fbpx

Jurusan Selain Teknik yang Bisa Kamu Temukan di MIT

Massachusetts Institute of Technology memang terkenal sebagai universitas terbaik di dunia, khususnya di bidang teknik. Akan tetapi, apakah kamu tahu ada sejumlah jurusan selain teknik yang bisa kamu temukan di MIT? Kabar baiknya, jurusan-jurusan tersebut juga termasuk jurusan terbaik di dunia.

Penasaran apa saja jurusan selain teknik yang bisa kamu temukan di MIT? Berikut pembahasan lengkap dari kami.

Linguistik

Noam Chomsky. Profesor Emeritus Linguistik MIT. Sumber: tirto.id

Siapa sangka kalau jurusan linguistik dari MIT merupakan jurusan linguistik terbaik di dunia? Iya, salah satu jurusan di ilmu humaniora di MIT ini nyatanya bertengger di posisi pertama dalam QS World University Rankings by Subject 2020.

Ilmu linguistik merupakan ilmu tentang bahasa. Melalui ilmu satu ini, kamu akan memahami bagaimana bahasa manusia bekerja. Hal tersebut dapat kamu lakukan dengan memahami bentuk, makna, suara, gestur, perubahan, maupun peran bahasa dalam interaksi sosial.

Akuntansi

S.P. Kothari, Gordon Y. Billard Professor of Accounting and Finance MIT. Sumber: sec.gov

Berpikir untuk mendalami jurusan akuntansi, Kawan Rantau? Maka kamu bisa mempertimbangkan untuk kuliah jurusan satu ini di MIT. Pasalnya, jurusan akuntansi termasuk jurusan selain teknik di MIT yang memiliki reputasi baik.

Berada pada peringkat ke-2 dalam pemeringkatan QS, tentu membuat reputasi jurusan akuntansi MIT patut dipertimbangkan. Ya, posisi MIT hanya terpaut satu posisi saja dengan Harvard. Kemudian, hal ini membuktikan bahwa jurusan akuntansi MIT lebih baik daripada Stanford Universitty, London School of Economics and Political Science (LSE), dan University of Oxford.

Ilmu Ekonomi

Daron Acemoglu, Elizabeth and James Killian Professor of Economics MIT. Sumber: wikipedia.org

Sama seperti dengan akuntansi, ilmu ekonomi MIT juga termasuk jurusan ilmu ekonomi terbaik di dunia. Jurusan satu ini juga berhasil menduduki peringkat kedua dalam pemeringkatan QS.

Pada dasarnya, dengan mempelajari ilmu ekonomi di MIT, kamu bisa membuka kesempatan karir yang sangat luas. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan di bidang keuangan, perbankan, ataupun pemerintahan.

Ilmu satu ini merupakan ilmu mengenai tingkah laku manusia yang bertujuan untuk menemukan solusi demi meningkatkan kualitas hidup manusia.

Bisnis dan Manajemen

Carly Fiorina, lulusan MIT Sloan dan mantan CEO HP. Sumber: nytimes.com

Mengejar gelar MBA masih menjadi impian sebagian besar orang. Nah, jurusan bisnis dan manajemen dari MIT akan memberi kamu pengalaman yang berbeda. Menduduki posisi ke-4 dalam pemeringkatan QS, jurusan bisnis dan manajemen dari MIT tepat berada di bawah Harvard University, INSEAD, dan London Business School.

Para lulusan dari program MBA memiliki proyeksi karir yang cerah. Sebagian dari mereka bergabung dengan perusahaan-perusahaan besar seperti McKinsey, Amazon, BCG, Google, Micsoft, dan lainnya. Sedangkan, 10% dari jumlah lulusan memilih kembali ke perusahaan asalnya, dan 6% memilih memulai bisnisnya sendiri.

Sejumlah tokoh terkenal yang merupakan lulusan dari MIT Sloan adalah, Koffi Annan (mantan Sekretaris Jenderal PBB), Benjamin Netanyahu (Perdana Menteri Israel), Carly Fiorina (mantan CEO HP), Allan Mulally (mantan presiden Ford), dan John W. Thomson (pemimpin Microsoft).

Seni dan Desain

Neri Oxman, desainer dan profesor di MIT Media Lab. Sumber: nytimes.com

Jurusan selain teknik pilihan di MIT yang bisa kamu pilih adalah seni dan desain. Berdasarkan pemeringkatan QS, jurusan seni dan desain MIT berhasil menduduki posisi ke-5. Dengan pencapaian ini, membuktikan bahwa fakultas seni MIT siap bersaing dengan sekolah seni terbaik di dunia seperti Royal College of Art dan Parsons School of Design at The New School.

Meskipun MIT terkenal sebagai sekolah teknik, seni telah menjadi komponen dasar dalam kurikulum MIT. Setiap tahunnya, jurusan seni di MIT dangat diminati. Para staf pengajar dari fakultas seni MIT merupakan para tokoh di bidangnya, sebagai contoh ada Junot Diaz (pemenang penghargaan Pulitzer), komposer dan musisi Evan Ziporyn, hingga desainer Neri Oxman.

Dengan demikian, Kawan Rantau, ketika kamu memilih untuk kuliah MIT, tidak hanya jurusan teknik saja yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mempertimbangkan jurusan-jurusan di atas sebagai pilihan.

Baca juga pilihan kursus daring unik yang ada di MIT.

For Your Information

Apakah MIT merupakan sekolah khusus teknik?

Tidak, Kawan Rantau. Meskipun MIT dikenal akan jurusan tekniknya, banyak sekali jurusan selain teknik yang bereputasi di universitas ini.

Apa saja jurusan selain teknik di MIT yang bisa saya pilih?

Baca pembahasan kami melalui artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?