Menghadiri University Fair, Penting Ga Sih?

Seringkali pilihan untuk menentukan universitas beserta jurusannya membuat bingung, kadang sampai galau malah. Iya ga sih? Konsultasi ke guru atau tempat bimbel, bertanya kepada teman, hingga diskusi dengan orang tua, tak sepenuhnya menjawab keraguan kamu. Bahkan tak jarang, pilihanmu hanya karena bayang-bayang dari pengaruh orang lain.

Salah satu cara lain yang harus kamu ikuti adalah menghadiri University Fair. Bagi calon mahasiswa, terlebih dengan tujuan melanjutkan pendidikan di luar negeri, menghadiri acara semacam ini sangat penting untuk memilih universitas yang tepat. University Fair memungkinkan kamu untuk memperoleh informasi lebih rinci dibanding akses ke website, mendapatkan teman baru, hingga tips untuk melewati seleksi masuk yang ketat.

Selain itu, apa sih pentingnya menghadiri University Fair?

1. Kesempatan untuk Bertanya Secara Langsung

Sumber: Visit Bahrain

Biasanya setiap universitas diwakili oleh beberapa perwakilan, diantaranya panitia penerimaan mahasiswa baru dan mahasiswa perwakilan dari universitas tersebut. Kesempatan dalam ruang diskusi informal memberikan peluang untuk memperoleh jawaban tentang informasi yang terpampang di website universitas. Selain itu, kamu juga bisa menilai kesiapan sebuah institusi pendidikan tinggi dalam menerima dan memperlakukan calon mahasiswa barunya.

2. Lebih Memahami Teknis dan Syarat Penerimaan

Sumber: University of Toronto

Meskipun setiap website mencantumkan persyaratan penerimaan mahasiswa baru tapi tidak sedikit pula yang salah atau keliru memahami informasi tertulis. University Fair adalah sarana untuk kamu bertanya dan memahami secara rinci dan terarah. Terlebih jika menyangkut pendafatran ke universitas luar negeri, beragam persyaratan yang tidak sedikit bisa kamu pebuhi dengan benar. Sayang sekali jika harus gagal pada tahap administrasi.

3. Menemukan Pilihan Baru yang Tidak Terduga

Sumber: Acorn Houese College

Beragamnya stand universitas merupakan cara jitu untuk menemukan opsi lain yang bahkan belum sempat terpikirkan. Banyaknya informasi akan semakin membuka pikiran kamu untuk menemukan pilihan baru yang paling sesuai dengan kebutuhan.

4. Kesempatan untuk Memperoleh Beasiswa

Sumber: UK University Fair

University Fair membantu kamu untuk menemukan beragam beasiswa masuk perguruan tinggi. Baik dalam maupun luar negeri. Penting bagi kamu untuk membuat kesan yang baik agar memperoleh banyak penawaran keikutsertaan beragam program beasiswa.

 Tunggu apalagi, singkirkan mager kamu dan bergegas ke University Fair!