungan darinya.

Dilansir dari The PIE News, para pelajar yang berencana untuk masuk ke Inggris menghadapi sejumlah permasalahan. Beberapa di antara adalah pemrosesan visa pelajar, larangan perjalanan dari pemerintah, ketersediaan tiket pesawat, hingga sulitnya mendapatkan tuberculosis appointment.

Bagi para pelajar yang mengalami kesulitan terkait pengajuan visa pelajar, akan lebih baik bila mereka segera menghubungi universitas masing-masing. Hal ini sangat dianjurkan untuk dilakukan supaya bisa mendapatkan solusi dari pihak universitas.

University College London dan University of Nottingham menyatakan bahwa mereka memperbolehkan para pelajar internasional yang belum bisa kembali ke Inggris untuk menjalani perkuliahan secara daring. Apabila hambatan yang dihadapi telah dapat diatasi, maka para pelajar dapat langsung terbang ke Inggris.

Baca juga penurunan minat pelajar internasional melanjutkan studi ke Inggris.

For Your Information

Apakah perbatasan Inggris terbuka bagi pelajar internasional?

Sampai saat ini, perbatasan Inggris tetap terbuka bagi pelajar internasional.

Mengapa pelajar internasional kesulitan untuk masuk ke Inggris?

Proses pengajuan visa yang lambat serta ketidakpastian akan ketersediaan tiket pesawat menjadi sejumlah faktor. Selengkapnya dapat kamu baca di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di London?