fbpx

Departemen Parasitologi, McGill University: Program Master dan PhD Studi Parasit Satu-satunya di Kanada

Halo, Kawan Rantau!

Apakah kamu pernah mendengar parasitologi? Parasitologi merupakan salah satu cabang dalam ilmu biologi. Salah satu tujuannya adalah untuk mempelajari semual hal tentang organisme parasit. Dalam perkembangannya, cakupan parasitologi dapat meliputi taksonomi, morfologi, sikhlus hidup masing-masing parasit, serta patologi dan juga epidemiologi penyakit yang ditimbulkannya.

Nah, ternyata, ada lho program studi yang membahas parasitologi secara khusus. Salah satunya adalah Departemen Parasitologi di McGill University. Kenapa studi parasit di universitas ini menjadi menarik? Berikut penjelasannya.

Sekilas tentang Departemen Parasitologi, McGill University

anakrantau-parasitologi.jpg
Gedung Departemen Parasitologi, McGill University. Sumber: mcgill.ca

Selain University of Toronto, McGill University merupakan salah satu universitas prestisius di Kanada. Berdiri sejak tahun 1821, kampus yang terletak di Montreal, Quebec, Kanada ini menawarkan lebih dari 300 bidang studi, mulai dari seni, teknik, sains, agrikultur dan lingkungan, kedokteran, maupun manajemen.

Departemen Parasitologi merupakan bagian dari Institute of Parasitology, sebuah pusat penelitian interdisiplin tertua di Kanada. Telah dibuka sejak tahun 1932, Institute of Parasitology memiliki dua fungsi utama, yakni sebagai tempat pengajaran jenjang magister dan juga penelitian. Fokus utama dari riset di Institute of Parasitology adalah bagaimana parasit dapat berinteraksi dengan kehidupan di alam liar, hewan domestik, dan tentunya manusia.

Untuk saat ini, ada beberapa fokus penelitian yang ditawarkan, yakni mengenai biologi molekuler, genetika molekuler, biokimia, bioinformatika, farmakologi, imunologi, epidemiologi, neurobiologi, dan lainnya.

Menjadi bagian dari Departemen Parasitologi

anakrantau-parasitologi-2.jpg
Sumber: mcgill.ca

Selain menawarkan program MSc, Departemen Parasitologi, McGill University juga menawarkan program PhD. Nah, supaya bisa menjadi bagian dari departemen ini, maka kamu harus memenuhi syarat minimum mendaftar sebagai mahasiswa master McGill University. Berikut merupakan beberapa persyaratannya:

  1. Kamu haruslah memiliki gelar sarjana di bidang biologi atau kedokteran. Tentunya, hal ini sangat dianjurkan karena studi parasitologi memang sudah menjadi salah satu pembahasan khusus di kedua bidang ilmu tersebut.
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.2 dari 4.0.
  3. Nah, bagi siswa Indonesia yang notabene tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional, maka kamu diwajibkan memiliki kompetensi berbahasa Inggris secara tertulis dan juga oral. Skor untuk kemampuan berbahasa Inggrismu haruslah mencapai nilai 577 untuk TOEFL PBT atau 90 untuk TOEFL ITP dengan skor tidak kurang dari 20 di masing-masing komponen.

Jenjang karir yang dapat dijalani

anakrantau-parasitologi-3.jpg
Sumber: youtube.com

Setelah kamu mengenyam pendidikan dengan fokus di bidang ini, kamu bisa memilih untuk menjadi seorang akademisi atau peneliti. Selain itu, kamu juga bisa berkarir di perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak di bidang bioteknologi dan juga farmasi. Bidang-bidang kesehatan, agrikultur, dan keamanan pangan pun juga bisa menjadi pilihanmu untuk memulai karir di bidang parasitologi.

Untuk penerimanaan Winter Term di McGill University, keseluruhan pendaftaran akan dibuka mulai dari 15 Februari tiap tahunnya. Jadi, kamu punya waktu yang cukup panjang untuk menyiapkan seluruh dokumen dan juga persyaratan yang diperlukan untuk berkuliah di departemen ini. Selamat mencoba, anak rantau!


Ingin mengetahui cerita lain di Montreal?