fbpx

Mengenal 3 Kota Alternatif Pilihan untuk Melanjutkan Kuliah di Eropa

Benua Eropa menjadi salah satu kawasan tujuan para pelajar internasional. Tak hanya karena reputasi pendidikan di wilayah tersebut yang memang terkemuka, tapi juga karena kota-kota di Eropa merupakan kota terbaik untuk dikunjungi atau ditinggali. Nah, kali ini kami akan membahas 3 kota pilihan yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan kuliah di Eropa.

1. Kopenhagen, Denmark

Kopenhagen. Sumber: unsplash.com

Kota Kopenhagen sering kali masuk ke dalam daftar kota paling bahagia di dunia. Di kota ini, cara hidup orang-orang Kopenhagen dijuluki sebagai “Hygge” yang berarti “cosy”. Tentunya, dengan memilih Kopenhagen, maka kamu dapat merasakan kota yang hangat dan juga aman.

Iklim di Denmark memang termasuk dingin, akan tetapi, bukan berarti iklim tersebut membuat kamu tidak bisa nyaman menempuh studi di Kopenhagen. Salah satu universitas yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan studi di Kopenhagen adalah University of Copenhagen dan IT University of Copenhagen. Jadi, akan banyak pilihan program yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan kuliah di sini.

Pada dasarnya, Kopenhagen merupakan salah satu kota tertua di Denmark. Dulunya, Kopenhagen merupakan desa pemancingan Viking. Dengan demikian, kamu bisa menikmati berbagai wisata arsitektur, sejarah, maupun seni di kota ini.

Apabila kamu terbiasa menghabiskan akhir pekanmu dengan menonton Netflix, maka kamu harus mempertimbangkan untuk mengelilingi kota menggunakan sepeda. Iya, dengan bersepeda, kamu bisa menjangkau berbagai destinasi wisata di Kopenhagen seperti Kastil Rosenburg, Taman Tivoli, dan juga Langelinie yang merupakan rumah dari patung Little Mermaid.

Apabila kamu merasa lelah, kamu bisa mampir ke bar atau restoran yang ada di seluruh sudut Kopenhagen. Alhasil, kamu bisa menikmati Kopenhagen dengan sangat maksimal.

2. Dublin, Irlandia

Dublin. Sumber: unsplash.com

Kombinasi yang sempurna dari unsur tradisional dan modern bisa kamu temukan di Dublin. Banyak pelajar internasional memilih Dublin sebagai negara tujuan mereka karena kualitas pendidikan di kota ini yang mumpuni. Kemudian, suasana yang hangat dan penduduknya ramah membuat Dublin menjadi favorit. 

Bagi kamu yang seorang ekstrover, melanjutkan kuliah di Dublin bisa menjadi pilihanmu. Banyak sekali acara sosial yang diadakan di Dublin. Jadi, kamu akan memiliki banyak kesempatan untuk bersosialisasi.

Lalu, di Dublin kamu bisa menemukan berbagai restoran keren yang sangat khas Irlandia. Bahkan, kamu bisa menemukan pilihan makanan vegetarian di restoran seperti Saba dan Cornucopia. Apabila kamu memang tertarik untuk wisata kuliner, jangan lupa kunjungi tempat-tempat terbaik berikut ini untuk cicipi kuliner khas Irlandia.

Nah, bagi kamu yang berfokus pada karir, kamu bisa menemukan sejumlah kantor utama perusahaan teknologi raksasa dunia di Dublin. Ya, kamu bisa menemukan kantor dari Google, Arbnb, dan juga Pfizer.

Universitas top dunia yang bisa kamu temukan di Dublin adalah Trinity College Dublin dan juga University College Dublin.

3. Berlin, Jerman

Berlin. Sumber: unsplash.com

Ibu kota dari Jerman ini memang menjadi favorit para pelajar. Sebagai pusat budaya dan ekonomi Jerman, Berlin memang sangat menarik untuk ditinggali.

Di kota ini, kamu bisa menemukan berbagai situs bersejarah, mulai dari gereja katedral, hingga monumen-monumen penting yang unik.

Untuk kamu yang suka wisata kuliner, kamu bisa menemukan berbagai hidangan lokal yang lezat di Berlin. Kamu bisa mencoba currywurst, schnitzel, hingga maultaschen. Kunjungi tempat-tempat berikut ini apabila kamu ingin mencicipi kuliner khas Jerman tersebut.

Salah satu faktor penting mengapa Berlin menjadi kota favorit para pelajar internasional adalah karena biaya perkuliahan yang relatif terjangkau. Biaya kuliah yang murah atau gratis bisa juga dinikmati oleh para pelajar internasional di Jerman, Kawan Rantau. Jadi, jelas bahwa memilih Berlin merupakan keputusan yang tepat karena kamu bisa mendapat pendidikan kelas dunia dengan biaya sangat terjangkau.

Universitas yang dapat kamu temukan di Berlin adalah Freie Universiteit Berlin dan juga Technical University of Berlin. Kedua universitas ini menawarkan berbagai program dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Pada dasarnya, setiap pelajar internasional bisa memilih universitas dan negara mana saja di Kawasan Eropa. Pemilihan tersebut tergantung pada biaya hidup, kualitas universitas, maupun reputasi dari jurusan yang kamu pilih. Ketiga kota di atas merupakan alternatif pilihan yang bisa kamu pertimbangkan untuk melanjutkan kuliah di Eropa. Apakah kamu setuju, Kawan Rantau?

Baca juga daftar kota-kota ramah pelajar yang ada di Eropa.

For Your Information

Mengapa Eropa jadi kawasan tujuan favorit para pelajar internasional?

Benua Eropa menjadi salah satu kawasan tujuan para pelajar internasional. Tak hanya karena reputasi pendidikan di wilayah tersebut yang memang terkemuka, tapi juga karena kota-kota di Eropa merupakan kota terbaik untuk dikunjungi atau ditinggali

Apa kota pilihan untuk melajutkan kuliah di Eropa?

Baca pembahasan lengkap kami di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Berlin?