fbpx

Daftar Lengkap Beasiswa Pilihan untuk Kuliah di Inggris

Inggris telah menjadi salah satu negara tujuan favorit para pelajar internasional, khususnya Indonesia. Hal ini disebabkan oleh keramahan Inggris terhadap pelajar internasional dan juga berbagai opsi beasiswa yang ditawarkan. Kali ini, kami akan membahas kumpulan daftar beasiswa pilihan bagi kamu yang ingin kuliah di Inggris. Simak baik-baik, ya!

Beasiswa pemerintah

Chevening

Chevening merupakan beasiswa populer bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di jenjang S2. Beasiswa ini diberikan oleh Pemerintah Inggris dan berlaku untuk satu tahun. Sejumlah hal akan terlingkup dalam beasiswa ini, mulai dari biaya perkuliahan, tunjangan hidup, tiket perjalan dari dan ke Inggris, biaya tesis, biaya visa, dan lainnya.

Yang pasti, beasiswa ini termasuk salah satu beasiswa paling kompetitif yang diincar oleh pelajar internasional dari seluruh dunia. 

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

Beasiswa lainnya

Beasiswa Ekstensi dari D3/D4

Beasiswa Ekstensi di University of Westminster
Sumber: mladiindo.eu

Beasiswa satu ini merupakan beasiswa alih jenjang yang ditawarkan untuk para lulusan S3 dan D4 untuk menempuh studi di University of Westminster. Cakupan dari beasiswa ini cukup luas, mulai dari biaya perkuliahan, akomodasi, biaya hidup, serta tunjangan transportasi. Kabar baiknya, beasiswa satu ini terbuka bagi seluruh jurusan di Westminster.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

Beasiswa S1

  1. Albukhary Undergraduate Scholarship, beasiswa S1 di University of Warwick

Albukhary Undergraduate Scholarship merupakan skema biasiswa yang diberikan oleh Albukhary Foundation. Yayasan asal Malaysia tersebut memiliki sejumlah universitas mitra, termasuk University of Warwick. Penerima beasiswa ini akan diseleksi berdasarkan pencapaian akademis serta kebutuhan finansial dari pelajar.

Besaran dana beasiswa yang diberikan mencapai £20.000 untuk tiga tahun.

Informasi selengkapnya dapat dibaca di sini.

  1. Denys Holland Scholarship, beasiswa S1 di University College London (UCL), Inggris

Denys Holland Scholarship merupakan skema beasiswa yang ditawarkan oleh UCL untuk mahasiswa S1. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa S1 yang mengalami kesulitan secara finansial. Dengan mendapatkan beasiswa ini, kamu berhak mendapatkan dana beasiswa sebesar £9.000 setiap tahunnya selama tiga tahun.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Electronic Engineering Creativity Scholarship, beasiswa Teknik Elektro di Royal Holloway
Sumber: thelawyerportal.com

Electronic Engineering Creativity Scholarship merupakan skema beasiswa S1 yang diberikan oleh Departemen Teknik Elektro dari Royal Holloway. Apabila kamu mendapatkan beasiswa ini, maka kamu berhak mendapatkan dana beasiswa sebesar £1.000 pada awal tahun perkuliahan.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. LSE Undergraduate Scholarship, beasiswa S1 di London School of Economics and Political Science (LSE)

Pada dasarnya, LSE Undergraduate Scholarship merupakan beasiswa S1 bagi pelajar internasional yang mengalami kesulitan finansial untuk membiayai pendidikan mereka. Jumlah pendaftar beasiswa ini sangatlah banyak, jadi tidak semua pendaftar bisa mendapatkan beasiswa ini.

Setidaknya, penerima beasiswa nantinya bisa mendapatkan dana beasiswa sebesar £6.000-15.000  per siswa.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Queen Mary Global Excellence Scholarship, beasiswa S1 STEM di Queen Mary University of London

Apabila kamu ingin mendalami jurusan STEM di Inggris, maka kamu bisa mencoba mendaftar Queen Mary Global Excellence Scholarship. Beasiswa ini merupakan skema beasiswa S1 yang diberikan untuk pelajar di Faculty of Science and Engineering.

Beasiswa ini terbuka bagi para pelajar internasional yang merupakan warga Uni Eropa. Nantinya, kamu bisa mendapatkan potongan biaya perkuliahan sebesar £2.000 pada tahun pertama perkuliahanmu.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Vice Chancellor’s Global Development Scholarship, beasiswa parsial di University of Portsmouth

Salah satu beasiswa yang masuk daftar beasiswa S1 dan S2 pilihan di Inggris adalah Vice Chancellor’s Global Development Scholarship. Beasiswa ini merupakan skema beasiswa yang diberikan oleh University of Portsmouth bagi pelajar internasional. Nantinya, penerima beasiswa akan mendapatkan potongan biaya perkuliahan pada tahun pertama sebesar £1.600.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Vice-Chancellor’s International Attainment Scholarship, beasiswa tuition fee di Queen’s University Belfast
Sumber: thetimes.co.uk

Setiap tahunnya, Queen’s University Belfast menawarkan beasiswa tuition fee bagi para pelajar internasional. Untuk mendapatkan beasiswa ini, maka kamu harus terlebih dahulu terdaftar sebagai mahasiswa program S1 penuh waktu di Queen’s. 

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Westminster Undergraduate Full Scholarship, beasiswa S1 di University of Westminster

Setiap tahunnya, University of Westminster membuka beasiswa penuh bagi mahasiswa internasional yang menempuh studi S1. Skema beasiswa ini terbuka untuk seluruh program yang ada di Westminster, mulai dari ekonomi dan bisnis, seni dan desain, hingga teknik.

Ketika kamu menerima beasiswa ini, maka kamu tidak hanya terbebaskan dari biaya perkuliahan, tapi juga mendapat tunjangan akomodasi, transportasi, dan biaya hidup bulanan. 

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

Beasiswa S2

  1. Aberdeen Global Scholarship, beasiswa S2 di University of Aberdeen

Aberdeen Global Scholarship merupakan skema beasiswa yang diberikan oleh University of Aberdeen. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa internasional di seluruh dunia. Nantinya, penerima beasiswa bisa mendapatkan potongan biaya perkuliahan sebesar £2.000. Bahkan, bagi pelajar asal Indonesia, kamu bisa mendapatkan tambahan potongan sebesar £1.000. Otomatis, total potongan keseluruhan yang bisa kamu dapatkan mencapai £3.000.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. ASEAN and Oceania Postgraduate Excellence Award, beasiswa S2 di University of Nottingham

ASEAN and Oceania Postgraduate Excellence Award adalah beasiswa tuition fee bagi mahasiswa S2 di University of Nottingham. Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar yang berasal dari Kawasan ASEAN dan Oseania. Apabila kamu mendapatkan beasiswa ini, maka kamu bisa mendapat potongan biaya perkuliahan sebesar £4.000.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Beasiswa Kedokteran di Swansea University
Sumber: swansea.ac.uk

Setiap tahunnya, Swansea University Medical School (SUMS) memberikan beasiswa S2 bagi para pelajar internasional yang menempuh studi kedokteran di Swansea. Beasiswa ini akan diberikan bagi para pelajar yang mengambil program Postgraduate Taught Master di Swansea.

Dengan mendapatkan beasiswa ini, maka kamu berhak untuk mendapatkan pengurangan biaya perkuliahan hingga 15%.

Informasi selengkapnya dapat kamu temukan di sini.

  1. Beasiswa Kesehatan dan Ilmu Terapan di University West England (UWE) Bristol

Beasiswa S2 di UWE Bristol merupakan skema beasiswa yang ditujukan bagi pelajar internasional, khususnya yang mengambil program studi di bidang kesehatan dan ilmu terapan. Apabila kamu mendapatkan beasiswa ini, maka kamu akan dibebaskan dari biaya perkuliahan sepenuhnya alias 100%. Beasiswa ini berlaku untuk satu tahun perkuliahan.

Informasi selengkapnya dapat kamu temukan di sini.

  1. Beasiswa Marshal Papworth, beasiswa S2 Agrikultur di Inggris

Beasiswa Marshal Papworth merupakan skema beasiswa yang diberikan bagi pelajar dari negara berkembang yang ingin menempuh studi di bidang agrikultur dan hortikultura. Beasiswa termasuk beasiswa penuh dan bekerja sama dengan sejumlah universitas di Inggris, seperti Harper Adams University, Cranfield University, Royal Agricultural University, dan University of Reading.

Informasi selengkapnya dapat kamu temukan di sini.

  1. Beasiswa MBA di Swansea University

Program MBA di Swansea University merupakan salah satu program yang istimewa di Swansea. Kali ini, School of Management dari Swansea University menawarkan beasiswa sebesar untuk sejumlah £5,000 (Rp88.654.887,-) mahasiswa.

Jumlah tersebut nantinya akan langsung dimasukkan sebagai pengurangan biaya perkuliahan MBA di Swansea.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Biomedical Engineering International Excellence Award, beasiswa S2 di University of Starthclyde
Sumber: studyabroad.shiksha.com

Biomedical Engineering International Excellence Award merupakan skema beasiswa S2 yang ditawarkan oleh University of Strathclyde. Sesuai dengan judulnya, maka jelas beasiswa ini ditujukan khusus bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studi MSc dan MRes di program Teknik Biomedis.

Apabila kamu mendapatkan beasiswa, maka kamu bisa terbebaskan dari biaya perkuliahan sebesar £4,000. 

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. CV Starr Scholarship, beasiswa S2 di London School of Economics and Political Science (LSE)

CV Starr Scholarship merupakan beasiswa yang diberikan oleh Starr Foundation sejak tahun 1955. Beasiswa ini ditujukan bagi para pelajar LSE yang menempuh taught master’s programme di jurusan apapun. Indonesia menjadi salah satu negara prioritas untuk beasiswa ini.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Gates Cambridge Scholarship, beasiswa S2 dan PhD di University of Cambridge

Gates Cambridge Scholarship merupakan skema beasiswa yang diberikan oleh Bill and Melinda Gates Foundation melalui University of Cambridge. Beasiswa ini terbuka bagi seluruh pelajar yang ingin menempuh studi S2 atau PhD di Cambridge.

Penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan sejumlah keuntungan, mulai dari pembebasan biaya perkuliahan, uang saku per tahun, biaya transportasi, dan juga biaya visa dan imigrasi.

Informasi selengkapnya dapat kamu temukan di sini.

  1. Global Health & Social Medicine Postgraduate Scholarship, beasiswa S2 kesehatan di King’s College London

Setiap tahunnya, Department of Global Health & Social Medicine (GHSM) menawarkan beasiswa S2 senilai £9.900 untuk mahasiswa penuh waktu di fakultas tersebut. Sejumlah program yang ditawarkan oleh GHSM adalah sebagai berikut, Bioethics and Society, Gerontology and Ageing, dan Global Health and Social Justice.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Health in Urban Development (HUD) Scholarship, beasiswa S2 kesehatan di University College London (UCL)
Daftar beasiswa di Inggris -  Beasiswa S2 di UCL
Sumber: ucl.ac.uk

Development Planning Unit (DPU) dari UCL menawarkan skema beasiswa HUD Scholarship. Skema beasiswa tersebut bertujuan untuk mendukung para kandidat mahasiswa S2 bertalenta dalam program Health in Urban Development.

Penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan dana sebesar £10,000 (Rp178.997.390,-). dan langsung digunakan untuk pemotongan biaya perkuliahan.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. IEO-ISH Centenary Taught Master’s Scholarship, beasiswa S2 di University College London (UCL)

IEO-ISH Centenary Taught Masters Scholarship merupakan skema beasiswa S2 di UCL. Beasiswa ini merupakan hasil kerja sama antara International Students House (ISH) dan UCL Institute of Education.

Nantinya, ISH akan menyediakan akomodasi bagi penerima beasiswa. Sedangkan, IOE akan menanggung biaya perkuliahan.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. School of Psychology International Masters Scholarship, beasiswa S2 Psikologi di University of Leeds

Setiap tahunnya, University of Leeds menawarkan beasiswa perkuliahan bagi pelajar lokal maupun internasional. Melalui School of Psychology International Masters Scholarship, kamu bisa mendapat kesempatan untuk kuliah S2 Psikologi dengan beasiswa. Apabila kamu mendapat beasiswa ini, maka kamu bisa mendapat dana beasiswa sebesar £2.000.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. ULMS Southeast Asia Excellence Scholarship, beasiswa S2 parsial di University of Liverpool
Daftar beasiswa di Inggris - ULMS Souheas Asia Excellence Scholarship
Sumber: royce.ac.uk

ULMS Southeast Asia Excellence Scholarship merupakan beasiswa bagi para pelajar internasional di University of Liverpool. Uniknya, beasiswa ini ditujukan khusus untuk para pelajar yang berasal dari Kawasan Asia Tenggara.

Sebagai beasiswa parsial, maka hal yang bisa kamu dapatkan dari beasiswa ini adalah potongan biaya perkuliahan hingga 50%.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Weidenfeld-Hoffmann Scholarship, beasiswa S2 di University of Oxford

Beasiswa satu ini pada dasarnya merupakan bagian dari Oxford Graduate Scholarships. Dengan mendapatkan beasiswa ini, maka kamu akan terbebas dari biaya perkuliahan 100%. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tunjangan sebesar £15.000. Beasiswa ini terbuka untuk program S2 di University of Oxford. Satu-satunya program sarjana yang termasuk ke dalam skema beasiswa ini adalah program BCL Bachelor of Civil Law.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

Beasiswa S3/PhD

  1. Beasiswa PhD Artificial Intelligence (AI) di City University of London

Departemen Ilmu Komputer dari City University of London menawarkan dua beasiswa penuh waktu yang mengambil jenjang doktoral di universitas tersebut. Beasiswa ini dikhususkan bagi para mahasiswa yang ingin mendalami penelitian di bidang AI.

Apabila kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini, maka kamu bisa mendapatkan dana beasiswa sebesar  £18,000 per tahun, pembebasan biaya perkuliahan, dan biaya transportasi.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Beasiswa PhD Seni dan Ilmu Sosial di Lancaster University
Daftar beasiswa di Inggris - Beasiswa PhD seni dan Ilmu sosial di Lancaster University
Sumber: ilwindia.com

Beasiswa PhD di Lancaster University ini termasuk sebagai beasiswa fully-funded. Dikhususkan untuk mahasiswa PhD di Faculty of Arts and Social Science, beasiswa ini terdiri dari pembebasan biaya perkuliahan dan tunjangan setiap tahun sebesar £18,000 per tahun.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Bonamy Dobree, beasiswa S3 Fully-funded di University of Leeds

Bonamy Dobree merupakan satu dari sekian beasiswa di daftar beasiswa di Inggris ini yang menawarkan beasiswa S3 fully-funded. Beasiswa Bonamy Dobree ini memang ditujukan khusus bagi pelajar internasional yang menempuh studi S3 di Leeds. Dana beasiswa yang bisa didapatkan mendapat  £12,000 untuk masa studi selama tiga tahun.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Doctoral College PhD Scholarship, beasiswa PhD di De Montfort University Leicester

Doctoral College PhD Scholarship merupakan beasiswa PhD fully-funded yang diberikan setiap tahun. Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar lokal maupun internasional. Nantinya, penerima beasiswa akan mendapatkan dana beasiswa sebesar £15.009 per tahunnya. Jumlah tersebut setara dengan Rp268 juta.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Edinburgh Global Research Scholarship, beasiswa PhD di University of Edinburgh

Setiap tahunnya, University of Edinburgh mengeluarkan skema beasiswa Edinburgh Global Research Scholarship. Beasiswa ini terdiri dari beasiswa pembebasan biaya perkuliahan bagi mahasiswa PhD di Edinburgh dan berlaku selama tiga tahun.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Global St. Andrews Scholarship, beasiswa PhD Ilmu Komputer di University of St. Andrews (Inggris) dan University of Victoria (Kanada)
Daftar beasiswa di Inggris - Global St. Andrew's Scholarship
Sumber: commonapp.org

Global St. Andrews Scholarship diberikan oleh St. Leonard’s Postgraduate College. Dengan mendapatkan beasiswa ini, maka kamu bisa berkuliah secara gratis di School of Computer Science di University of St. Andrews. Uniknya, beasiswa ini merupakan beasiswa untuk program jointly-supervised antara University of St. Andrews dan University of Victoria.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

  1. Presidential Postgraduate Research Scholarship, beasiswa pascasarjana di University of Southampton

Setiap tahunnya, University of Southampton memberikan beasiswa pascasarjana fully funded bagi para mahasiswa internasional. Beasiswa satu ini dikelola langsung oleh Doctoral College. Berbagai program ditawarkan untuk skema beasiswa satu ini.

Sejumlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila mendapatkan beasiswa ini adalah, pembebasan biaya perkuliahan, tunjangan hidup, serta dana pelatihan penelitian.

Informasi selengkapnya dapat kamu baca di sini.

Pada dasarnya, tidak semua jenis beasiswa masuk ke dalam daftar beasiswa pilihan yang ada di Inggris ini, Kawan Rantau. Akan tetapi, setidaknya daftar beasiswa ini akan memudahkanmu dalam mencari beasiswa yang kamu inginkan.

Baca juga daftar beasiswa pilihan yang ada di Australia.

For Your Information

Apa saja beasiswa yang ada di Inggris?

Tentu sangat banyak, Kawan Rantau. Sejumlah beasiswa pilihan di Inggris dapat kamu temukan di artikel ini.

Apakah ada beasiswa untuk ekstensi D3/D4 ke S1 di Inggris?

Ada, Kawan Rantau. Salah satunya adalah beasiswa yang diberikan oleh University of Westminster.

Ingin mengetahui cerita lain di Cambridge?