fbpx

KAIST International Student Scholarship: Beasiswa S1 di Korea

Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) merupakan universitas riset nasional yang berada di Daejeon, Korea Selatan. Telah berdiri sejak tahun 1971, KAIST berfokus pada pengembangan riset di bidang sains dan teknik. Berdasarkan pemeringkatan QS Top 50 Under 50 2021, KAIST berhasil menduduki peringkat ke-3. Apabila kamu ingin mendapatkan beasiswa di KAIST, maka simak penjelasan mengenai KAIST International Student Scholarship berikut ini, Kawan Rantau.

Tentang KAIST International Student Scholarship

Sumber: koreatechtoday.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, KAIST International Student Scholarship merupakan skema beasiswa S1 yang diberikan oleh KAIST untuk para pelajar internasional.

Skema beasiswa ini termasuk beasiswa fully-funded yang akan melingkupi biaya perkuliahan untuk 8 semester, uang saku sebesar 350.000 KRW (Rp4.295.284,-) per bulan, serta asuransi kesehatan.

Program yang bisa didaftar

Pada dasarnya, seluruh program S1 yang ada di KAIST termasuk dalam skema beasiswa ini. Dengan demikian, kamu bisa memilih salah satu program di fakultas berikut untuk mendaftar beasiswa ini:

  1. College of Life Science and Bioengineering
  2. College of Engineering
  3. College of Liberal Arts and Convergence Science
  4. College of Business
  5. School of Transdisciplinary Studies

Siapa yang berhak mendaftar?

Sumber: chbe.gatech.edu

Persyaratan pendaftaran beasiswa ini akan tergantung dari masa pendaftaran perkuliahan di KAIST. Jadi, lebih baik kamu memperhatikan seluruh persyaratan pendaftaran perkuliahan sebagai pelajar internasional di KAIST.

Sejumlah persyaratan umum yang harus kamu penuhi adalah sebagai berikut:

  1. Bukan merupakan warga negara Korea
  2. Menyelesaikan seluruh pendidikan dasar maupun menengah di luar Korea
  3. Memiliki kecakapan berbahasa Inggris minimal TOEFL iBT 83 atau IELTS 6.5
  4. Melampirkan hasil tes SAT, GCE A-Level, atau ACT
  5. Harus mempertahankan IPK minimal 2.7 dari 4.3 di KAIST pada tahun pertama

Bagaimana cara mendaftar?

Tidak ada pendaftaran terpisah untuk beasiswa ini. Kau hanya perlu menandai “KAIST Scholarship” di bagian Statement of Financial Resources dalam formulir pendaftaranmu.

Secara umum, KAIST memiliki tiga gelombang pendaftaran, yakni sebagai berikut:

  • September – Oktober
  • November – Januari
  • Maret – Mei

Proses seleksi beasiswa ini tidak akan melalui tahapan wawancara. Penerima beasiswa akan langsung dihubungi oleh panitia seleksi melalui surel apabila wawancara memang diperlukan.

Berhubung COVID-19 sangat mempengaruhi proses pendaftaran perkuliahan di universitas di seluruh dunia, termasuk KAIST, maka lebih baik kamu mengunjungi langsung situs resmi mereka untuk mendapat informasi lebih lengkap mengenai beasiswa S1 ini.

Demikianlah pembahasan beasiswa S1 di KAIST, Korea ini, Kawan Rantau. Apabila kau tertarik mendalami bidang STEM di Korea, maka memilih KAIST merupakan keputusan yang tepat.

Baca juga tentang The Science & Technology (S&T) Undergraduate Scholarship, beasiswa S1 Saintek di National University of Singapore (NUS), Singapura.

For Your Information

Apa itu KAIST International Student Scholarship?

KAIST International Student Scholarship merupakan skema beasiswa S1 yang diberikan oleh KAIST untuk para pelajar internasional.

Apakah beasiswa ini termasuk beasiswa fully-funded?

Skema beasiswa ini termasuk beasiswa fully-funded yang akan melingkupi biaya perkuliahan untuk 8 semester, uang saku sebesar 350.000 KRW (Rp4.295.284,-) per bulan, serta asuransi kesehatan.

Bagaimana cara mendaftar KAIST International Student Scholarship?

Baca pembahasan lengkapnya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Seoul?