fbpx

Mengupas 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Kuliah Bisnis di Swiss

Bidang bisnis melingkupi berbagai jurusan, seperti keuangan, akuntansi, manajemen, dan juga ekonomi. Sekarang ini, dengan didorong oleh globalisasi, banyak perusahaan yang mulai mengglobal dan menjadi pusat keuangan internasional. Maka dari itu, kebutuhan akan para lulusan bisnis terus meningkat setiap tahunnya. Tak heran apabila banyak sekali sekolah bisnis yang mulai mendapatkan nama. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai 5 alasan mengapa kamu harus kuliah bisnis di Swiss.

1. Sistem pendidikan Swiss yang mumpuni

Alasan kuliah bisnis di Swiss - sistem pendidikan yang mumpuni
University of Geneva. Sumber: expat.com

Swiss, khususnya di Kota Jenewa, merupakan salah satu tujuan kuliah yang populer bagi pelajar internasional. Hal ini didukung oleh kenyataan bahwa setidaknya ada 7 universitas di Swiss yang masuk ke dalam daftar 200 besar pemeringkatan QS World University Rankings 2021. Dengan demikian, sistem pendidikan tinggi di Swiss sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kemudian, dengan adanya empat bahasa nasional, para pelajar di Swiss akan mendapatkan kesempatan untuk megembangkan kemampuan linguistik mereka, baik dalam bahasa Jerman, Perancis, Italia, maupun Romansh. 

Pada dasarnya, kemampuan berbahasa di luar bahasa Inggris dapat memberikan keuntungan bagimu karena sekarang ini perusahaan-perusahaan besar di dunia telah beroperasi di berbagai negara. 

Sejumlah universitas di Swiss yang menawarkan jurusan bisnis terbaik adalah sebagai berikut:

  1. University of St. Gallen (HSG)
  2. IMD Business School
  3. University of Zurich
  4. University of Lausanne
  5. University of Geneva

2. Swiss merupakan pusat keuangan Eropa

Swiss merupakan salah satu pusat perbankan dan keuangan terpenting di dunia dengan berbagai sistem perbankan yang sangat maju. Status Swiss sebagai pusat layanan lokal maupun internasional membuat perusahaan-perusahaan global mencari akses terhadap jejaring perbankan yang ada di Swiss.

Apabila kamu melanjutkan kuliah bisnis di Swiss, maka akan ada banyak kesempatan bagimu untuk membangun jejaring yang menunjang karirmu ke depannya.

3. Kualitas hidup yang baik

Alasan kuliah bisnis di Swiss - kualitas hidup yang baik
Sumber: geneve.ch

Berdasarkan pemeringkatan yang ada, Swiss menjadi salah satu negara yang paling baik untuk ditinggali. Maka dari itu, selama kamu berkuliah di Swiss, kamu bisa mendapatkan akses kepada berbagai fasilitas yang mendukung kehidupanmu.

Belum lagi, kamu bisa menemukan berbagai jenis kuliner yang sangatlah menarik untuk dinikmati.

4. Pusat inovasi

Apakah kamu memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi? Kalau iya, maka Swiss memanglah cocok bagi kamu yang ingin kuliah bisnis. Mengapa? Karena negara satu ini merupakan salah satu pusat inovasi. Ada berbagai macam inovasi yang dikembangkan di Swiss, mulai dari benda-benda seperti pisau, sistem perbankan, hingga demokrasi langsung.

Selain itu, kamu juga bisa melihat kreativitas Swiss dalam mengatur lingkungan, memerintah negara, hingga mendorong kemitraan antara industri dan universitas. Sejumlah perusahaan startup besar seperti Colendi dan Kido Dynamics memiliki basis di Swiss.

5. Lingkungan yang multikultur

Alasan kuliah bisnis di Swiss - Lingkungan yang multikultur
Sumber: swissvistas.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Swiss merupakan negara yang multikultur. Diyakini, jurusan bisnis dari universitas yang ada di Swiss dapat mengantarkan kamu mendapat karir di negara ini. Kombinasi antara belajar dan bekerja di negara yang sangat multikultural bisa memberikan kamu perspektif yang jauh lebih luas, suatu aset yang dicari oleh pihak perusahaan sekarang ini.

Kemudian, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk berjejaring dengan tokoh-tokoh penting yang ada di Swiss. Tidak hanya tokoh penting di bidang industri, tapi juga organisasi non profit yang ada.

Demikianlah pembahasan kami mengenai alasan-alasan mengapa kamu harus kuliah bisnis di Swiss. Pada dasarnya, negara satu ini memang begitu menarik untuk dijadikan negara tujuan kuliah bisnis.

Baca juga hal-hal yang harus kamu tahu soal Swiss sebelum memutuskan untuk berkunjung atau tinggal di sana.

For Your Information

Apa saja jurusan yang termasuk ke dalam bidang bisnis?

Bidang bisnis melingkupi berbagai jurusan, seperti keuangan, akuntansi, manajemen, dan juga ekonomi.

Mengapa saya harus kuliah jurusan bisnis di Swiss?

Kamu bisa menemukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Geneva?