Negara Terbaik untuk Belajar Psikologi, Apa Saja?

Psikologi merupakan jurusan yang paling banyak peminatnya, namun terserap sedikit di industri kesehatan mental. Jika kamu tertarik mempelajari sisi psikologis manusia, maka 5 negara terbaik untuk belajar Psikologi bisa menjadi pertimbangan, loh! WHO mengatakan bahwa dunia saat ini sedang darurat kesehatan mental karena semakin banyak stressor untuk manusia saat ini. Dikutip dari Kompas.com (2019), survei Global Health Data Exchange tahun 2017 menunjukkan bahwa terdapat 27,3 juta orang di Indonesia mengalami masalah kejiwaan. Maka dari itu, tenaga kerja psikolog semakin dibutuhkan di era milenial saat ini untuk menangani masalah kejiwaan.

1. Amerika Serikat, Gudangnya Universitas Terbaik untuk Belajar Psikologi

Harvard University

Negara terbaik pertama untuk belajar Psikologi adalah Amerika Serikat. Negeri Paman Sam tersebut merupakan gudang universitas terbaik di dunia untuk jurusan Psikologi. Menurut Times Higher Education, World University Rankings 2020 memaparkan bahwa lebih dari 100 universitas masuk ke peringkat di atas 500 untuk jurusan Psikologi. Maka dari itu, rasanya wajar jika jurnal-jurnal terbaik Psikologi juga berasal dari Amerika.

Selain belajar, calon psikolog juga akan ditempa dengan pelatihan yang bermutu saat kuliah. Hal tersebut bertujuan untuk mengasah kemampuan berpikir dari sudut pandang orang lain. Selain itu, lulusannya juga cenderung cepat mendapatkan pekerjaan karena banyak universitas Amerika menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan dan lembaga.

Rekomendasi Universitas: Harvard University, Stanford University, University of California, Los Angeles (UCLA), Yale University, University of Michigan, Princeton University, Massachusetts Institute of Technology (MIT).

2. Inggris, Negara Terbaik untuk Belajar Psikologi dengan Standar Terjamin

Sumber: http://www.songways.co.uk

Negara kedua terbaik untuk belajar psikologi adalah Inggris, United Kingdom. Di sana terdapat hampir 150 institusi yang membuka program Psikologi. Masyarakat UK memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya menjaga kesehatan mental, maka dari jurusan Psikologi tersebar di kampus manapun, mulai dari universitas kecil di pedesaan hingga universitas kota besar. Selain itu, negeri yang dipimpin oleh kerajaan Ratu Elizabeth tersebut juga mengatur standar tinggi yang dibuat oleh Qualifications Assurance Authority (QAA) dan diatur oleh British Psychological Society (BPS).

Adanya standar yang telah ditetapkan lembaga membuat universitas harus selalu menghasilkan dosen, fasilitas, dan sumber daya yang berkualitas. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan akreditasi BPS jika minat belajar Psikologi di Inggris. Hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap hak gelar kamu sebagai Graduate Basis for Chartership of the BPS yang penting untuk mengejar karier sebagai psikolog di Inggris.

Rekomendasi Universitas: Oxford University, University College London (UCL), Cambridge University, King`s College London, University of Edinburgh.

3. Perancis, Pionir Psikologi Modern

Sumber: Pinterest

Perancis pun masuk ke dalam negara terbaik untuk belajar Psikologi karena di sini lahirnya tiga nama besar yang berjasa dalam lahirnya Psikologi Modern, yaitu Alfred Binet, Pierre Janet, dan Théodule Ribot. Binet berhasil menyusun tes-tes psikometris pertama yang dienal dengan sebutas tes inteligensi Stanford Binet. Lalu, Pierre Janet berkontribusi dalam menemukan istilah subsconcious dan mendefinisikannya secara jelas. Ia juga pendiri ikatan psikologi di Perancis (Societe de psychologie), akan tetapi sejak tahun 1941 berubah nama menjadi Societe francaise de psychologie. Atas dasar itulah, sejarah negara sebagai pelopor Psikologi Modern dapat menjadi tempat yang bagus sekali untuk belajar tentang jiwa dan sifat manusia.

Rekomendasi Universitas: Pantheon-Sorbonne University, PSL Universite Paris, Université Bourgogne Franche-Comté (UBFC).

4. Belanda, Negara Terbaik untuk Ambil Pre-Master Psikologi

Sumber: https://www.umcure2020.org/en/

Belanda juga termasuk salah satu negara terbaik untuk mendalami ilmu Psikologi, loh! Sistem perkuliahan yang interaktif membuat para mahasiswa dari jenjang S1 atau S2 dapat menikmati kuliah sambil mengaplikasikannya. Khusus S2, apapun jurusan sarjanamu, maka Statistik adalah mata kuliah wajib di Belanda. Jika jurusan kamu belum ada mata kuliah ini atau SKS Statistika tidak cukup, maka pihak fakultas akan menyuruhmu untuk mengambil kelas Statistik Dasar.

Usut punya usut, ternyata Belanda menjadi salah satu negara ternyaman untuk meraih gelar master Psikologi jika kamu bukan dari S1 jurusan yang sama. Jika kamu tertarik, maka kamu dapat mengambil kelas pre-master untuk mendalami materinya sebelum ambil master yang sesungguhnya. Tautan di sini dapat menjadi gambaran untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Rekomendasi University: Leiden University, University of Groningen, Tilburg University, Maastricht University.

5. Swedia, Suasananya Kondusif untuk Belajar

Sumber: http://www.flickr.com

Banyak orang mengatakan bahwa Swedia adalah salah satu negara dengan indeks kebahagiaan tertinggi. Maka dari itu, Swedia menjadi salah satu destinasi kuliah untuk jurusan psikologi ini bukan tanpa alasan. Negara ini terkenal dengan suasananya yang kondusif untuk belajar. Beberapa universitas di Swedia juga banyak menawarkan program untuk bidang psikologi jenjang Master yang dapat ditempuh selama 1 hingga 2 tahun.

Rekomendasi Universitas: University of Gothenburg, Stockholm University, Umeå University, Uppsala University, Örebro University

Nah, itulah 5 negara terbaik untuk belajar Psikologi. Cakupan jurusannya bukan hanya menjadi Psikolog dan jiwa manusia, akan tetapi juga bisa berupa sifat-sifat lingkungan dan organisasi, serta bisnis. Bagaimana apakah kamu berminat? Sebelum memutuskan untuk menjadi Psikolog, alangkah lebih baik kamu perluas khazanah dengan rekomendasi buku Psikologi di tahun 2020 versi Anak Rantau. Selamat menikmati proses belajar!

Apakah Rekomendasi Universitas Belajar Psikologi di Luar Negeri?

Swedia: University of Gothenburg, Stockholm University, Umeå University, Uppsala University, Örebro University
Amerika: arvard University, Stanford University, University of California, Los Angeles (UCLA), Yale University, University of Michigan, Princeton University, Massachusetts Institute of Technology (MIT).
Inggris: Oxford University, University College London (UCL), Cambridge University, King`s College London, University of Edinburgh
Belanda: Leiden University, University of Groningen, Tilburg University, Maastricht University.
Perancis: Pantheon-Sorbonne University, PSL Universite Paris, Université Bourgogne Franche-Comté (UBFC).