fbpx

Mengenal Sekolah Kedokteran dari Tokoh Grey’s Anatomy

Grey’s Anatomy merupakan serial drama kedokteran asal Amerika Serikat yang mulai tayang sejak 27 Maret 2005. Memiliki lebih dari 16 musim, Grey’s Anatomy menghadirkan petualangan kedokteran dari para karakternya. Kali ini, kami akan mengenalkan sekolah kedokteran yang menjadi latar belakang dari tokoh di Grey’s Anatomy.

Geisel School of Medicine, Dartmouth College

Meredith Grey. Sumber: meaww.com

Meredith Grey, sebagai tokoh utama, diceritakna merupakan lulusan dari Dartmouth College. Penulis skenario dari Grey’s Anatomy sendiri, Shonda Rimes, merupakan lulusan dari salah satu kampus Ivy Leagues tersebut.

Pada dasarnya, Geisel School of Medicine merupakan sekolah kedokteran tertua keempat di Amerika Serikat. Para mahasiswa nantinya akan belajar langsung dari para dosen, ahli klinis, dan juga peneliti yang telah memiliki pengalaman dalam praktik kedokteran dan kebijakan. Jadi, memilih Dartmouth College sebagai tujuanmu menempuh ilmu kedokteran bisa menjadi pilihan.

Geisel School of medicine. Sumber: geiselmed.dartmouth.edu

Vagelos College of Physicians and Surgeons, Columbia University

Vagelos College of Physicians and Surgeons. Sumber: drnajeeblectures.com

Menduduki posisi ke-13 dalam pemeringkatan QS WUR by Subject in Medicine, Vagelos College of Physicians and Surgeons (VP&S) telah menjadi pioner di bidang pendidikan dan penelitian kedokteran di Columbia University.

VP&S terus mempertahankan reputasinya sebagai salah satu sekolah kedokteran terbaik di dunia. Para peneliti VP&S telah banyak menemukan berbagai hal melalui penelitian yang mereka lakukan Pada tahun 2017, para peneliti dari VP&S berhasil mendapat penghargaan Nobel di bidang Kimia.

Derek Shepherd dan Mark Sloan. Sumbere: pinterest.com

Dalam Grey’s Anatomy, sejumlah tokoh digambarkan merupakan lulusan dari VP&S, yakni Derek Shepherd, Addison Forbes Montgomery. Mark Sloan, Naomi Bennett, dan Sam Bennett.

Johns Hopkins Medical School, Johns Hopkins University

Erica Hahn. Sumber: greysanatomy.fandom.com

Erica Hahn, Preston Burke, dan Arizona Robbins merupakan sejumlah tokoh di Grey’s Anatomy yang diceritakan merupakan lulusan dari Johns Hopkins Medical School. Johns Hopkins sendiri dalam pemeringkatan QS WUR Subject 2020 berhasil menduduki peringkat ke-5.

Dengan demikian, reputasi dari Johns Hopkins Medical School memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Johns Hopkins percaya, dengan menggunakan peralatan terbaru dan metode pengajaran yang ada, para luluannya bisa menjadi penyembuh, penemu, dan juga inventor terbaik di bidang kedokteran.

Johns Hopkins Medical School. Sumber: hopkinsmedicine.org

Stanford University School of Medicine

Cristina Yang. Sumber: abcnews.com

Sosok Cristina Yang yang cerdas dan Ambisius diceritakan merupakan lulusan dari Stanford University School of Medicine. Salah satu ciri khas dari sekolah kedokteran satu ini adalah, mereka selalu berupaya meningkatkan kesehatan melalui kepemimpinan, keberagaman, dan penemuan kolaboratif di bidang kesehatan.

Berdasarkan pemeringkatan QS, Stanford berhasil menduduki posisi ke-4 di dunia. Well, reputasi dari “rival” Harvard ini memang tidak perlu diragukan.

Stanford University School of Medicine. Sumber: businessinsider.com

Harvard Medical School, Harvard University

Harvard Medical School. Sumber: hms.harvard.edu

Telah berdiri sejak tahun 1782, reputasi dari Harvard Medical School terus meningkat dan menjadi pioner dalam meningkatkan kesehatan manusia. Saat ini, HMS berhasil menduduki peringkat pertama dunia dalam pemeringkatan QS.

Berbagai penemuan penting di bidang kedokteran, seperti vaksin cacar, berasal dari pemikiran para dosen dan juga mahasiswa HMS. Pencapaian HMS telah diakui secara internasional. Bahkan, telah ada 15 peneliti HMS yang mendapatkan penghargaan Nobel.

Dalam Grey’s Anatomy, adik tiri Meredith, Lexie Grey, diceritakan merupakan lulusan dari HMS.

Lexie Grey. Sumber: bustle.com

Selain kelima universitas di atas, para tokoh lainnya digambarkan menempuh pendidikan di universitas berikut: University of Washington School of Medicine (Izzie Stevens), University of Iowa College of Medicine (Alex Karev), Oregon Health & Science University School of Medicine (George O’Malley), dan University of Texas Southwestern Medical School (Teddy Altman).

Demikian pembahasan sekolah kedokteran para tokoh di Grey’s Anatomy. Apakah kamu tertarik untuk masuk di salah satunya, Kawan Rantau?

Baca juga sekolah kedokteran terbaik di Korea Selatan ala The World of the Married.

For Your Information

Apa itu Grey’s Anatomy?

Grey’s Anatomy merupakan serial drama kedokteran asal Amerika Serikat yang mulai tayang sejak 27 Maret 2005. Memiliki lebih dari 16 musim, Grey’s Anatomy menghadirkan petualangan kedokteran dari para karakternya

Apa saja sekolah kedokteran yang disebutkan di Grey’s Anatomy?

Baca pembahasan kami di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Baltimore?