Dibuka, Kuliah di Inggris dengan Beasiswa Chevening 2020-2021!

Chevening, Beasiswa Pencetak Pemimpin Masa Depan

Halo! Bagi kamu pemuja mimpi kuliah di Eropa, khususnya Inggris, Beasiswa Chevening 2020 – 2021 telah resmi dibuka. Khusus Indonesia, peserta sudah bisa melakukan pendaftaran online beasiswa Chevening hingga 5 November 2019 jam 12:00 GMT. Mungkin masih terasa lama, namun ingatlah bahwa mendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri sangat ribet. Kamu perlu mengatur strategi cerdas supaya lolos menginjakkan kaki di negeri Ratu Elizabeth.

Chevening merupakan salah satu beasiswa populer dan paling diincar oleh pemburu beasiswa Master’s Degree. Banyak pelamar berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan Beasiswa Pemerintah Inggris ini. Pendanaan ditujukan untuk kandidat-kandidat internasional berprestasi, calon-calon pemimpin masa depan, orang-orang berpengaruh, serta pengambil keputusan untuk meraih gelar S2 mereka selama setahun di universitas-universitas Inggris. Apakah kamu salah satunya?

Kesempatan ini patut dicoba karena fasilitasnya sangat bagus untuk menunjang pendidikan anak rantau. Beasiswa Chevening 2020 – 2021 mencakup hal-hal yang memenuhi kebutuhan dasar mahasiswa internasional, seperti:

  • Biaya kuliah di universitas Inggris, termasuk untuk program MBA.
  • Tunjangan hidup bulanan.
  • Biaya perjalanan pulang-pergi (pp) ke Inggris.
  • Tunjangan kedatangan dan pulang.
  • Biaya tesis dan bahan studi.
  • Biaya visa
  • Dana perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris. 

Setelah membaca daftarnya, pantas saja beasiswa ini jadi rebutan jutaan pelamar pascasarjana di seluruh dunia, khususnya Indonesia.

Sumber: Pexels

Selama satu tahun, pihak universitas di Inggris akan memfasilitasi untuk mengembangkan keilmuanmu di program pascasarjana. Pelamar dari Indonesia bebas memilih program studi di UK. Meskipun begitu, karier pendidikan akan semakin bersinar jika memilih aplikasi di bidang-bidang berikut: 

  • Climate change
  • Economics
  • Energy
  • Finance
  • Foreign policy
  • Governance
  • Public sector management
  • Science
  • Technology, dll

Persyaratan

Beasiswa kompetitif ini ditargetkan untuk pelamar yang belum pernah kuliah di Inggris dengan pendanaan dari Pemerintah Inggris. Jika sudah pernah merasakan kuliah gratis di Inggris, maka pelamar dipastikan auto didiskualifikasi. Jadi, jangan serakah, ya!


1. Merupakan warganegara yang memenuhi syarat Chevening (salah satunya Indonesia).
2. Bersedia kembali ke negara asal minimum dua tahun setelah beasiswa berakhir.
3. Memiliki gelar sarjana yang memungkinkan masuk ke program pascasarjana di universitas Inggris dengan predikat upper second class 2:1 honours (setara IPK 3.33 – 3.67).
4. Memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun.
5. Mendaftar di tiga jurusan kuliah berbeda yang memenuhi syarat di universitas Inggris dan menerima tawaran masuk tanpa syarat (unconditional offer) dari salah satu pilihan tersebut paling lambat 16 Juli 2020.
6. Memenuhi persyaratan bahasa Inggris dari Chevening paling lambat 16 Juli 2020:
   › IELTS minimum 6.5 
   › CEA minimum 176
   › Pearson PTE Academic minimum 58
   › TOEFL iBT minimum 79 

Dokumen Aplikasi


1. Paspor/KTP yang berlaku.
2. Ijazah dan transkrip universitas asal.
3. Tiga pilihan jurusan Master berbeda di UK.
4. Dua nama pemberi referensi yang mengenal kapasitas profesional dan akademik Anda.

Sumber: www.chevening.org

Pendaftaran


Pendaftaran beasiswa Chevening dilakukan secara daring melalui laman Chevening Indonesia. Lalu, peserta beasiswa diminta untuk mengunggah dokumen aplikasi yang tertera di atas. Sebelum diajukan, dokumen aplikasi dibuat dalam format PDF dengan ukuran tidak lebih dari 5 MB. Demi menghindari gangguan teknis, usahakan melamar sebelum tenggat waktu. Ingatlah, lebih baik preventif daripada kecewa karena hal sepele!

Oxford

Para kandidat yang lolos ke tahap selanjutnya akan diminta untuk log in ke Sistem Aplikasi Online. Di sana mereka akan diminta referensi dari pemberi referensi (referee) masing-masing calon mahasiswa. Panitia akan mengirimkan surel kepada para pemberi referensi dan mereka perlu memasukkan referensi tersebut paling lambat hari Senin, 25 Februari 2020. Jika referee tidak mengajukan hingga tenggat waktu yang telah ditentukan, maka kamu tidak dapat melanjutkan ke tahap wawancara.

Wawancara akan digelar antara 2 Maret hingga 1 Mei 2020 melalui Kedutaan Besar Inggris. Eits, wawancara bukanlah perjuangan akhir meraih beasiswa idaman ini. Masih ada unconditional offer dari perguruan tinggi di Inggris serta sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang harus diserahkan paling lambat 16 Juli 2020. Biar tidak telat, kamu bisa mendaftar ke universitas di Inggris sebelumnya atau bersamaan dengan jadwal mendaftar beasiswa.

Jika mengaju ke timeline pihak resmi, perkuliahan akan dimulai sekitar September/Oktober 2020. Semoga sukses, anak rantau! Work hard, play hard!