fbpx

Kuliah S2 Gratis dan Biaya Hidup Terjamin di Swiss

Halo, kali ini ada informasi beasiswa terbaru dari kampus peringkat 7 di dunia pada tahun 2019, yaitu ETH Zurich. Kampus bergengsi di Swiss ini membuka kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk merasakan pengalaman belajar S2 di sana. Dilansir dari Topcareer.id, beasiswa tahunan yang ditawarkan bernama Excellence Scholarship & Opprotunity Programme (ESOP) dan ETH-D Scholarship khusus untuk pendaftar baru pada semua program master (S2) yang ada di sana. Berhubung masuk kampus ternama di dunia memakan proses yang sangat sulit, maka baca dahulu ulasannya di bawah ini!

Sumber: https://lse.ethz.ch/

Cakupan beasiswanya sangat mantap, loh! Selain kuliah gratis, pemohon yang lolos seleksi juga diberikan tunjangan biaya hidup di sana. Adapun perbedaan jumlah tunjangan yaitu, ESOP memberikan tunjangan CHF 12.000 (Sekitar Rp. 169 juta), dan ETH-D tunjangannya CHF 7500 (Sekitar Rp. 106 juta) per semester. Enak banget, kan! Manfaat lainnya yang dapat kamu rasakan jika kuliah gratis di swiss adalah menikmati kesejukan alamnya untuk membebaskan penat kuliah.

Persyaratan Umum

Sebelum melamar, pastikan kamu memenuhi persyaratan di bawah ini supaya lolos seleksi:

  • Lulusan S1 dari ETH Zurich atau universitas lain yang memiliki keinginan untuk melanjutkan jenjang S2 di ETH Zurich.
  • Memiliki prestasi akademik cemerlang selama kuliah sarjana.
  • Memenuhi semua persyaratan akademis untuk prodi yang dipilih.
  • Termasuk ke dalam 10% lulusan terbaik pada jenjang S1 yang telah lulus.
  • Menguasai Bahasa Inggris (TOEFL iBT minimal 100 atau IELTS minimal 7.0 atau tes lain yang setara)
  • Nomor telepon yang dapat dihubungi via Skype. Pelamar yang lolos ke tahap selanjutnya akan diwawancara via Skype pada Februari.

Perjuangan pelamar tidak sampai di situ saja. Selain wajib memenuhi syarat umum, para pemohon juga harus memenuhi syarat dokumen-dokumen penting untuk proses pendaftaran, yakni sebagai berikut:
1. Formulir pendaftaran yang bisa diunduh pada tautan berikut ini (link)
2. Motivation Letter sepanjang 1 hingga 2 halaman
3. Proposal awal untuk thesis S2 dengan petunjuk penulisan bisa dilihat di tautan berikut ini (link)
4. Surat rekomendasi sebanyak 2 buah dari 2 orang professor dari studi sebelumnya

Prosedur Pendaftaran

Pelamar mendaftar secara online terlebih dahulu di situs resmi kampus ETH Zurich. Pendaftaran beasiswa ini dilakukan secara online melalui laman pendaftaran. Biar gak makin lama dan panjang, langsung aja melipir ke laman tanya jawab untuk memahami cara pendaftarannya.

Sumber: http://www.risk.net

Setelah daftar di websitenya, pemohon juga harus mengirimkan hardcopy via pos ke alamat Financial Aid Office, Rämistrasse 101, HG F 22.1, CH-8092 Zurich, Switzerland. Dokumen harus sudah sampai di pihak universitas paling lambat pertengahan bulan depan, yakni 15 Desember 2019. Jika pemohon mendaftarkan diri di dua program sekaligus, maka dokumennya tetap harus dipisah sesuai map masing-masing. Begitu pula jika mengajukan beasiswa dengan jurusan berbeda, maka pengajuan dokumen tetap dipisah, namun dalam waktu dan periode yang bersamaan.

Nah, itu dia informasi beasiswa S2 di Swiss. Jika masih terdapat pertanyaan atau informasi kurang jelas, pihak kampus sangat dapat ditanya-tanya melalui surel studienfinanzierung@sts.ethz.ch. Daripada berasumsi, lebih baik kamu bertanya setelah berlama-lama membaca informasi situs resminya. Kadang kala, informasi yang tertera di situs bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu. Bertanya juga bisa menjadi cara untuk menyusun rencana lolos beasiswa secara lebih strategis. Kalau begitu, selamat berjuang, ya!


Ingin mengetahui cerita lain di Zurich?