fbpx

Dari HKUST hingga CityU, Berikut Daftar 5 Universitas Terbaik di Hong Kong

Pada tahun 2019, Hong Kong berhasil menduduki peringkat ke-10 dunia untuk kota ramah pelajar versi QS World University Rankings. Hal ini membuat Hong Kong menduduki posisi kedua di Asia setelah Tokyo. Yang harus kamu tahu, Kawan Rantau, di Hong Kong kamu bisa menemukan sejumlah universitas terbaik yang kualitasnya juga memuaskan.

Penasaran mana saja universitas yang masuk ke dalam daftar ini? Berikut pemaparan lengkap kami.

1. University of Hong Kong

Universitas terbaik di Hong Kong - University of Hong Kong
Sumber: linkedin.com

Peringkat pertama untuk universitas terbaik di Hong Kong berhasil diraih oleh University of Hong. Berdasarkan pemeringkatan QS, University of Hong Kong menduduki peringkat ke-22. Peringkat ini membuat University of Hong Kong bersaing dengan universitas terkemuka lainnya seperti Tsinghua University (China) maupun Nanyang Technological University (Singapura).

Pencapaian lainnya dari University of Hong Kong adalah berhasil menjadi salah satu universitas paling ramah pelajar internasional berdasarkan data yang dihimpun oleh Times Higher Education. Pada dasarnya, misi utama dari University of Hong Kong adalah untuk menjadi Asia’s Global University. Dalam misi tersebut, University of Hong Kong menginginkan 50% mahasiswanya memiliki dua kali kesempatan melakukan studi luar Hong Kong.

Telah berdiri sejak 1911, University of Hong Kong telah memiliki lebih dari 20.000 mahasiswa dan 8.000 di antaranya merupakan pelajar internasional.

Jurusan-jurusan terbaik yang dapat kamu temukan di University of Hong Kong adalah sebagai berikut:

  1. Kedokteran gigi
  2. Pendidikan
  3. Linguistik
  4. Geografi
  5. Arsitektur

2. Hong Kong University of Science and Technology (HKUST)

Sumber: commons.wikimedia.org

Universitas mudah paling berhasil di Hong Kong? Maka kamu tidak bisa begitu saja melupakan keberadaan dari HKUST. Telah berdiri sejak tahun 1989, HKUST hadir untuk berfokus pada pembangunan di Hong Kong. Diharapkan, nantinya para lulusan HKUST menjadi pemimpin di berbagai bidang, termasuk di bidang ekonomi, dan pengetahuan.

Dalam pemeringkatan QS, HKUST berhasil meraih peringkat ke-27 dan berhasil mengungguli University of Manchester (Inggris). Untuk di Kawasan Asia sendiri, berdasarkan pemeringkatan THE Asia University Ranking 2019, HKUST menduduki peringkat ke-5.

Jurusan-jurusan terbaik yang bisa kamu temukan di HKUST adalah sebagai berikut:

  1. Bisnis dan manajemen
  2. Teknik sipil dan struktural
  3. Akuntansi dan keuangan
  4. Teknik elektro
  5. Ilmu komputer dan sistem informasi

3. Chinese University of Hong Kong (CUHK)

Universitas terbaik di Hong Kong - CUHK
Sumber: elephant.com.hk

Sama seperti kedua universitas lainnya, CUHK hadir menjadi salah satu universitas terbaik di Hong Kong. Universitas ini telah berdiri sejak tahun 1963 dan memiliki misi untuk menggabungkan tradisi dengan modernitas.

Sekarang ini, CUHK memiliki kemitraan dengan lebih dari 270 institusi di lebih dari 30 negara. Hal ini pada akhirnya membuat CUHK termasuk universitas paling ramah terhadap keberadaan pelajar internasional.

Dalam pemeringkatan QS, CUHK berhasil menduduki peringkat ke-43 dunia. Sedangkan, dalam pemeringkatan di Hong Kong, CUHK berhasil menduduki peringkat ke-3.

Sejumlah jurusan terbaik di CUHK adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu komunikasi dan kajian media
  2. Geografi
  3. Keperawatan
  4. Modern Languages
  5. Filsafat

4. City University of Hong Kong (CityU)

Sumber: masonabroad.gmu.edu

CityU merupakan salah satu universitas yang terletak di tengah Kota Hong Kong. Institusi ini memiliki reputasi sebagai penghubung antara para akademisi dan praktisi dalam berbagai bidang untuk menghadapi tantangan global. Selama ini, CityU selalu berupaya untuk memberdayakan perubahan positif yang dapat tercipta.

Dalam pemeringkatan QS, CityU terpaut lima posisi dari CUHK, yakni di peringkat ke-48. Pencapaian ini tentu berharga bagi CityU karena ia berhasil masuk ke daftar 50 besar universitas terbaik dunia.

Jurusan-jurusan terbaik yang dapat kamu temukan di CityU adalah sebagai berikut:

  1. Kebijakan dan administrasi sosial
  2. Linguistik
  3. Komunikasi dan kajian media
  4. Bisnis dan manajemen
  5. Akuntansi dan keuangan

5. Hong Kong Polytechnic University (PolyU)

Universitas terbaik di Hong Kong - PolyU
Sumber: scmp.com

PolyU merupakan universitas negeri yang berlokasi di Hung Hom, Hong Kong. Universitas satu ini telah memiliki sejarah sejak tahun 1937. Kemudian, menjadi salah satu universitas yang didanai oleh pemerintah sejak tahun 1994.

Inovasi, kreativitas, dan kewirausahaan telah menjadi bagian paling penting dari PolyU. Selama berkuliah di sana, kamu bisa menjalani program internship dan pelatihan lainnya yang dapat membantu kamu mengembangkan kemampuan dan keahlian.

Berdasarkan pemeringkatan QS, PolyU berhasil menduduki peringkat ke-75. Alhasil, hal ini membuat PolyU menduduki peringkat ke-5 untuk universitas terbaik di Hong Kong.

Jurusan-jurusan terbaik yang ada di PolyU adalah sebagai berikut:

  1. Linguistik
  2. Keperawatan
  3. Arsitektur
  4. Manajemen pariwisata dan perhotelan
  5. Teknik sipil dan struktural

Demikianlah pembahasan kami mengenai daftar universitas terbaik di Hong Kong. Sebagai salah satu pusat pendidikan di Kawasan Asia, Hong Kong telah menjadi favorit para pelajar. Bahkan, banyak pelajar yang memilih Hong Kong karena biaya yang lebih murah dan kualitasnya yang menyamai universitas lainnya di Amerika maupun Eropa.

Kalau kamu ingin melanjutkan kuliah di Hong Kong, jangan lupa juga untuk mencari tahu biaya perkuliahan di sana. Hal ini tentunya akan membantu kamu mempertimbangkan pilihan yang terbaik untuk dirimu sendiri.

For Your Information

Mengapa Hong Kong diminati oleh para pelajar internasional?

Biaya yang lebih murah dan juga kualitas yang sepadan menjadi sejumlah alasan.

Apa saja universitas terbaik yang ada di Hong Kong?

Temukan jawaban lenkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Hong Kong?