fbpx

Ingin Kuliah di Singapura? Yuk, Kenali Jurusan Favorit yang Bisa Kamu Pilih

Singapura telah menjadi salah satu negara paling multikultur di dunia. Bagaimanapun, negara-kota ini merupakan tempat pertemuan berbagai kebudayaan dari berbagai daerah, mulai dari Melayu, China, hingga India. Apabila kamu tertarik untuk berkuliah di Singapura, berikut merupakan pembahasan mengenai jurusan-jurusan favorit di Singapura.

Teknik

jurusan favorit di singapura - teknik
Sumber: unsplash.com

Para lulusan di bidang teknik semakin banyak dibutuhkan. Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura, Yaacob Ibrahim menyatakan bahwa kemungkinan pekerjaan di bidang tech-engineering bisa mencapai 30.000 pada tahun 2020. Dengan demikian, para lulusan teknik menjadi lulusan yang mudah diserap di Singapura. Tak heran kalau jurusan teknik menjadi favorit para pelajar di Singapura.

Di sejumlah universitas swasta, kamu bisa menempuh gelar sarjana teknik dalam waktu yang lebih singkat. Kamu bisa menyelesaikannya dalam waktu 2 tahun saja.

Jurusan teknik di Singapura bisa membuka kesempatan para pelajar untuk mengembangkan minatnya di berbagai bidang, mulai dari teknik komputer, teknik elektro, teknik mesin, teknik biomedis, hingga teknik industri. Kamu bisa membaca ulasan kami berikut ini untuk mengetahui perbedaan dari masing-masing jenis jurusan teknik.

Ilmu Sosial dan Humaniora

Sumber: unsplash.com

Apabila kamu tertarik untuk memahami dan menganalisis fenomena sosial dan tingkah laku manusia, maka memilih jurusan ilmu sosial dan humaniora merupakan keputusan yang tepat. Dapat dibilang bahwa popularitas dari jurusan ini tidak kalah dari jurusan teknik.

Disiplin humaniora melingkupi banyak sekali jurusan, seperti linguistik dan sastra. Sedangkan, untuk ilmu sosial, jurusan seperti psikologi, ekonomi, jurnalistik, dan komunikasi menjadi beberapa jurusan yang patut kamu pertimbangkan.

Ilmu Alam dan Matematika

jurusan favorit di singapura - ilmu alam dan matematika
Sumber: unsplash.com

Apakah kamu menyukai bekerja dengan angka? Atau memahami proses alam menggunakan penalaran logis? Kalau iya, kamu harus mempertimbangkan untuk memilih jurusan ilmu alam dan matematikan. Peminatan dalam jurusan ini pun sangat beragam, mulai dari kimia, fisika, ilmu lingkungan, dan lainnya.

Singapura dikenal sebagai salah satu pusat pengembangan penelitian ilmiah yang sangat buat, termasuk di bidang kecerdasan artifisial. Maka dari itu, lulusan dari jurusan ini akan sangat dibutuhkan di perusahaan atau lembaga penelitian.

Administrasi Bisnis

Sumber: unsplash.com

Singapura dikenal sebagai salah satu pusat bisnis dunia. Negara ini pun disebut sebagai negara yang ramah terhadap para wirausaha dan pebisnis. Hal tersebut pada akhirnya ikut meningkatkan popularitas dari sekolah bisnis di Singapura.

Sejumlah sekolah bisnis yang bisa kamu pertimbangkan ketika berkuliah di Singapura adalah sebagai berikut:

  1. National University of Singapore
  2. Nanyang Technological University
  3. Singapore Management University
  4. Singapore Institute of Management

Akuntansi

jurusan favorit di singapura - akuntansi
Sumber: unsplash.com

Akuntan merupakan salah satu pekerjaan berpenghasilan tinggi di Singapura. Kemudian, kesempatan kerja di bidang ini cukup terbuk karena terdapat lebih dari 1.400 lowongan tiap tahunnya. Selain itu, 4 Firma akuntansi terbesar di kawasan memiliki markas pusat di Singapura.

Dengan demikian, jelas bahwa para lulusan akuntansi menjadi lulusan yang dicari di Singapura.

Nah, itulah sejumlah jurusan favorit yang ada di Singapura, Kawan Rantau. Apakah kamu berminat untuk mendaftar di salah satunya?

For Your Information

Mengapa Singapura menjadi jurusan favorit tujuan para pelajar di dunia?

Singapura telah menjadi salah satu negara paling multikultur di dunia. Kemudian, biaya perkuliahan di negeri Singa ini tidak setinggi di Amerika Serikat

Apakah saya bisa bekerja di Singapura setelah lulus kuliah di sana?

Kemungkinan tersebut sangat terbuka, Kawan Rantau.

Apa saja jurusan favorit yang ada di Singapura.

Baca jawaban lengkapnya dalam artikel yang satu ini

Ingin mengetahui cerita lain di Singapore?