fbpx

Kuliah Jurusan Filsafat: Eksistensi, Ilmu Pengetahuan, dan Kebenaran

Banyak orang yang tidak mengerti mengapa seseorang memilih untuk kuliah jurusan filsafat. Apabila kamu ingin tahu mengapa jurusan ini selalu diminati, maka berikut akan kami bahasa lebih lanjut mengenai seluk-beluk dari jurusan filsafat.

Apa itu filsafat?

Sumber pexes.com

Filsafat merupakan sebuah kajian untuk mempelajari dasar dari eksistensi, ilmu pengetahuan, kebenaran, dan etika. Pertanyaan mendasar dalam kajian ini adalah mengenai siapa kita, dan memahami pemikiran filosofis berkembang dari dulu hingga sekarang.

Melalui jurusan ini, kamu akan mengasah kemampuan bernalarmu secara efektif dan meningkatkan pemikiranmu secara logis dan kritis. Kajian ini akan menguji pemahaman dan asumsi mengenai konsep asal mula manusia dan keberadaan dari Tuhan. Pembahasan mengenai filsafat akan sangat beragam dan bercabang.

Dengan kuliah jurusan filsafat, maka bersiaplah dengan berbagai macam esai, perdebatan dalam teori filosofis, dan berbagai macam buku teks.

Apa yang akan saya pelajari?

Sumber: york.ac.uk

Biasanya, dalam jurusan filsafat, kamu akan mempelajari sejumlah modul umum yang berisikan pemahaman mendasar mengenai suatu gagasan dan argumen pada tahun pertama. Kemudian, pada tahun kedua dan ketiga, kamu bisa memilih peminatan yang lebih sesuai dengan ketertarikanmu.

Untuk mahasiswa S1, biasanya kuliah jurusan filsafat akan memakan waktu tiga sampai empat tahun. Sejumlah modul yang akan dipelajari meliputi logika, filsafat pemikiran, metafisika, etika, filsafat sains, dan filsafat politik. 

Jurusan filsafat biasanya masuk sebagai jurusan humaniora, meskipun pada dasarnya jurusan ini dekat dengan matematika dan sains. Mempelajari filsafat juga dapat dilengkapi dengan mengambil mata kuliah di sejumlah jurusan humaniora lainnya, seperti sejarah, politik, sastra Inggris, hukum, dan juga bahasa. Kemudian, kamu juga bisa mengambil sejumlah mata kuliah bidang sains yang berhubungan seperti matematika, ilmu komputer, fisika, dan psikologi.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus?

Memiliki gelar jurusan filsafat sangatlah berguna, Kawan Rantau. Kemampuan seperti berpikir kritis dan analitis sangat dibutuhkan di berbagai macam karir yang ada.

Sejumlah peluang karir yang bisa kamu masuki sebagai lulusan jurusan filsafat adalah bidang komunikasi, penerbitan, hukum, layanan masyarakat, dan juga bisnis. 

Berkarir sebagai akademisi, penulis, maupun jurnalis bisa menjadi pilihan kamu, Kawan Rantau.

Universitas terbaik untuk jurusan filsafat

Sumber: 2u.com

Apabila kamu memang tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan filsafat, maka berikut merupakan daftar universitas terbaik di dunia untuk jurusan ini berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020:

  1. New York University (NYU), Amerika Serikat
  2. University of Oxford, Inggris
  3. Australian National University (ANU), Australia
  4. University of Toronto, Kanada
  5. Humbold-Universitat zu Berlin, Jerman
  6. Universite PSL, Perancis
  7. University of Helsinki, Finlandia
  8. Chinese University of Hong Kong, Hong Kong
  9. Renmin University of China, China
  10. University of Oslo, Norwegia

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai jurusan filsafat, Kawan Rantau. Apabila kamu tertarik untuk mempelajari filsafat dari awal, kamu bisa membaca rekomendasi buku filsafat berikut ini.

Apapun jurusan yang kamu pilih, selama kamu menyukai dan menaruh minat pada jurusan tersebut, maka kamu akan bisa mendapatkan manfaat selama berkuliah di sana.

Baca juga para pemikir yang menjadi Paris sebagai tempat tinggal mereka.

For Your Information

Apa itu filsafat?

Filsafat merupakan sebuah kajian untuk mempelajari dasar dari eksistensi, ilmu pengetahuan, kebenaran, dan etika. Pertanyaan mendasar dalam kajian ini adalah mengenai siapa kita, dan memahami pemikiran filosofis berkembang dari dulu hingga sekarang.

Apa yang akan dipelajari di jurusan filsafat?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Berlin?