fbpx

Ikuti TOEFL dan GRE, Pilihan Tes IELTS di Rumah Telah Hadir

Tentu akibat COVID-19, banyak sekali pelaksanaan tes terstandar yang dibatalkan, mulai dari SAT dan ACT, TOEFL, GRE, atau bahkan ujian masuk Gaokao di China. Sejalan dengan tes TOEFL dan GRE yang menambahkan pilihan tes daring, akhirnya kamu juga bisa mengambil tes IELTS di rumah, Kawan Rantau. Pilihan ini hadir sebagai respons terhadap pandemi COVID-19.

Dikembangkan oleh British Council, IDP: IELTS Australia, dan Cambridge Assesment English, hasil tes IELTS menjadi penting bagi siswa yang ingin melanjutkan studi mereka di negara yang membutuhkan pembuktian kecapakan bahasa Inggris.

Kapan akan dilaksanakan?

Pelaksanaan tes IELTS di rumah
Sumber: suneducationgroup.com

Tes secara daring ini akan diluncurkan di negara-negara tempat tes IELTS dibatalkan. Pendaftaran tes akan mulai dibuka pada 22 April.

IELTS Indicator adalah tes daring yang dapat kamu ambil dengan nyaman dan aman di rumah,” ujar pihak penyelenggara.

“Tes ini akan tersedia untuk waktu terbatas selama tes IELTS sekarang ini dibatalkan karena COVID-19.”

Apa saja yang dinilai?

Pelaksanaan tes IELTS di rumah
Sumber: kompas.com

Indikator penilaian IELTS Indicator ini tidak akan berbeda dengan tes IELTS biasa. Masih akan ada sesi Listening, Reading, Writing, dan juga Speaking. Akan ada struktur waktu khusus per orang untuk melaksanakan tes ini.

Pihak penyelenggara meastikan bahwa tes akan berjalan secara terpercaya, adil, dan akurat. Pelaksanaan tes ini pun akan tetap menggunakan prosedur pelaksanaan IELST standar dengan penguji IELTS resmi.

“Nantinya, tes Speaking akan dilakukan melalui video call bersama dengan penguji profesional,” tambah pihak IELTS. Jadi, pada dasarnya pelaksanaan tes ini tidak akan berbeda dengan pelaksanaan tes biasa. Standar dan prosedur yang digunakan masih tetap sama.

Meskipun belum ada kepastian apakah persyaratan nilai IELTS ini akan digunakan pada tahun ini, tak ada salahnya apabila kamu tetap mencoba menjalani tes IELTS di rumah ini, Kawan Rantau.

Kalau kamu sendiri? Apa saja rencana studimu ke depan? Apakah COVID-19 telah mempengaruhi rencana yang kamu ambil? Jangan lupa tetap belajar untuk TOEFL. Kamu bisa mengambil kelas online Cakap supaya proses belajarmu bebas risiko.

For Your Information

Apa itu tes IELTS?

IELTS merupakan salah satu tes terstandar untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang yang bukan penutur asli.

Apa dampak COVID-19 terhadap pelaksanaan tes IELTS?

Pelaksanaan tes IELTS banyak yang dibatalkan.

Apa solusi yang ditawarkan?

Sekarang, kamu bisa mengambil tes IELTS secara daring di rumah. Informasi selengkapnya bisa kamu baca di artiel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?