fbpx

Mengenal 3 Universitas Terbaik di India untuk Kuliah Tahun 2021

Setiap tahunnya, ada lebih dari 30.000 pelajar internasional yang datang ke India. Pada akhirnya, India telah dikenal sebagai salah satu negara tujuan para pelajar internasional di Kawasan Asia Selatan. Pada tahun 2018, sistem pendidikan India memang berhasil menduduki peringkat ke-26 dalam QS Higher Education System Strength Ranking.  Maka dari itu, berikut kami akan membahas lebih lanjut mengenai 3 universitas terbaik yang ada di India. 

Kira-kira, universitas mana sajakah yang masuk ke dalam daftar ini? Berikut ulasan lengkap kami.

1. Indian Institute of Technology Bombay (IIT Bombay)

Universitas terbaik India - IIT Bombay
Sumber: indianexpress.com

IIT Bombay merupakan universitas teknik dan reset negeri yang berada di Powai, Mumbai, India. Universitas satu ini didirikan pada tahun 1958. Siapapun yang ingin melanjutkan studi di India, maka mereka pasti pernah mendengar nama universitas ini. 

Berdasarkan pemeringakatn QS World University Rankings 2021, IIT Bombay berhasil menduduki peringkat ke-172. Peringkat tersebut merupakan pencapaian tertinggi dari universitas di India. Otomatis, IIT Bombay menjadi universitas terbaik di India.

Salah satu ciri khas dari IIT Bombay adalah staf pengajarnya yang sangat mumpuni. Para pengajar di IIT Bombay selalu berperan sebagai guru dan juga mentor. Otomatis, para pelajar bisa memiliki ikatan yang sangat dengan para pengajarnya. 

Kemudian, IIT Bombay juga merupakan universitas yang memiliki jejaring alumni yang sangat kuat dan terpercaya. Para alumni tak segan untuk berkontribusi langsung kepada IIT Bombay.

Selain mengedepankan bidang akademis, IIT Bombay juga menekankan bidang ekstrakurikuler. Dengan demikian, para lulusan IIT Bombay bisa menjadi pribadi yang dapat berkembang di berbagai bidang.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di IIT Bombay adalah sebagai berikut:

  1. Teknik kimia
  2. Teknik mineral dan pertambangan
  3. Seni dan desain
  4. Kimia
  5. Ilmu komputer dan sistem informasi

2. Indian Institute of Science

Universitas terbaik India - IISc
Sumber: thebetterindia.com

Peringkat kedua untuk universitas terbaik di India diraih oleh Indian Institute of Science. Berdasarkan pemeringkatan QS, IISc berhasil menduduki peringkat ke-185. Pada dasarnya, IISc merupakan universitas riset yang berfokus pada sains, teknik, desan, dan manajemen. Universitas ini terletak di Bengalor, India.

Keberadaan dari IISc dapat kita tarik pada tahun 1890-an, saat Jamsetji Nusserwanji Tata, seorang industrialis India memutuskan untuk mendirikan universitas kelas dunia di India. Ia percaya bahwa penelitian ilmiah dan pendidikan tinggi dapat memiliki peran dalam transformasi sosial dan ekonmi. Setelah melawati berbagai tantangan, pada akhirnya IISc berhasil berdiri pada 27 Mei 1909 di Bengalor, India. 

Mulanya, universitas ini hanya memiliki dua departemen, yakni kimia murni dan terapan, serta teknologi elektro. Lambat laun, semakin banyak program yang tersedia di IISc dan pada akirnya universitas ini tidak lagi diragukan kualitasnya.

Jurusan-jurusan terbaik yang ada di IISc adalah sebagai berikut:

  1. Kimia
  2. Teknik kimia
  3. Ilmu material
  4. Teknik elektro
  5. Teknik mesin

3. Indian Institute of Technology Delhi (IIT Delhi)

Universitas terbaik India - IIT Delhi
Sumber: edexlive.com

IIT Delhi merupakan universitas riset dan teknik negeri yang berada di Hauz Khas, Delhi, India. Universitas satu ini merupakan salah satu universitas tertua di India. Telah berdiri sejak tahun 1961, IIT Delhi menjadi salah satu universitas terbaik di India. Berdasarkan pemeringkatan QS, IIT Delhi berhasil bergabung dengan IIT Bombay dan IISc dalam daftar 200 besar universitas dunia, tepatnya pada peringkat 193.

Sejak didirikan, IIT Delhi telah menghasilkan lebih dari 48.000 lulusan dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari teknik, ilmu fisik, manajemen dan humaniora, serta ilmu sosial. Kemudian, para lulusan dari IIT Delhi juga banyak berkarir sebagai ilmuwan, teknisisi, manajer bisnis, maupun wirausaha. Selain itu, banyak juga yang aktif di institusi pemerintahan maupun organisasi non pemerintah.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di IIT Delhi adalah sebagai berikut:

  1. Teknik elektro
  2. Ilmu komputer dan sistem informasi
  3. Teknik kimia
  4. Teknik sipil
  5. Teknik mesin

Selain ketiga universitas di atas, kamu juga bisa mempertimbangkan Indian Institute of Technology Madras (IIT Madras) dan Indian Institute of Technology Kharagpur (IIT-KGP). Tentunya, memilih India menjadi negara tujuanmu bisa menjadi pengalaman yang sangat menarik.

Baca juga hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk kuliah di India.

For Your Information

Apakah India menjadi favorit pelajar internasional?

Setiap tahunnya, ada lebih dari 30.000 pelajar internasional yang datang ke India. Pada akhirnya, India telah dikenal sebagai salah satu negara tujuan para pelajar internasional di Kawasan Asia Selatan. Pada tahun 2018, sistem pendidikan India memang berhasil menduduki peringkat ke-26 dalam QS Higher Education System Strength Ranking

Dimana universitas terbaik di India berada?

Kamu bisa menemukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Mumbai?