fbpx

Meski COVID-19 Melanda, Irlandia Siap Sambut Pelajar Internasional

Menteri Pendidikan Tinggi Irlandia, Simmon Harris, menyatakan bahwa para pelajar internasional masih akan tetap disambut dengan hangat di Irlandia. Tentunya, hal ini didukung dari upaya Irlandia yang berhasil menghadapi COVID-19.

“Irlandia tentu terbuka bagi para pelajar internasional dan tidak ada larangan penerbangan yang berlaku, akan tetapi, supaya jelas–siapapun yang datang ke Irlandia, harus menjalani masa karantina mandiri selama dua minggu,” ujar Harris.

Menteri Pendidikan Tinggi Irlandia, Simon Harris
Simon Harris. Sumber: irishtimes.com

Baru-baru ini, Irlandia menunda Fase 4 dari pembukaan kembali pasca-COVID hingga 10 Agustus. Penggunaan masker di transportasi umum maupun ritel masih bersifat wajib. Pertemuan sosial dibatasi maksimal 10 orang.

Saat ini, pihak Kementerian Pendidikan Tinggi Irlandia berfokus pada bagaimana supaya pelajar internasional kembali ke kampus, meskipun pembelajaran secara daring masih dilakukan untuk beberapa waktu. Harris memastikan bahwa untuk tahun ini tidak akan ada kenaikan biaya perkuliahan yang terjadi.

Meskipun Irlandia banyak didominasi oleh pelajar dari wilayah kawasan Eropa, banyak juga pelajar dari wilayah lainnya dari berbagai dunia memilih untuk belajar di Irlandia.

Apakah Irlandia diminati oleh pelajar internasional?

Tahun lalu, dilansir dari European Migration Network, terjadi kenaikan sebanyak 45% untuk jumlah pelajar internasional dari wilayah non-Eropa di Irlandia dibandingkan lima tahun lalu. Jadi, jelas bahwa negara satu ini masih menarik minat para pelajar internasional.

Pada tahun akademis 2018/19, ada sekitar 18.500 pelajar non-Eropa yang mendaftar di jenjang Sarjana. Kebanyakan, para pelajar internasional tersebut berasal dari Amerika Serikat, China, Arab Saudi, Malaysia, dan Kanada. 

Pelajar Indonesia pun juga ada yang menjadikan Irlandia sebagai negara tujuan mereka. Bahkan, pada tahun 2016, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Irlandia telah berdiri dan menjadi wadah bagi para pelajar Indonesia  yang menempuh studi di Irlandia.

Mengapa Irlandia populer di mata pelajar?

Pelajar internasional di Irlandia
Sumber: irishtimes.com

Salah satu alasan mengapa Irlandia menjadi populer di mata pelajar adalah, sistem pendidikan tingginya yang terkenal dekat dengan industri. Kemudian, program akademis yang ada di Irlandia sangatlah beragam. Jadi, kamu bisa memilih berbagai macam program di negara satu ini.

Lalu, berhubung bahasa resmi dari Irlandia adalah Bahasa Inggris, maka kamu tidak akan terlalu kesulitan dalam mengikuti perkuliahan di sini. Jangan lupakan juga pemandangan indah yang akan kamu temui setiap harinya apabila tinggal di Irlandia. 

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut mengapa kamu harus kuliah di Irlandia, maka bacalah alasan-alasan yang telah terangkum di artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Pada dasarnya, Irlandia merupakan salah satu pulau tercantik di dunia. Negara satu ini bertetangga dengan Inggris Raya dan memiliki banyak sekali unsur budaya dan juga sejarah. Tak heran kalau Irlandia menarik untuk dikunjungi dan dijadikan negara tujuan untuk melanjutkan studi. Apakah kamu setuju, Kawan Rantau?

Baca juga pilihan destinasi kuliner untuk cicipi kuliner khas Irlandia.

For Your Information

Apakah Irlandia diminati oleh para pelajar internasional?

Tahun lalu, dilansir dari European Migration Network, terjadi kenaikan sebanyak 45% untuk jumlah pelajar internasional dari wilayah non-Eropa di Irlandia dibandingkan lima tahun lalu. Jadi, jelas bahwa negara satu ini masih menarik minat para pelajar internasional.

Apakah Irlandia menerima pelajar internasional selama COVID-19?

Bacalah artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Dublin?