fbpx

5 Sekolah Kuliner Terbaik di Dunia, Siap Membantu Kamu Menjadi Chef Handal!

Era Industri 4.0 membuat banyak lapangan pekerjaan baru semakin diminati anak-anak muda. Jurusan kuliah dan pekerjaan yang dulunya terlihat biasa saja, kini menjadi incaran banyak orang. Kita, sama-sama meyakini, semakin terbukanya arus informasi salah satu dampaknya adalah kamu tidak perlu lagi canggung dalam memperoleh pengetahuan seputar keahlian yang dimiliki, di antaranya soal kuliner atau masak-memasak. Artikel ini akan membahas 5 sekolah kuliner terbaik di dunia.

Makanan lokal yang mengglobal merupakan hasil ramuan silang ketika koki dari berbagai kultur bertukar ide dan resep. Mencecapi pendidikan kuliner di institusi khusus berkelas internasional memberikan banyak peluang dalam mengasah kemampuan kamu. Selain keterampilan dapur, akses terhadap makanan asli, arahan langsung dari koki terkenal, restoran berkelas, hingga pengetahuan mengenai kanan bercita rasa budaya.

1.   Culinary Institute of America

Sumber: Bakepedia

CIA adalah perguruan tinggi swasta dan sekolah kuliner Amerika yang fokus pada pendidikan culinary, baking, dan pastry arts. Gedung utama CIA terletak di Hyde Park, New York dan gedung-gedung lain yang sudah tersebar di beberapa wilayah seperti St. Helena dan Napa, California, San Antonio, Texas, dan baru membuka cabang di Asia-tepatnya Singapura.

CIA menyediakan beberapa program keahlian, seperti Bachelor’s Degree Program dengan spesifikasi keahlian Food Business Management, Hospitality Management, Applied Food Study, dan Culinary Science. Sedangkan untuk Master’s Degree and Certificate Programs, CIA menyediakan program keahlian Master’s in Food Business-Online, Master’s in Wine Management, dan Accelerated Culinary Arts Certificate Program. Kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan di sini, bisa mengunjungi laman www.ciachef.edu untuk memperoleh informasi lebih lanjut ya!\

2.   Le Cordon Bleu, Paris

Sumber: education abroad

Paris merupakan salah satu tempat yang ideal untuk mempelajari teknik kuliner dengan pengalaman budaya dan kemewahan kota mode. Terletak di jantung kota Paris, Le Cordon Bleu merupakan salah satu sekolah kuliner terbaik di dunia yang akan memberikan kamu peluang untuk berguru kepada chef terbaik di bidang culinary dan hospitality dengan metode “watch, do, learn”. Banyak keuntungan yang akan kamu peroleh sebagai pelajar asing di Le Cordon Bleu selain fasilitas dan pengajar yang kompeititif, dengan visa Schengen kamu bisa menikmati perjalanan ke 28 negara di Eropa lho! Untuk proses pendaftaran dan biaya pendidikan, kamu bisa memperoleh informasinya di laman www.cordonbelu.edu

3.   The International Culinary Center

Sumber: International Culinary Center

ICC merupakan sekolah kuliner swasta nirlaba yang berpusat di Campbell, California. Sebagai institusi global dalam pendidikan khusus kuliner, pastry, dan anggur profesional, ICC hadir bersama misinya untuk melatih para pemimpin dan inovator kuliner generasi berikutnya, memberi kepercayaan dan koneksi untuk berhasil dalam industri makanan dan wine.

ICC membuka beberapa program keahlian profesional serta kursus singkat seperti Professional Culinary Arts, Professional Pastry & Baking, Professional Wine, dan lain-lain yang bisa kamu akses melalui www.internationalculinarycenter.com.

4.   Auguste Escoffier School of Culinary Arts

Sumber: Auguste Escoffier School of Culinary Arts

Auguste Escoffier School of Culinary Arts tersebar di beberapa wilayah Boulder, Colorado, dan Austin, Texas merupakan institusi kejuruan memasak pertama yang menwarkan program culinary arts dan pastry secara online. Setiap peserta didiknya dilatih untuk memahami dari mana makanan mereka berasal dan menumbuhkan rasa hormat terhadap sumber daya lokal melalui teknik yang dikembangkan oleh King of Chef, Auguste Escoffier. Jika tertarik, kamu bisa memperoleh informasi lengkap di http://www.escoffier.edu.

5.   New England Culinary Institute

Sumber: Plexuss.com

NECI merupakan perguruan tinggi kuliner nirlaba yang mendiami wilayah Montpelier, Vermont dan juga mengelola sejumlah restoran serta layanan makanan untuk Vermont College dan National Life. Selain adanya NECI, daerah Vermont memiliki beberapa keistimewaan garda terdepan Farm to Table revolution-petani, pembuat keju, perkebunan anggur, dan produsen benih organik. Informasi pendidikan di NECI dapat kamu akses melalui www.neci.edu.

Ternyata ada lho kuliah tentang ilmu sains dibalik membuat kue di Kansas State University, yuk simak artikel nya untuk tahu jurusan ini lebih dalam!

Kamu yang bercita-cita mendalami bidang kuliner dan pastry, jangan ragu untuk memilih institusi pendidikan terbaik ya!


For Your Information

Di manakah letak sekolah kuliner terbaik di dunia?

1. Culinary Institute of America
2. Le Cordon Bleu, Paris
3. The International Culinary Center
4. Auguste Escoffier School of Culinary Arts
5. New England Culinary Institute

Apa pengaruh industri 4.0 terhadap sekolah kejuruan?

Era Industri 4.0 membuat banyak lapangan pekerjaan baru semakin diminati anak-anak muda. Jurusan kuliah dan pekerjaan yang dulunya terlihat biasa saja, kini menjadi incaran banyak orang, seperti kuliner dan masakan.

Apa yang dipelajari di sekolah kuliner?

Makanan lokal yang mengglobal merupakan hasil ramuan silang ketika koki dari berbagai kultur bertukar ide dan resep. Mencecapi pendidikan kuliner di institusi khusus berkelas internasional memberikan banyak peluang dalam mengasah kemampuan calon koki. Selain keterampilan dapur, akses terhadap makanan asli, arahan langsung dari koki terkenal, restoran berkelas, hingga pengetahuan mengenai kanan bercita rasa budaya.

Ingin mengetahui cerita lain di New York?