fbpx

Kupas Tuntas Keuntungan Menjalani Program Dual Degree

Program dual degree merupakan program khusus yang membuat para mahasiswa bisa mendapatkan dua gelar secara paralel. Gelar yang didapat tersebut bisa berasal dari fokus yang samasekali berbeda. Bahkan, bisa juga didapatkan dari dua institusi yang berbeda. Lalu, apa sebenarnya keuntungan mejalani program dual degree?

Berikut akan kami bahas lebih lanjut mengenai keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila menjalani program dual degree.

Mendapatkan dua perspektif yang berbeda

keuntungan program dual degree
Sumber unsplash.com

Menjalani program dual degree berarti kamu harus membagi waktu belajarmu di masing-masing universitas. Pada saat itulah kamu bisa mengerjakan tesis akhirmu dengan lebih berwarna. Mengapa demikian? Karena kamu bisa mendapatkan bimbingan dari dua pembimbing sekaligus. Otomatis, cara pandang yang kamu terima akan menjadi lebih beragam.

Tentu program ini berlaku ketika kamu mengambil program joint degree dari dua universitas yang berbeda. Menarik, bukan?

Memiliki jejaring profesional ganda

keuntungan program dual degree
Sumber: unsplash.com

Dengan menjalani program perkuliahan yang berbeda, maka kamu bisa mendapatkan jejaring profesional ganda. Dalam artian, kamu bisa mendapatkan kontak dari para akdemisi, mahasiswa, maupun profesional dari bidang yang berbeda. Tentunya hal ini bisa menjadi keuntungan bagimu.

Pada akhirnya, setelah kamu lulus, kamu bisa memiliki kenalan dari bidang apa saja.

Mendapat spesialisasi dalam waktu yang lebih singkat

keuntungan program dual degree
Sumber: unsplash.com

Meskipun durasi perkuliahan dual degree akan lebih lama dibandingkan dengan perkuliahan single degree, program ini tetap memiliki kelebihan. Apa itu? Durasiprogram ini tentu akan lebih singkat dibandingkan ketika kamu harus menyelesaikan dua program perkuliahan secara terpisah.

Biasanya, program dual degree membutuhkan waktu empat tahun, tergantung dari pilihan studimu. Akan tetapi, ada banyak sekali pilihan percepatan yang bisa kamu pilih.

Keuntungan dalam melamar pekerjaan

Sumber: unsplash.com

Keuntungan yang satu ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Yap, tentu saja gelar dual degree yang kamu dapatkan bisa memberikan keuntungan bagimu saat melamar pekerjaan. Gelar yang kamu dapatkan bisa menyimbolkan bahwa kamu memiliki pengetahuan interdisiplin dan kemampuan beradaptasi lebih baik.

Selain itu, dengan memiliki gelar dual degree, maka hal tersebut membuktikan bahwa kamu tak takut menghadapi tantangan, memiliki etika kerja yang baik, dan bersedia bertanggung jawab menangani tugas yang kompleks.

Dengan demikian, jelas bahwa memiliki skill yang unik dan berbeda bila dibandingkan dengan lulusan biasa. Apakah kamu setuju, Kawan Rantau? Tentu keuntungan dari menjalani program dual degree ini bisa kamu dapatkan apabila kamu berhasil menyelesaikan perkuliahan dengan baik.

Baca juga kisah Abid A. Adonis yang menjalani program dual degree di Sciences Po dan LSE.

For Your Information

Apa itu program dual degree?

Program dual degree merupakan program khusus yang membuat para mahasiswa bisa mendapatkan dua gelar secara paralel. Gelar yang didapat tersebut bisa berasal dari fokus yang samasekali berbeda. Bahkan, bisa juga didapatkan dari dua institusi yang berbeda

Apa saja keuntungan menjalani program dual degree?

Baca artikel berikut ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?