fbpx

Pilih Universitas Berikut Ini untuk Kuliah Jurusan PPE Terbaik di Dunia

Jurusan Philosophy, Politics & Economics (PPE) merupakan jurusan unik yang menggabungkan disiplin ilmu filsafat, politik, dan ekonomi. Universitas pertama yang menawarkan jurusan PPE adalah University of Oxford pada tahun 1920. Kalau kamu tertarik untuk kuliah di jurusan ini, berikut universitas-universitas di dunia yang tawarakan jurusan PPE terbaik.

National University of Singapore (NUS) – Singapura

Di dunia yang sangat kompleks ini, pada dasarnya diperlukan sebuah pendekatan yang multidimensi untuk melihat suatu fenomena. Jurusan PPE di Faculty of Arts and Social Sciences, NUS hadir untuk mengembangkan kemampuan berpikir strategis dan kritis para mahasiswa dalam melihat suatu fenomena.

Dengan mengambil jurusan ini, para mahasiswa PPE akan menggunakan seperangkat alat dari filsafat, ilmu politik, dan juga ekonomi dalam mengkaji sesuatu. Dengan mengambil jurusan PPE, maka kamu bisa melanjutkan karir di bidang perbankan, keuangan, bisnis, jurnalistik, politik, maupun kerja sosial.

Jurusan PPE termasuk jurusan yang cukup baru di FASS, yakni baru berdiri sejak tahun 2018.

University of Warwick – Inggris

Sumber: core-econ.org

Departemen PPE University of Warwick merupakan salah satu jurusan PPE terbaik di dunia. Dengan berkuliah di jurusan ini, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk meneliti lebih jauh bahwa ketiga subjek ilmu tersebut, filsafat, politik, dan ekonomi, dapat berhubungan satu sama lain.

Salah satu keistimewaan dari jurusan PPE di University of Warwick adalah, universitas ini mencoba untuk menaruh perhatian terhadap isu-isu global. Maka dari itu, ketika kamu berkuliah di sini, kamu juga memiliki kesempatan untuk melakukan studi di luar negeri, seperti di Eropa, Australia, Hong Kong, maupun Jepang.

Yale University – Amerika Serikat

Jurusan PPe terbaik - Yale University
Sumber: news.yale.edu

Di Yale University, jurusan PPE akan sejalan dengan jurusan Ethics, Politics, and Economics. Jurusan ini tentu merupakan jurusan interdisiplin yang berakar pada ilmu sosial dan humaniora. Jurusan ini hadir sebagai refleksi bahwa analisis empiris yang saling berkaitan diperlukan untuk memahami realitas sosial yang kompleks.

Lulusan dari jurusan EP&E Yale University nantinya bisa melanjutkan karir di berbagai bidang. Mulai dari hukum, pendidikan, akademisi, jurnalistik, politik, non-governmental organization, bisnis, hingga pemerintahan. Jurusan ini telah memiliki reputasi sebagai penghasil lulusan yang bertalenta.

University of Otago – Selandia Baru

Sumber: otago.ac.nz

Jurusan PPE dari University of Otago hadir dengan semangat untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di dunia. Jurusan ini tentu akan mengkaji tingkah laku manusia beserta fenomena sosial yang menyertainya.

Melalui jurusan ini, kamu bisa meggabungkan penalaran analitis di bidang filsafat, pendapat sosial dari bidang politik, serta metodologi para ekonom. Tentu, hal inilah yang membuat jurusan PPE menjadi kaya untuk dipelajari.

The Hebrew University of Jerusalem – Israel

Jurusan PPe terbaik - The Hebrew University of Jerusalem
Sumber: forward.com

Program Philosophy, Economics, Political Science di The Hebrew University of Jerusalem telah berdiri sejak tahun 1998. Jurusan PPE di Hebrew University termasuk ke dalam Faculty of Social Sciences.

Kurikulum yang digunakan merupakan pengintegrasian dari filsafat, ekonomi, dan juga ilmu politik dalam rangka mengkaji realitas sosial dari perspektif yang multidimensi.

Itulah sejumlah jurusan PPE terbaik di dunia yang dapat kamu pertimbangkan untuk melanjutkan studi. Kira-kira, universitas mana yang cocok dengan visi-misimu, Kawan Rantau?

Kamu juga harus membaca perbedaan antara jurusan ilmu politik dan ilmu hubungan internasional.

For Your Information

Apa itu jurusan PPE?

Jurusan Philosophy, Politics & Economics (PPE) merupakan jurusan unik yang menggabungkan disiplin ilmu filsafat, politik, dan ekonomi. Universitas pertama yang menawarkan jurusan PPE adalah University of Oxford pada tahun 1920.

Apabila saya ingin kuliah di Asia, universitas mana yang menawarkan jurusan PPE?

Salah satu universitas di Asia yang dapat kamu pilih untuk melanjutkan studi PPE adalah NUS, Singapura dan The Hebrew University of Jerusalem, Israel.

Apa saja yang akan saya pelajari di jurusan PPE?

Kamu bisa membaca detailnya melalui artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Jerusalem?