fbpx

Informasi Perkuliahan di Perancis di Tengah COVID-19

Halo, Kawan Rantau! Apakah kamu berencana untuk melanjutkan studi di Perancis tahun ini? Maka, bacalah informasi terbaru mengenai perkuliahan di Perancis berikut ini. Mulai dari pembukaan kembali perbatasan hingga proses karantina yang harus kamu lakukan.

Rencana pembukaan perbatasan kembali

Jean-Yves Le Drian. Sumber: alarabiya.net

Berdasarkan kesepakatan antara Menteri Luar Negeri Perancis, Jean-Yves Le Drian dan Menteri Dalam Negeri, Christophe Castaner pada 12 Juni, Perancis akan mulai membuka kembali perbatasan pada 1 Juli.

Salah satu prioritas dari Pemerintah Perancis setelah perbatasan dibuka adalah menyilakan para pelajar internasional untuk masuk ke Perancis.

Hal ini pun ditegaskan oleh Kementerian Luar Negeri Perancis melalui akun Twitter mereka. Pihak Kementerian mengumumkan bahwa bagi siapa saja yang butuh ke Perancis untuk tujuan belajar, bisa mulai melakukannya pada 1 Juli.

Konsulat dan Kedutaan Besar Perancis akan mulai kembali memproses pengajuan visa dan izin tinggal para siswa. Dilansir dari pernyataan resmi, dinyakan bahwa, “….pelajar internasional akan diperbolehkan untuk berpergian ke Perancis, tak memandang asal negara mereka, dan prosedur visa akan difasilitasi. Pengajuan visa dan izin tinggal akan dijadikan prioritas.”

Pada dasarnya, Perancis telah mengangkat larangan bepergian di perbatasan Eropa. Jadi, para pelajar yang berasal dari Uni Eropa telah diperbolehkan masuk ke Perancis.

Apakah pelajar internasional perlu melakukan karantina mandiri?

Sumber: racgp.org.au

Well, untuk saat ini, belum ada petunjuk resmi mengenai apakah pelajar Internasional akan dikarantina selama 14 hari setelah masuk ke Perancis.

Akan tetapi, masa karantina kemungkinan tergantung dari mana pelajar tersebut berasal.

Bagi para pelajar yang berasal dari Uni Eropa, maka mereka akan dikecualikan dari masa karantina. Akan tetapi bagi mereka yang berasal dari Spanyol dan Inggris akan diminta untuk melakukan karantina mandiri.

Kamu sebagai pelajar dari Indonesia kemungkinan besar juga akan diminta untuk melakukan karantina mandiri setelah tiba di Perancis.

Menurut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Perancis, dinyatakan bahwa, “Sejalan dengan rekomendasi European Commision yang baru saja diumumkan, Perancis akan mulai membuka perbatasan eksternal wilayah Schengen mulai 1 Juli.

“Pembukaan perbatasan ini akan berlangsung secara bertahap dan berbeda-beda, tergantung dari kondisi kesehatan di negara ketiga. Selain itu, pembukaan perbatasan ini akan menyesuaikan dengan prosedur yang telah dikeluarkan.”

Demikianlah informasi terkini mengenai perkuliahan di Perancis, Kawan Rantau. Meskipun perbatasan telah dibuka kembali, silakan merujuk pengumuman dari universitas tujuanmu untuk mendapatkan informasi lebih lengkap apakah kamu perlu berangkat ke Perancis pada tahun 2020 ini.

Baca juga informasi perkuliahan di Amerika Serikat yang masih penuh tanda tanya.

For Your Information

Bagaimana kondisi terbaru dari Perancis di tengah COVID-19?

Pemerintah Perancis berencana membuka kembali perbatasan mereka pada 1 Juli 2020.

Apa dampaknya terhadap pelajar internasional?

Para pelajar internasional akan menjadi prioritas dari pemerintah Perancis.

Apakah saya bisa pergi ke Perancis tahun 2020 ini?

Informasi selengkapnya bisa kamu baca di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Bordeaux?