fbpx

Kuliah Sustainability Studies Gratis di Jepang dengan JFUNU Scholarship

Kuliah di Jepang menjadi mimpi bagi sejumlah orang. Hal ini tentu didorong oleh reputasi Jepang sebagai negara yang aman, memiliki teknologi yang mumpuni, serta budaya yang unik. Nah, kalau kamu sedang bertanya-tanya apakah ada kesempatan untuk kuliah gratis di Jepang, maka bersyukurlah karena ada yang namanya JFUNU Scholarship.

Pada dasarnya, memang banyak pelajar Indonesia yang telah menjadikan Jepang sebagai negara tujuan untuk studi di luar negeri. Menurut data yang dihimpun oleh Japan Student Services Organization (JASSO) pada tahun 2018, jumlah pelajar Indonesia di Jepang mencapai 6.277 orang. Angka ini pun diperkirakan akan terus meningkat. Tentunya, hal ini pun didorong oleh ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa yang luar biasa di negeri ini.

Tentang JFUNU Scholarship

Kuliah gratis di Jepang - UN University
United Nations University, Jepang. Sumber: wikimedia.org

Japan Foundation for UN University (JFUNU) Scholarship merupakan salah satu skema beasiswa yang diberikan oleh UN University-Institute for the Advanced Study of Sustainaibility (UNU-IAS), Jepang. Jadi, bagi kamu yang ingin kuliah sustainability studies di Jepang, kamu bisa memanfaatkan kesempatan untuk kuliah gratis di sini. Tentu, ini merupakan alternatif dari kuliah sustainability studies di Swedia.

Dengan menjadi penerima JFUNU Scholarship, maka kamu bisa mendapatkan tunjangan per bulan sebesar JPY ¥120.000 atau setara dengan 15 juta rupiah. Dana tersebut bisa kamu dapatkan selama 24 bulan maksimal.

Selain mendapatkan tunjangan per bulan, biaya kuliah pun juga dibebaskan. Otomatis, kamu betul-betul bisa kuliah gratis di Jepang.

Siapa yang bisa mendaftar?

Sumber: gpaj.org

Apabila kamu ingin mendaftar untuk JFUNU Scholarship, maka kamu haruslah berasal dari negara berkembang dan menunjukkan bahwa kamu memang membutuhkan bantuan finansial. Berhubung Indonesia masuk ke dalam daftar OECD DAC, maka kamu berhak untuk mendaftar beasiswa ini.

Lalu, apabila kamu sekarang sedang tinggal di Jepang dalam rangka bekerja, sayang sekali kamu tidak bisa mendaftar untuk beasiswa ini.

Satu persyaratan penting lagi, apabila ini adalah kedua kalinya mengambil program magister di UNU-IAS, maka kamu juga tidak dapat mendaftarkan diri.

Bagaimana cara saya mendaftar?

Kuliah gratis di Jepang - Prosedur pendaftaran JFUNU Scholarship
Sumber: fame.edu.my

Tentu, untuk mendaftar beasiswa ini, kamu haruslah terlebih dahulu mendaftar di program Master of Science in Sustainability di UNU-IAS. Program ini sendiri merupakan program berdurasi dua tahun yang akan menawarkan pengetahuan dan kemampuan praktis bagi mahasiswa untuk ikut berkontribusi dalam menyelesaikan tantangan isu berkelenjutan.

Nah, apabila kamu tertarik untuk mendaftar di program ini, berikut sejumlah persyaratan yang harus kamu penuhi:

  1. Memiliki ketertarikan pada sustainability studies.
  2. Memiliki komitmen untuk mempelejari dan memahami isu-isu global
  3. Memiliki gelar sarjana atau yang setara di bidang yang berhubungan dengan sustainability
  4. Memiliki IPK 3.5 dari skala 4.00 untuk gelar sarjana yang didapat
  5. Memenuhi syarat kecakapan berbahasa Inggris yang telah ditentukan oleh UNU-IAS, yakni 600 untuk TOEFL-PBT, 100 untuk TOEFL-IBT, atau 7.0 untuk IELTS.

Nantinya, untuk aplikasi pendaftaran di UNU-IAS, kamu harus mengumpulkannya melalui formulir pendaftaran secara daring. Kamu pun diharuskan membuat akun. Untuk informasi lebih lengkap mengenai prosedur pedaftaran di UNU-IAS, kamu bisa mengunjungi laman berikut ini.

Untuk tenggat waktu pendaftarannya adalah sampai 28 Februari 2020. Oh iya, kalau kamu berkuliah di sini, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mengambil sejumlah mata kuliah di universitas ternama di Jepang lainnya, lho. Seperti University of Tokyo, Sophia University, International Christian University, dan Yokohama National University,

Jadi, apakah kamu tertarik untuk kuliah gratis di Jepang? Dengan fakta bahwa UNU-IAS berlokasi di Shibuya, Tokyo, maka otomatis kamu akan tinggal di jantung Kota Tokyo. Bukankah kesempatan yang menarik apabila kamu bisa berkuliah di sini, Kawan Rantau?

Kunjungi juga laman berikut ini untuk tahu daftar 10 universitas terbaik di Jepang. Siapa tahu kamu tertarik meneruskan studi di negeri Sakura ini.

For Your Information

Apakah bisa kuliah ke Jepang gratis?

Tidak ada yang tidak mungkin. Kamu bisa memanfaatkan skema beasiswa JFUNU Scholarship apabila ingin kuliah gratis di Jepang.

Apa itu JFUNU Scholarship?

Japan Foundation for UN University (JFUNU) Scholarship merupakan salah satu skema beasiswa yang diberikan oleh UN University-Institute for the Advanced Study of Sustainaibility (UNU-IAS), Jepang. Jadi, bagi kamu yang ingin kuliah sustainability studies di Jepang, kamu bisa memanfaatkan kesempatan untuk kuliah gratis di sini.

Sebagai orang Indonesia, apakah saya bisa mendaftar beasiswa JFUNU Scholarship?

JFUNU Scholarship ditujukan untuk para pelajar dari negara berkembang. Otomatis, kamu bisa mendaftar beasiswa ini.

Apa saja persyaratan untuk mendaftar JFUNU Scholarship?

Kunjungi artikel ini untuk tahu apa saja persyaratannya. Cara pendaftarannya pun juga tersedia.

Ingin mengetahui cerita lain di Tokyo?