fbpx

Jurusan Ilmu Komputer yang Dibutuhkan di Berbagai Bidang

Laptop, tablet, atau smartphone merupakan peralatan yang dibuat oleh para ahli ilmu komputer. Tentunya, jurusan satu ini lambat laun menjadi salah satu jurusan yang paling diminati. Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor pendorongnya. Akan tetapi, apa sebetulnya yang dipelajari di jurusan ilmu komputer? Apa yang bisa kamu lakukan untuk bisa masuk jurusan ini? Baca pembahasan lengkap kami berikut ini.

Apa itu jurusan ilmu komputer?

Jurusan ilmu komputer
Sumber: petersons.com

Pada dasarnya, ilmu komputer merupakan bidang studi yang berhubungan dengan pondasi teoretis akan informasi dan komputasi, serta mengambil pendekatan ilmiah dan praktis dari komputasi dan penerapannya. Komputasi sendiri dapat diartikan sebagai berbagai jenis penghitungan atau penggunaan teknologi komputer yang mengikuti well-defined models dalam memproses informasi.

Sejumlah institusi pendidikan tinggi menggunakan Ilmu Komputer sebagai payung besar dari berbagai jurusan yang berhubungan dengan komputer dan teknologi. Kemudian, kamu juga bisa menemukan jurusan teknologi informasi (IT) menjadi bagian dari jurusan ini.

Apa yang akan dipelajari?

Ketika kamu melanjutkan studi Ilmu Komputer, maka kamu akan menyadari bahwa apa yang kamu pelajari akan berkembang sedikit demi sedikit. Mulanya, kamu akan terlebih dahulu mempelajari berbagai hal tentang teori komputasi, rekognisi pola, teori sistem dan jejaring, atau pembelajaran mesin.

Kamu juga bisa mempelajari bagaimana ilmu komputer modern sesuai dengan masyarakat sekarang, sejara dari ilmu ini, ataupun modul bisnis yang berada dalam konteks ilmu komputer. 

Selanjutnya, kamu akan mempelajari berbagai specialist dan transferable skills yang akan sangat berguna untuk karirmu. Beberapa contoh pembelajaran yang lebih kompleks akan berhubungan dengan struktur data, pola dan sinyal, teori kompleksitas, atau teknik produk perangkat lunak.

Pada tahun akhir, kamu akan diminta untuk menerapkan semua hal yang telah kamu pelajari menjadi suatu proyek akhir. Nah, ketika inilah kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari para profesional dari perusahaan dan lainnya.

Apa yang harus saya pelajari untuk masuk jurusan ilmu komputer?

Jurusan ilmu komputer
Sumber: twitter.com

Apabila kamu ingin melanjutkan studi di jurusan ini, maka kamu haruslah menjadi pribadi yang kreatif, rajin, dan juga kuat di bidang matematika. Kebanyakan universitas mengharapkan kandidat pelajar ilmu komputer memiliki nilai yang baik di teknologi informasi, komputer, fisika, ataupun matematika. Jadi, matematika menjadi salah satu prasyarat supaya kamu bisa mudah beradaptasi di urusan ini.

Kemudian, kemampuan lainnya yang diharapkan kamu miliki adalah, kemampuan menyelesaikan masalah, berpikir logis, serta kemampuan menghadapi tekanan. Tak lupa, kemampuan untuk bekerja sama juga dipertimbangkan.

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus?

Hampir seluruh bisnis di dunia ini bergantung pada komputer untuk menjalankan fungsi mereka. Otomatis, para ahli IT lah yang berperan. Setelah lulus, kamu bisa memilih untuk bekerja di departemen IT di perusahaan keuangan, kesehatan, manufaktur, maupun pemerintahan.

Akan tetapi, banyak juga para lulusan IT yang memutuskan untuk mendirikan bisnis mereka sendiri dan mengembangkan perangkat lunak untuk membuat aplikasi tertentu. Tentunya, kamu menyadari bukan, bahwa banyak sekali perusahaan startup yang didirikan. Nah, perusahaan-perusahaan startup ini sebagian besar sangat bergantung pada bidang teknologi dan komputer. Otomatis, lowongan pekerjaan bagi lulusan ilmu komputer semakin meluas.

Jurusan ilmu komputer terbaik di dunia

Supaya kamu bisa mengikuti jejak langkah dari Mark Zuckerberg, pendiri Facebook), dan Larry Page, CEO Google, maka kamu bisa memilih melanjutkan studi ilmu komputer di universitas-universitas berikut ini:

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat
  2. University of Oxford, Inggris
  3. EPFL, Swiss
  4. University of Toronto, Kanada
  5. National University of Singapore (NUS), Singapura
  6. Tsinghua University, China
  7. Hong Kong University of Science and Technology (HKUST), Hong Kong
  8. University of Tokyo, Jepang
  9. University of Melbourne, Australia
  10. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Korea Selatan

Dengan menjadi seorang lulusan ilmu komputer, maka kamu akan memiliki berbagai pemahaman di bidang pemrograman, komputasi, dan sistem lainnya. Jadi, jurusan ini sangatlah berguna bagi karir kamu ke depannya.

Baca juga mitos dan fakta soal jurusan STEM yang harus kamu tahu.

For Your Information

Apa itu jurusan ilmu komputer?

Pada dasarnya, ilmu komputer merupakan bidang studi yang berhubungan dengan pondasi teoretis akan informasi dan komputasi, serta mengambil pendekatan ilmiah dan praktis dari komputasi dan penerapannya.

Apa yang akan dipelajari di jurusan ilmu komputer?

Akan ada banyak hal yang bisa kamu pelajari, Kawan Rantau. Mulai dari pondasi teoretis mengenai informasi dan komputasi, hingga penerapan praktis penggunaan teknologi komputer.

Dimana jurusan ilmu komputer terbaik berada?

Kamu bisa menemukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?