fbpx

Mengenal Jurusan-jurusan yang Menjadi Favorit di China

Salah satu negara yang menjadi negara tujuan utama para pelajar internasional adalah China. Pada tahun 2018, dilansir dari South China Morning Post, ada lebih dari 14.000 pelajar Indonesia yang berkuliah di China. Hal ini didorong oleh banyaknya beasiswa yang juga ditawarkan oleh pemerintah China. Kali ini, kami akan membahas jurusan-jurusan yang menjadi favorit di China.

Kedokteran

Sumber: unsplash.com/Marcelo Leal

Di China, banyak jurusan kedokteran yang ditawarkan. Kabar baiknya lagi, kebanyakan jurusan ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Tentunya, untuk masuk ke jurusan kedokteran di China akan lebih mudah bila dibandingkan jurusan kedokteran di Amerika Serikat ataupun Inggris.

Hampir seluruh sekolah kedokteran di China merupakan universitas negeri. Dengan demikian, keseluruhan sistem yang berjala di dalamnya diatur oleh pemerintah China. Tujuan dari adanya sekolah kedokteran ini pun untuk menyiapkan para lulusan berpraktik di dunia kedokteran di tingkat global. Tak heran, banyak yang memilih jurusan kedokteran di China sebagai alternatif.

Sejumlah universitas di China yang tawarkan jurusan kedokteran terbaik adalah sebagai berikut:

  1. Fudan University
  2. Peking University
  3. Shanghai Jiao Tong University
  4. Sun Yat-sen University
  5. Tsinghua University

Teknik

Sumber: unsplash.com/SpaceX

Teknik menjadi jurusan favorit selanjutnya bagi para pelajar internasional di China. Bagaimanapun, bidang teknik menjadi salah satu bidang yang menjanjikan, khususnya dalam karir.

Dengan mempelejari teknik di China, para pelajar bisa mendapat kesempatan yang luas. Banyak universitas-universitas di China yang memiliki spesialisasi di bidang teknik sipil, mesin, dan elektro.

Kalau kamu penasaran, berikut sejumlah universitas di China yang menawarkan jurusan teknik terbaik:

  1. Tsinghua University
  2. Peking University
  3. Shanghai Jiao Tong University
  4. Zhejiang University
  5. Fudan University

Sastra China

Sumber: unsplash.com/Leon Liu

Mempelajari sastra dan bahasa China tentu bisa membuka kesempatan bagi kamu untuk bekerja di berbagai bidang, seperti pendidikan, bisnis, teknik, dan lainnya. Hal ini semakin menguntungkan bagimu karena perekonomian China dewasa ini semakin menguat. Tak heran apabila China digadang-gadang telah menjadi kekuatan global.

Mempelajari sastra China pun bukan berarti hanya belajar tentang bahasa, tapi juga kebudayaan China. Dengan demikian, kamu pun bisa semakin memperkaya pengetahuanmu mengenai negeri tirai bambu ini.

Universitas-universitas yang tawarkan jurusan Sastra China terbaik adalah sebagai berikut:

  1. Peking University
  2. Fudan University
  3. Tsinghua University
  4. Beijing Normal University
  5. Nanjing University

Selain ketiga jurusan di atas, ada juga jurusan bisnis yang berhasil menarik minat para pelajar internasional di China. Tentu, jurusan-jurusan favorit di China ini cenderung lebih mudah dimasuki dibandingkan jurusan sejenis di negara lain. Jadi, apakah kamu tertarik untuk berkuliah di China, Kawan Rantau?

Jangan lupa baca juga 5 universitas di China yang tawarkan jurusan ilmu sosial terbaik.

For Your Information

Mengapa China menjadi negara tujuan favorit pelajar di Indonesia?

Biaya perkuliahan yang terjangkau serta tingkat kompetisi yang tidak terlalu tinggi menjadikan China negara tujuan favorit bagi para pelajar Indonesia.

Apa saja jurusan favorit di China?

Kedokteran masih menjadi jurusan terfavorit di China. Baca artikel ini untuk tahu ulasan kami lebih lanjut.

Di mana saja saya bisa berkuliah di China?

Selain membahasa apa saja jurusan yang menjadi favorit, kami juga menambahkan informasi mengenai universitas terbaik di China yang bisa kamu pilih dalam artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?