fbpx

Daftar Beasiswa yang Bisa Kamu Daftar Pada Bulan Agustus 2020

Daftar beasiswa Agustus kali ini membuatmu harus memperhatikan kembali kelengkapan berkas. Kuliah ke luar negeri masih menjadi impian prestisius, apalagi dengan beasiswa. Jika kamu sedang melamar beasiswa ke luar negeri, maka perhatikan tenggat waktu seleksi. Dengan mengikuti persyaratan, maka kemungkinan lolos ke tahap selanjutnya akan semakin besar.

Mumpung masih di rumah saja, sepertinya kamu memiliki banyak waktu untuk mengoreksi kembali berkas-berkas yang akan dikirimkan saat pendaftaran beasiswa. Apa saja beasiswa yang dibuka atau berakhir pada Agustus 2020?

Agustus

International Graduate Student Scholarship (IGGS), beasiswa S2 di Universiti Putra Malaysia, Malaysia

Sumber: btu.upm.edu.my

IGGS merupakan skema beasiswa S2 di Universiti Putra Malaysia yang dikhususkan bagi pelajar internasional. Beasiswa ini diberikan pada para pelajar yang memiliki pencapaian akademik baik yang berasal dari negara-negara di Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Tengah, Timur-Tengah, dan Afrika.

Dengan mendapatkan beasiswa ini, maka kamu berhak mendapatkan keringanan biaya perkuliahan hingga 30%.

Salah satu dokumen penting yang harus kamu siapkan untuk mendaftar beasiswa ini adalah proposal penelitian yang sesuai dengan prioritas UPM.

Informasi lebih lengkap mengenai beasiswa ini dapat kamu baca di sini.

1 Agustus

IWC Scholarships, beasiswa S2 Catchment Science di Griffith University, Australia

Sumber: teanabroad.org

International Water Centre (IWC) bekerja sama dengan Griffith University menawarkan beasiswa parsial bagi para mahasiswa yang ingin menempuh S2 di bidang Catchment Science. Catchment Science sendiri merupakan ilmu perairan. Secara lengkap, ilmu satu ini dapat diartikan menjadi kajian mengenai hubungan antara lanskap fisik, ekosistem, dan aktivitas manusia yang berpengaruh terhadap daerah tangkapan air.

Nilai dari beasiswa ini mencapai AU$56.000 atau setara dengan Rp551.245.856,-.

Informasi selengkapnya dapat kamu temukan di sini.

2 Agustus

Beasiswa PhD di Edith Cowan University, Australia

Sumber: edithcowancollege.edu.au

Daftar beasiswa Agustus selanjutnya yaitu Edith Cowan University (ECU) merupakan universitas negeri yang terletak di Perth, Australia. Kali ini, ECU bekerja sama dengan Australian Engineered Fasteners and Anchors Councils (AEFAC) membuka kesempatan beasiswa PhD di bidang penggunaan sistem pengunci canggih dalam aplikasi keselamatan kritis.

Dengan mendapatkan beasiswa ini, maka kamu berhak mendapatkan dana beasiswa sebesar AUD $28.420 per tahun selama 3.5 tahun (setara dengan Rp286.755.334,-). Kemudian, kamu juga akan mendapatkan dana untuk pembayaran kuliah dan juga asuransi kesehatan.

Informasi selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Graduate School of System Design and Management, Keio University- Jepang

Keio University
Sumber: Flickr

Keio University membuka kesempatan untuk yang berminat melanjutkan studi ke jennjang S2 di bidang System Design and Management. Pendaftaran beasiswa penuh ini dibuka hingga 2 Agustus 2020. Sudah melengkapi berkasnya, belum? Berikut daftar berkas beasiswa yang harus kamu lihat:

  • CV (tulis “Aplikasi untuk masuk Program Magister” di kanan atas CV. Latar belakang pendidikan harus termasuk dari sekolah dasar.)
  • Sertifikat kelulusan/ijazah, dan transkrip akademik resmi dari sekolah atau institusi terakhir sebagai tempat belajar.
  • Resume di bidang profesional (riwayat pekerjaan)
  • Daftar pencapaian
  • Bahan referensi yang relevan dengan kinerja kamu (makalah asli, laporan penelitian, buku yang ditulis, hak cipta, dll) dan memiliki keterampilan akademik.

Jika masih mendalami kesempatan ini untuk di lain waktu, maka ada 3 program yang dapat kamu pilih berdasarkan kriteria umum:

1. Research-Intensive Course untuk Penerimaan Umum

Program ini ditujukan untuk siswa / lulusan universitas Jepang atau asing serta orang dewasa yang bekerja dengan kurang dari tiga tahun pengalaman kerja.

2. Research-Intensive Course untuk Penerimaan Profesional Karier

Program ini dibuat untuk pelamar yang memiliki tiga tahun atau lebih pengalaman kerja di perusahaan atau organisasi pemerintah di Jepang atau di luar negeri setelah lulus dari sarjana atau sekolah pascasarjana. Penerima program ini akan menjalani matrikulasi.

3. Learning-Intensive Course untuk Penerimaan Profesional Karier

Program ini ditujukan untuk pelamar dengan spesialisasi yang cukup dan memiliki tiga tahun atau lebih pengalaman kerja di perusahaan atau organisasi pemerintah di Jepang atau di luar negeri setelah lulus dari sarjana atau sekolah pascasarjana. Penerima program ini akan menjalani matrikulasi.

Kamu dapat membaca informasi lebih lengkap melalui PDF ini.

7 Agustus

Beasiswa AGRTPS untuk kuliah di Flinders University, Australia

Sumber: http://www.flinders.edu.au

Australian Government Research Training Program Scholarships (AGRTPS) membuka pendaftaran beasiswa Agustus dan merupakan skema beasiswa untuk mendukung para pelajar internasional untuk melanjutkan studi di Flinders University. 

Penerima beasiswa AGRPTS akan mendapatkan keuntungan berupa pembebasan biaya perkuliahan, tunjangan bulanan hingga  AU$28.092,- atau setara dengan Rp275.912.910,-., dan juga asuransi kesehatan.

Sesuai dengan judulnya, maka beasiswa ini ditujukan bagi para pelajar yang ingin menmpuj program Research Doctorate selama tiga tahun atau program Research Master selama dua tahun.

Informasi selengkapnya dapat kamu temukan di sini.

9 Agustus

Beasiswa PhD bidang Artificial Intelligence (AI) di City University of London, Inggris

Sumber: scholarshipsads.com

Departemen Ilmu Komputer dari City University of London, Inggris menawarkan dua beasiswa penuh bagi mahasiswa jenjang doktoral yang ingin mendalami penelitian di bidang AI. Berhubung beasiswa ini termasuk biaya penuh, maka kamu akan dibebaskan dari biaya perkuliahan. Lalu, kamu juga berhak mendapatkan uang saku sebesar £18.000 per tahun.

Untuk bisa mendaftar beasiswa pada Agustus ini, maka setidaknya kamu harus memiliki gelar S2 di bidang ilmu komputer atau kecerdasan artifisial.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung melihat penjelasannya di sini.

Beasiswa Unggulan Pegawai Kemdikbud

Sumber: Pexels

Selain LPDP, beasiswa Kemdikbud ini juga populer di kalangan mahasiswa S1, S2, dan S3 dan selalu dibuka setiap pertengahan tahun. Tahun ini dibuka sekitar Juni hingga 9 Agustus 2020. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan putra-putri terbaik bangsa Indonesia. Kamu tidak perlu khawatir tidak kebagian kesempatan karena program ini memiliki 18 prioritas bidang keilmuan Beasiswa Unggulan (NAWACITA).

Beasiswa unggulan khusus pegawai Kemdikbud memberikan bantuan dana pendidikan S2 dan doktor hingga kuliah ke luar negeri. Supaya peluang lolos semakin besar, maka peserta harus memenuhi syarat minimal IELTS sebesar 6.5. Lalu, pelamar harus menyertakan LoA saat pendaftaran. Selain itu, batasan usia maksimal 37 tahun untuk pelamar S2 dan 40 tahun untuk pelamar doktor.

Informasi selengkapnya dapat kamu lihat di situs resmi Beasiswa Unggulan Kemdikbud.

14 Agustus

AUN-Disability and Public Policy (AUN-DPPnet), beasiswa penyandang disabilitas di ASEAN

Sumber: AICHR

Bagi para penyandang disabilitas yang ingin melanjutkan pendidikan di salah satu kampus AUN, maka kamu bisa memanfaatkan beasiswa AUN-DPPnet. Yap, AUN-DPPnet hadir untuk mendukung para penyandang disabilitas untuk menempuh pendidikan pascasarjana.

Salah satu universitas mitra dalam program ini adalah Universiti Malaya yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Untuk beasiswa ini, Universiti Malaya secara finansial didukung oleh Nippon Foundation, Jepang.

Dengan mendapatkan beasiswa ini, kamu bisa mendapatkan uang saku hingga US$700 per bulan. Tentunya, biaya perkuliahan juga dibebaskan.

Informasi selengkapnya mengenai daftar beasiswa Agustus ini dapat kamu baca di sini.

23 Agustus

Beasiswa PhD Sejarah di Maastricht University, Belanda

Sumber: linkedin.com

Pada dasarnya, beasiswa PhD ini merupakan hasil kerja sama antara Centre for the Social History of Limburg (SHCL) dan Centre for the Regional History of Limburg (RHCL), dengan departemen Sejarah di Faculty of Arts and Social Sciences, Maastricht University. Beasiswa ini ditujukan bagi para peneliti muda yang tertarik menempuh PhD di bidang sejarah kontemporer.

Isu yang diangkat untuk proyek beasiswa ini adalah mengenai sejarah pertambangan transnasional. Pada titik ini, para peneliti ingin mengkaji lebih lanjut mengenai sejarah perubahan sosial, budaya, ekonomi, teknis, dan lingkungan yang terdampak dari eksploitasi sumber daya energi yang masif.

Baca informasi selengkapnya di sini.

30 Agustus

International Master’s Fellowships (Wellcome Foundation) – Inggris

Sumber: Pexels

Daftar beasiswa Agustus yang pertama ini akan membawamu kuliah gratis di Inggris. Program beasiswa ini menawarkan kesempatan bagi masyarakat dari negara index ekonomi kelas rendah dan menengah untuk sekolah magister Sains (MSc), salah satunya Indonesia. Pendaftaran beasiswa ini dibuka sebanyak 2 kali dalam 1 tahun. Pendaftaran gelombang pertama dibuka hingga 30 Agustus 2020 dan kedua dibuka 1 September hingga November 2020.

Cakupan beasiswa S2 ini cukup membuat kamu hidup tenang selama merantau, yaitu £ 120.000 (sekitar 2.237.055.904) dan sudah termasuk gaji, uang beasiswa, biaya dan biaya penelitian. Pendanaan berdurasi 30 bulan dengan pembagian 12 bulan saat kuliah Master dan 18 bulan untuk penelitian. Pelamar harus menyerahkan konsep penelitian saat mendaftar beasiswa.

31 Agustus

AVIS+ Scholarship, Beasiswa S1 Teknologi Informasi di Posts and Telecommunications Institute of Technology (PTIT), Vietnam

Sumber: Korea Bizwire

Daftar beasiswa Agustus selanjutnya ialah ASEAN-Vietnam ICT Scholarship (AVIS+ Scholarship) merupakan skema beasiswa hasil inisiatif dari Kementerian Informasi dan Komunikasi Vietnam. Beasiswa ini ditujukan untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia di negara-negara ASEAN dan Korea Selatan serta Jepang, di bidang Teknologi Informasi.

Melalui beasiswa ini, maka kamu berhak menempuh studi S1 secara gratis selama empat tahun di PTIT, Vietnam. Kabar baiknya, bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Beasiswa ini termasuk beasiswa fully funded. Dengan mendapatkan beasiswa ini, maka kamu akan dibebaskan dari biaya perkuliahan dan juga mendapatkan uang saku hingga Rp 6 juta per bulan.

Informasi selengkapnya dapat kamu temukan di sini.

Beasiswa S1 Ilmu Sosial di Education University of Hong Kong, Hong Kong

Sumber: Education University of Hong Kong

Setiap tahunnya, Education University of Hong Kong menawarkan berbagai beasiswa, baik untuk program S1 maupun lainnya. Bagi kamu yang tertarik untuk mengambil jurusan Greater China Studies, maka kamu bisa mendaftar Entrance Scholarship berikut ini.

Dengan mendapatkan beasiswa ini, kamu bisa mendapatkan dana beasiswa sebesar HK$112.500, atau setara dengan Rp209.653.537,-.

Salah satu hal yang harus kamu ketahui, beasiswa ini hanya berlaku bagi para pelajar yang menempuh gelar Bachelor of Social Science. Sedangkan, bagi mereka yang menempuh gelar Bachelor of Social Science Education, tidak dapat mendaftar beasiswa ini.

Informasi selengkapnya dapat kamu temukan di sini.

Biomedical Engineering International Excellence Award, beasiswa S2 di University of Strathclyde, Inggris

Sumber: strath.ac.uk

Beasiswa satu ini merupakan beasiswa S2 yang ditawarkan oleh University of Strathclyde bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studi MSc dan Mres di bidang Teknik Biomedis. University of Strathclyde sendiri merupakan salah satu universitas negeri yang terletak di Glasgow, Skotlandia.

Apabila kamu mendapatkan beasiswa ini, maka kamu akan mendapatkan bantuan perkuliahan sebesar £4,000.

Informasi selengkapnya mengenai beasiswa ini dapat kamu baca di sini.

Itulah beberapa daftar beasiswa Agustus yang dapat kamu ikuti tahun ini. Bagaimana, apakah kamu sudah menyiapkan segala kebutuhan seleksi? Tidak ada kata berhenti bermimpi untuk dapat kuliah ke luar negeri gratis dengan beasiswa. Jangan merasa santai hingga kamu dinyatakan lolos seluruh seleksi. Selamat berjuang!

Bagikan informasi ini ke kawan terdekatmu, ya!

Apa saja beasiswa yang berakhir pada Agustus 2020?

International Master’s Fellowship (Wellcome Foundation) Inggris, Graduate School of System Design and Management, Keio University- Jepang, dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemdikbud

Apa itu International Master’s Fellowships (Wellcome Foundation)- Inggris?

Program beasiswa ini menawarkan kesempatan bagi masyarakat dari negara index ekonomi kelas rendah dan menengah untuk sekolah magister Sains (MSc), salah satunya Indonesia. Pendaftaran beasiswa ini dibuka sebanyak 2 kali dalam 1 tahun.

Apakah PNS dapat kuliah ke luar negeri?

Bisa. Beasiswa unggulan khusus pegawai Kemdikbud memberikan bantuan dana pendidikan S2 dan doktor hingga kuliah ke luar negeri.

Apa saja beasiswa yang dibuka pada Agustus 2020?

Informasi beasiswa yang tersedia cukup beragam, mulai dari negara-negara Asia Timur, Asia Tenggara, hingga Eropa.

Dapatkah penyandang disabilitas pergi belajar ke luar negeri?

Tidak ada yang tidak mungkin selama ada tekad. Bagi para penyandang disabilitas yang ingin melanjutkan pendidikan di salah satu kampus AUN, maka kamu bisa memanfaatkan beasiswa AUN-DPPnet untuk menempuh pendidikan pascasarjana.

Ingin mengetahui cerita lain di Adelaide?