fbpx

Daftar 5 Universitas Terbaik China dalam Hasilkan Lulusan Siap Kerja

Dewasa ini, China telah menjadi salah satu pusat pendidikan tinggi di Asia. Berbagai pilihan program studi pun ditawarkan untuk menarik minat para pelajar. Biaya perkuliahan yang relatif lebih terjangkau dibandingkan di Amerika dan Eropa, membuat popularitas China semakin meningkat. Kali ini, kami akan membahas daftar 5 universitas terbaik China dalam hasilkan lulusan siap kerja.

1. Tsinghua University

Sumber: xinhuanet.com

Berdasarkan pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings 2020, Tsinghua University berhasil menduduki peringkat ke-6 dunia. Hal ini membuat Tsinghua resmi menjadi universitas terbaik di China dalam hasilkan lulusan siap kerja.

Pencapaian dari Tsinghua University ini patut diacungi jempol karena berhasil mengungguli sejumlah universitas unggulan di dunia seperti University of Cambridge dan University of Oxford.

Sejak tahun 1988, Tsinghua University mendirikan Career Development Center yang berfungsi untuk memberikan pembekalan terhadap mahasiswa mengenai dunia karir. Pada tahun 2012, Career Development Center Tsinghua dianugerahi gelar sebagai “National Advanced Unit for Student Employment”  oleh Pemerintah China.

Sejumlah jurusan terbaik yang bisa kamu temukan di Tsinghua adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu material
  2. Ilmu lingkungan
  3. Teknik sipil dan struktural
  4. Arsitektur
  5. Teknik kimia

2. Peking University

Sumber: en.people.cn

Tepat berada di peringkat kedua, terdapat Peking University yang menduduki peringkat ke-19 dunia. Dengan demikian, Tsinghua dan Peking University merupakan dua universitas China yang berhasil masuk jajaran 20 besar.

Salah satu keunikan dari Peking University adalah, setiap fakultas memiliki pusat pengembangan karir masing-masing. Hal ini menuntun kepada pemaksimalan pelayanan karir sesuai dengan bidang yang ada.

Pusat pengembangan karir dari Peking University berfungsi sebagai jembatan antara para pelajar dengan pihak perusahaan yang potensial. Kemudian, layanan yang diberikan pun cukup beragam. Mulai dari pendampingan, hingga kemitraan dengan industri terkait.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di Peking University adalah sebagai berikut:

  1. Modern languages
  2. Fisika dan astronomi
  3. Ilmu material
  4. Geografi
  5. Ilmu lingkungan

3. Fudan University 

Sumber: chinadaily.com.cn

Berdasarkan pemeringkatan QS, Fudan University berhasil menduduki peringkat ke-29 dunia dan menjadi universitas terbaik ketiga di China.

Pada dasarnya, Fudan University merupakan salah satu universitas riset negeri terbaik di Shanghai, China. Universitas ini dikenal sebagai salah satu universitas paling prestisius dan selektif di China.

Untuk mendukung pengajaran dan penelitian yang ada, Fudan University menjalin komunikasi dan kerja sama dengan berbagai institusi yang ada di dunia. Hal ini membuat para siswa bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukan riset atau melanjutkan karir mereka di bidang internasional

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di Fudan University adalah sebagai berikut:

  1. Kimia
  2. Modern Languages
  3. Ilmu material
  4. Ilmu politik
  5. Sosiologi

4. Zhejiang University

Sumber: ww.zju.edu.cn

Masih berada dalam daftar 50 besar dunia, terdapat Zhejiang University yang menempati peringkat ke-35. Universitas yang berada di Hangzhou, ibu kota dari Provinsi Zhejiang ini, merupakan bagian dari kelompok elit C9 League. Didirikan sejak tahun 1897, Zhejiang University dikenal sebagai universitas tertua di China.

Wu Zhaohui selaku rektor dari Zhejiang University hadir sebagai tempat untuk mendidik para pemimpin dan inovator dunia. Hal ini sebagai hasil tuntutan dunia yang lebih terhubung satu sama lain. Kemudian, Zhejiang University selalu berupaya untuk mengartikan pengetahuan dan proses kreatif yang ada supaya dapat dimanfaatkan oleh komunitas yang lebih luas.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di Zhejiang University adalah sebagai berikut:

  1. Kimia
  2. Teknik elektro
  3. Ilmu lingkungan
  4. Ilmu material
  5. Akuntansi

5. Shanghai Jiao Tong University

Sumber: en.sjtu.edu.cn

Universitas terakhir yang termasuk ke dalam daftar ini adalah Shanghai Jiao Tong University. Universitas yang terletak di Shanghai ini menduduki peringkat ke-43 dunia. Hal ini menjadikan lima universitas di China berhasil masuk ke dalam daftar 50 besar dunia.

Sebagai universitas yang berada di Shanghai, Shanghai Jiao Tong University tepat berada di pusat perekonomian China. Hal ini akan memudahkan para lulusan Shanghai Jiao Tong untuk membuka jalan karir mereka. Kemudian, universitas satu ini juga telah menjalin kemitraan dengan berbagai institusi.

Sejumlah jurusan terbaik yang ada di Shanghai Jiao Tong University adalah sebagai berikut:

  1. Teknik mesin
  2. Teknik sipil
  3. Ilmu material
  4. Ilmu komputer dan sistem informasi
  5. Akuntansi

Selain kelima universitas di atas, universitas pilihan yang dapat kamu pilih adalah Wuhan University dan Huazhong University of Science and Technology. Pada dasarnya, penilaian dari QS World University Rankings dan QS Graduate Employability Rankings memiliki banyak perbedaan. Maka dari itu, tidak ada jaminan bahwa peringkat yang didapat di World Ranking akan berbanding lurus di Graduate Employability.

Baca juga panduan lengkap beasiswa Pemerintah China (CGS) untuk kuliah gratis di China.

For Your Information

Mengapa China menjadi favorit pelajar?

Dewasa ini, China telah menjadi salah satu pusat pendidikan tinggi di Asia. Berbagai pilihan program studi pun ditawarkan untuk menarik minat para pelajar. Biaya perkuliahan yang relatif lebih terjangkau dibandingkan di Amerika dan Eropa, membuat popularitas China semakin meningkat.

Universitas mana saja di China yang hasilkan lulusan siap kerja terbaik?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?