fbpx

Mengupas Beasiswa S2 di Trinity College Dublin, Irlandia

Apabila kita membahas negara Inggris, maka tak ada salahnya kita berjalan-jalan sebentar ke negara tetangganya, yakni Irlandia. Negara yang satu ini ternyata juga bisa menjadi salah satu negara tujuanmu untuk melanjutkan kuliah lho, Kawan Rantau. Apalagi, banyak juga beasiswa yang ditawarkan, salah satunya adalah beasiswa S2 dari Trintity College Dublin, Irlandia.

Tentang Trinity College Dublin

Beasiswa S2 Irlandia
Sumber: Investment Migration Insider

Trinity College Dublin merupakan salah satu universitas ternama di Irlandia. Universitas ini telah menghasilkan banyak sekali para pemikir yang luar biasa selama 400 tahun terakhir. Dilansir dari Times Higher Education World Ranking, Trinity College Dublin berhasil menduduki posisi ke-16 untuk universitas paling internasional di dunia.

Sebagai kota paling populer dan aman sedunia, Dublin terkenal akan suasananya yang multikultur. Hal ini membuat Dublin menjadi salah satu kota ramah pelajar di dunia. Tentunya, Trinity College Dublin percaya bahwa lingkungan yang beragam dapat meningkatkan pengembangan diri para mahasiswa serta budaya kampus. Maka dari itu, tak salah apabila kamu memilih Trinity College Dublin sebagai universitas tujuanmu.

Tentang E3 Excellence Postgraduate Scholarships

Tahun ini, Trinity College Dublin menawarkan skema beasiswa S2 untuk para mahasiswa di bidang E3 atau engineering, environment, and environment technology. Nantinya, para penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan dana sebesar 1.000-5000 euro. Bantuan tersebut akan langsung dikurangkan dalam beban biaya perkuliahan yang harus dibayarkan.

Apa saja program yang dapat saya pilih?

Beasiswa S2 Irlandia
Sumber: supportjames.ie

Terdapat sejumlah program yang dapat kamu pilih untuk mendaftar beasiswa yang satu ini. Yang pasti, beasiswa ini hanya ditujukan bagi para mahasiswa pasca sarjana penuh waktu di Trinity College Dublin. Program-program tersebut adalah sebagai berikut:

  1. School of Engineering
  2. School of Natural Sciences
  3. MSc in Energy Science
  4. MPhil in Environmental History

Siapa yang bisa mendaftar?

Pendaftar beasiswa ini haruslah sudah mendapatkan surat penawaran (offer letter) dari program pasca sarjana taught course penuh waktu di program-program yang telah disebutkan sebelumnya. Kemudian, tentunya kamu juga telah mendapatkan ijazah sarjana dari universitas ternama.

Para pelajar internasional juga diperbolehkan untuk mendaftar beasiswa ini. Jadi, kamu sebagai orang Indonesia tak perlu khawatir.

Bagaimana proses pendaftarannya?

Pada dasarnya, proses pendaftaran untuk beasiswa ini tak terlalu ribet, kok. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kirimkan aplikasi pendaftaranmu ke tim E3 Scholarship melalui surel. Alamat surel yang digunakan oleh pihak paitia seleksi adalah E3.team@tcd.ie
  2. Format subject untuk surel: nama kamu + ID pendaftaran Trinity + E3 Excellence Postgraduate Scholarships in Engineering, Environment and Emerging Technologies.
  3. Dokumen-dokumen yang kamu perlukan untuk mendaftar beasiswa ini tidak begitu banyak, kok. Kamu hanya perlu melampirkan Trinity Offer Letter yang telah kamu dapatkan, pernyataan 200 kata mengenai “bagaimana saya berkontribusi terhadap Trinity College Dublin”dalam format Word atau PDF, dan juga Curriculum Vitae atau Resume terbaru yang kamu miliki. Untuk semua dokumen yang kamu kirimkan, jangan lupa untuk melampirkan nama dan juga ID pendaftaran Trinity kamu, ya.
  4. Setelah itu, kamu akan mendapatkan pemberitahuan tentang permintaan beasiswa yang kamu lakukan.
  5. Nantinya, kamu akan diberitahu apabila kamu teprilih sebagai penerima beasiswa. Proses selanjutnya akan diberitahu kemudian.

Jadi, kalau kamu ingin merasakan kuliah S2 dengan beasiswa di Trinity College Dublin Irlandia, maka wajib banget kamu mencoba untuk mendaftar beasiswa E3 Excellence ini. Untuk tenggat waktunya, kamu masih bisa mendaftar hingga 1 April 2020 mendatang.

Kamu juga bisa membaca tentang beasiswa parsial dari University of Portsmouth yang bisa kamu manfaatkan untuk kuliah di Inggris.

For Your Information

Mengapa saya harus kuliah di Irlandia?

Irlandia termasuk negara tujuan para pelajar internasional. Dublin sebagai ibukota Irlandia, menjadi salah satu kota yang ramah pelajar internasional menurut Times Higher Education World Ranking.

Saya orang Indonesia, apakah saya bisa mendaftar beasiswa S2 di Trinity College Dublin?

Tentu saja kamu bisa karena beasiswa ini juga ditujukan bagi para pelajar internasional.

Bagaimana cara saya mendaftar beasiswa S2 di Trinity College Dublin, Irlandia?

Kamu bisa mendapatkan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Dublin?