fbpx

Selamat Hari HAM Internasional! Mari Dalami Kajian HAM dari 3 Program Studi Ini

Hari Hak Asasi Manusia (HAM) internasional dirayakan pada tanggal 10 Desember tiap tahunnya. Hal ini sebagai bentuk penghargaan terhadap pengadopsian Universal Declaration of Human Rights (UDHR), perjanjian HAM pertama di dunia, pada 10 Desember 1948.

Perbincangan soal HAM memang tidak akan pernah ada habisnya. Banyak sekali kajian serta pembahasan ilmiah yang muncul. Apalagi, isu HAM sendiri akan banyak sekali bersinggungan dengan isu lainnya, seperti bioetik, perubahan iklim, akses terhadap jaminan kesehatan, dan kebebasan berbicara. Tak heran apabila sejumlah universitas terbaik di dunia menawarkan program studi khusus untuk isu ini.

Berikut merupakan 3 program studi yang berfokus pada kajian HAM dari sudut pandang yang cukup unik. Mari disimak!

1. Health Law, Bioethics, and Human Rights, Boston University

anakrantau-boston-school-public-health
Boston University. Sumber: bu.edu

Program studi HAM yang ditawarkan oleh Boston University ini menarik karena mengambil sudut pandang yang tidak biasa, yakni mencoba menyambungkan kajian kesehatan masyarakat dengan HAM. Kesehatan masyarakat dipandang sangatlah relevan dalam kajian HAM karena kebanyakan bencana alam yang terjadi dapat berujung pada krisis pelayanan kesehatan.

Salah satu mata kuliah yang menarik dari program studi ini adalah Health and Human Rights. Tentunya, mata kuliah ini berfokus untuk menarik hubungan antara kebijakan kesehatan yang diterapkan oleh suatu pemerintah dengan HAM yang dimiliki masyarakat.

2. International Studies,  Henry M. Jackson School of International Studies, University of Washington

anakrantau-harry-jackson-school.jpg
The Henry M. Jackson School of International Studies. Sumber: tonylblx.wordpress.com

The Henry M. Jackson School of International Studies menjadi salah satu program studi yang unik karena merupakan satu dari sedikit program di tingkat doktoral yang berfokus pada HAM. Program studi ini dibuat secara khusus supaya siswanya mampu menggunakan pendekatan inovatif ketika membahas isu HAM kontemporer, seperti pengungsi, pelayanan kesehatan, dan juga munculnya krisis internasional.

Yang pasti, para siswa dari program ini akan mendapatkan berbagai konsep yang relevan dalam kajian HAM, mulai dari hukum, tata pemerintahan, agama, budaya, hingga keamanan. 

3. Climate Change and Human Rights, Aberystwyth University

anakrantau-aberysttwith-university.jpg
Aberystwyth University. Sumber: bbc.co.uk

Kamu tertarik dengan isu perubahan iklim? Ternyata, Aberystwyth University menawarkan satu program studi yang cukup menarik, lho, yakni Climate Change and Human Rights.

Program belajar berdurasi 12 bulan ini akan banyak sekali membahas keterkaitan-keterkaitan antara perubahan iklim dengan HAM, seoerti hukum internasional, hukum perubahan iklim, serta hukum kebijakan pangan.

Nah, itulah 3 program studi yang membahas HAM dari sudut pandang yang tidak konvensional. Pada dasarnya, pembahasan mengenai HAM akan selalu menjadi sorotan karena tidaklah mudah membahas isu yang masih rentan ini. Semangat terus, anak rantau.


Ingin mengetahui cerita lain di Boston?