fbpx

Mengapa MIT Bisa menjadi Universitas Terbaik di Dunia?

QS World University Rankings 2021 baru saja dirilis. Dalam pemeringkatan tersebut, MIT berhasil menduduki posisi pertama–yang otomatis membuat MIT menjadi universitas terbaik di dunia. Berhasil mempertahankan peringkatnya sebanyak 9 kali berturut-turut memang merupakan prestasi tersendiri bagi MIT.

Akan tetapi, yang menjadi pertanyaa, mengapa MIT bisa menjadi universitas terbaik di dunia? Apa keistimewaan dari universitas yang berada di Cambridge, Amerika Serikat ini?

Terdepan dalam bidang teknologi

Sumber: pinterest.com

Salah satu kelebihan dari MIT adalah keahlian mereka dalam mentransformasi gagasan mahasiswa menjadi bisnis yang sukses. Bill Clinton pernah mneyatakan bahwa MIT memiliki program transfer teknologi terbaik di Amerika Serikat. Seluruh lulusan MIT kebanyakan langsung bisa mendirikan perusahaannya sendiri.

Pada tahun 2011 saja–yang noabene sudah sembilan tahun berlalu, ada 694 paten yang lahir dari MIT. Paten tersebut sangat beragam, mulai dari tinta digital, surel, nuklir, dan lainnya. Jadi, jelas bahwa universitas yang satu ini memang terdepan di bidang teknologi.

Menjunjung tinggi kesetaraan

Sumber: news.mit.edu

Bagi MIT, para calon mahasiswa tidak akan dilihat dari status maupun kekayaan keluarganya. Yang terpenting adalah kualifikasi dari calon mahasiswa tersebut.

Maka dari itu, MIT memberlakukan blind policy dalam proses pendaftaran. Dengan demikian, para pendaftar akan dipertimbangkan dari prestasi mereka. Apabila kemudian calon mahasiswa ini memiliki kesulitan keuangan, ada mekanisme bantuan yang diberikan.

Kemudian, MIT juga sangat terbuka bagi para pelajar internasional. Jadi, MIT sama sekali tidak membatasi kewarganegaraan seseorang. Bantuan keuangan pun juga akan diberikan bagi pelajar yang membutuhkan.

Jejaring alumni yang kuat

Koffi Annan. Sumber: weforum.org

Salah satu kelebihan dari MIT adalah jejaring alumninya yang kuat. Dikatakan bahwa MIT memiliki jejaring alumni yang sangat luas. Mereka banyak memberikan bantuan almamternya dalam bentuk apapun. Alhasil, bantuan tersebut dapat mendorong MIT terus berkembang dan memperbaiki diri.

Pada dasarnya, banyak sekali tokoh terkenal dari MIT. Beberapa di antaranya adalah Kofi Annan, mantan sekretaris jenderal PBB, Buzz Aldrin, manusia kedua yang mendarat di bulan, serta Edwin Land, pencipta kamera Polaroid. Belum lagi para staf dan siswa yang mendapatkan penghargaan nobel.

Dengan demikian, tak heran apabila MIT menjadi universitas terbaik di dunia. Reputasinya terus meningkat tiap tahunnya dan belum bisa diikuti oleh universitas lainnya seperti Harvard, Cambridge, Stanford, dan Oxford.

Baca juga pilihan kursus daring unik yang ditawarkan oleh MIT.

For Your Information

Apa universitas terbaik di dunia?

QS World University Rankings 2021 baru saja dirilis. Dalam pemeringkatan tersebut, MIT berhasil menduduki posisi pertama–yang otomatis membuat MIT menjadi universitas terbaik di dunia.

Mengapa MIT begitu istimewa?

Baca penjabaran kami melalui artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Massachusetts?