fbpx

Mengenal Stipendium Hungaricum Scholarship: Beasiswa Penuh dari Pemerintah Hungaria

Kalau biasanya negara-negara di Eropa Barat seperti Inggris dan Perancis menjadi negara favorit tujuan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan kuliah, maka sekarang, yuk, coba jalan-jalan ke Eropa Tengah. Ternyata, pemerintah Hungaria memberikan kesempatan bagi kamu untuk mencicipi berkuliah di sana. Ya, mereka menyediakan program Stipendium Hungaricum Scholarship alias beasiswa penuh bagi pelajar internasional di universitas-universitas yang ada di Hungaria.

Sekilas tentang Stipendium Hungaricum Scholarship

anakrantau-hungaria-2
Corvinus University of Budapest, salah satu universitas yang tergabung dalam skema Stipendium Hungaricum Scholarship Program. Image: international-programmes.com

Jadi, Kawan Rantau, Stipendium Hungaricum Scholarship merupakan program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Hungaria. Program ini ada berdasarkan perjanjian pendidikan bilateral antara kementerian–yang berkecimpung di bidang pendidikan, dari Hungaria dengan kementerian serupa di negara lainnya. Saat ini, Indonesia juga telah memiliki perjanjian ini dengan Hungaria. Jadi, kamu bisa banget untuk mendaftar di program yang satu ini.

Tiap tahunnya, jumlah pendaftar program ini terus bertambah. Pada tahun akademik 2018/2019, terdapat lebih dari 4.100 beasiswa yang telah digelontorkan. Program beasiswa ini telah ada sejak tahun 2013. Tujuan utamanya adalah menambah jumlah siswa internasional di Hungaria serta mendorong institusi pendidikan Hungaria untuk menarik minat dari para siswa internasional.

Tempus Public Foundation menjadi pengelola dari program beasiswa ini.

Apa saja keuntungan yang didapat?

Hungaria merupakan salah satu negara yang menawarkan kualitas pendidikan yang baik di jantung Eropa. Didukung dengan biaya hidup yang cukup terjangkau, berkuliah di Hungaria akan menjadi pengalaman tersendiri karena Hungaria juga menawarkan lingkungan yang ramah serta transportasi yang nyaman. 

Nah, melalui program Stipendium Hungaricum Scholarship, inilah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

  1. Pendaftaran untuk Hungarian Scholarship tidak dikenakan biaya alias gratis.
  2. Mendapatkan uang saku per bulan. Untuk program sarjana dan magister, kamu akan mendapat uang saku sebesar  €150. Sedangkan untuk program doktoral, kamu akan mendapat  €450.
  3. Akomodasi gratis akan disediakan oleh universitas tempat kamu berkuliah.
  4. Pendidikan gratis dan jaminan hidup akan disediakan oleh universitas-universitas yang berafiliasi dengan skema program beasiswa ini.

Bagaimana dengan persyaratannya?

Pada dasarnya, seluruh siswa internasional yang telah menyelesaikan studi di tingkat menengah dan memiliki nilai yang memuaskan, bisa mendaftar untuk program ini. Oh, ya, beasiswa ini terbuka untuk semua jenjang, lho. Mulai dari program S1, S2, hingga doktoral. Persyaratan lainnya adalah, seluruh pendaftar tidak memiliki penyakit yang membahayakan–intinya cek kesehatan dulu ya sebelum mendaftar beasiswa ini.

Beberapa dokumen yang harus kamu siapkan adalah, motivation letter dengan panjang minimal satu halaman, sertifikat kemampuan berbahasa inggris, transkrip nilai dan ijazah terakhir, hasil cek kesehatan, proposal penelitian untuk beberapa program, paspor, dan lainnya.

Selain mendaftar dan melakukan submisi secara online, kamu juga diharuskan mengirimkan dokumen pendaftaran kamu ke kementerian yang bekerja sama dengan pemerintah Hungaria di negara asal, dalam hal ini di Indonesia berarti Kemenristekdikti.

Nah, itulah sekilas penjelasan tentang Stipendium Hungaricum Scholarship Program. Kapan lagi sih bisa kuliah gratis di jantung benua Eropa?


Ingin mengetahui cerita lain di Budapest?