fbpx

Daftar 5 Universitas di Amerika untuk Jurusan Psikologi Terbaik

Semakin hari, semakin disadari bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Maka dari itu, tidak heran apabila jurusan psikologi menjadi salah satu jurusan favorit para mahasiswa. Di Amerika, jurusan psikologi menjadi jurusan alternatif selain kedokteran dan bisnis. Berikut merupakan daftar 5 universitas di Amerika dengan jurusan psikologi terbaik.

Kira-kira, universitas mana saja yang masuk ke dalam daftar kali ini? Simak baik-baik, ya.

Harvard University

universitas amerika jurusan psikologi - Harvard University
Sumber: positivepsychology.com

Bidang psikologi pertama kali muncul di Harvard pada akhir tahun 1800-an. Sejak saat itu, Harvard University terus berkembang dan menjadi pionir di bidang psikologi.

Departemen Psikologi dari Harvard University memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Banyak para staf pengajar dan peneliti di Harvard yang menjadi tokoh di bidang psikologi. Beberapa di antaranya adalah B.F. Skinner (analisis tingkah laku), Gordon Allport (trait theory), Jerome Bruner (psikologi kognitif dan psikologi pendidikan), George Miller (psikologi kognitif), dan Henry Murray (psikologi kepribadian).

Saat ini, departemen psikologi dari Harvard University diakui sebagai jurusan psikologi terbaik di Amerika, bahkan dunia. Hal ini didasarkan pada pencapaian Harvard University meraih peringkat pertama dalam QS World University Rankings by Subject 2020.

Program Pascasarjana di Harvard University memiliki empat program penelitian utama, yakni: kognisi, otak, dan tingkah laku; psikologi perkembangan; psikologi sosial; dan ilmu klinis.

Tak heran bukan apabila program satu ini menjadi salah satu jurusan yang paling populer di Harvard selain bisnis dan kedokteran.

Stanford University

Sumber: stanforddaily.com

Peringkat kedua untuk universitas dengan jurusan psikologi terbaik diraih oleh Stanford University. Well, tampaknya rivalitas dari Stanford dan Harvard masih akan terus ada. Dalam pemeringkatan QS, Stanford University menempati peringkat kedua dan berhasil menggauli dua universitas Oxbridge yang ada di Inggris.

Bertempat di Jordan Hall, Departemen Psikologi Stanford University memiliki berbagai fasilitas pendukung yang sangat signifikan. Kamu bisa menemukan Stanford Center for Cognitive and Neurobiological Imaging (CNI) dan Bing Nursery School di sini.

Program sarjana Psikologi di Stanford University juga menjadi salah satu jurusan favorit. Dalam program ini, maka kamu akan mengenal lebih dalam mengenai teori dan kajian empiris dari tingkah laku manusia.

Nantinya, diharapkan para lulusan psikologi dari Stanford University dapat memiliki pengetahuan dan juga kemampuan yang relevan untuk berkarir di berbagai bidang. Mulai dari teknologi, bisnis, konseling, pendidikan, kebijakan publik, hukum, maupun kedokteran.

University of California, Berkeley (UCB)

universitas amerika jurusan psikologi - UC Berkeley
Sumber: psychblog.berkeley.edu

Berkeley Psychology merupakan rumah bagi komunitas akademis yang sangat dinamis. Hingga saat ini, Berkeley Psychology terus hadir dengan berbagai penemuan di bidang psikologi, khususnya yang terkait dengan tingkah laku dan sistem neurosains, ilmu klinis, kognisi, neurosains kognitif, psikologi perkembangan, dan psikologi sosial.

Meskipun banyak sekali peminatan yang bisa kamu temukan di Berkeley Psychology, pada dasarnya fokus dasar dari universitas ini adalah untuk membekali kamu dengan kemampuan berpikiran kritis, statistis, dan metodologis. Dengan demikian, kamu dapat memiliki cukup keahlian untuk bekerja di berbagai bidang karir.

Dengan berbagai pencapaian tersebut, pada akhirnya Berkeley Psychology berhasil menduduki peringkat kelima dalam pemeringkatan QS. Hal ini menjadikan Berkeley Psychology sebagai sekolah psikologi terbaik ketiga di Amerika Serikat.

University of California, Los Angeles (UCLA)

Sumber: coarchitects.com

Departemen Psikologi UCLA merupakan salah satu garis terdepan dalam menghasilkan, mengomunikasikan, dan menerapkan ilmu psikologi. Pada dasarnya, departemen satu ini termasuk sekolah psikologi terbesar di Amerika. 

Setidaknya, terdapat 3.800 mahasiswa S1 yang menempuh tiga jurusan utama di Psikologi UCLA, yakni Psikologi, Psikobiologi, dan Ilmu Kognitif. Kemudian, terdapat sekitar 200 mahasiswa PhD, 30 akademisi pasca doktoral, 42 staf administrasi, dan 40 staf peneliti.

Kompleks Departemen Psikologi berada di bagian timur kampus. Salah satu bangunan terbesar di kompleks ini adalah Psychology Tower yang berisikan kantor, laboratorium, dan ruang pertemuan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan ruang belajar untuk mahasiswa dan fasilitas menarik lainnya di gedung tersebut.

Kemudian, di dalam kompleks tersebut juga berdiri UCLA Psychology Clinic yang berguna untuk memfasilitasi masyarakat Los Angeles terkait dengan penilaian dan perawatan psikologis.

Yale University

universitas amerika jurusan psikologi - yale university
Sumber: ypdc.yale.edu

Peringkat kelima untuk universitas Amerika dengan jurusan psikologi terbaik diduduki oleh Yale University. Dalam pemeringkatan QS, Yale University menduduki peirngkat ke-8 dan berhasil mengungguli Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Departemen Psikologi dari Yale University menawarkan berbagai kesempatan penelitian dan karir di bidang klinis, kognitif, perkembangan, maupun psikologi sosial. Jadi, kamu tidak perlu khawatir minatmu tak terwadahi.

Dengan memilih berkuliah di Departemen Psikologi Yale University, maka kamu akan mendapat pembekalan untuk berkarir di bidang pendidikan dan penelitian, hukum, kedokteran dan kesehatan masyarakat, kebijakan publik dan politik, maupun bisnis.

Demikianlah pembahasan mengenai daftar 5 universitas di Amerika dengan jurusan psikologi terbaik. Apakah kamu tertarik untuk mendaftar di salah satunya, Kawan Rantau? Kalau iya, segera cari tahu persyaratannya supaya bisa mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari.

Baca juga daftar universitas di Australia untuk jurusan psikologi terbaik.

For Your Information

Mengapa penting mempelajari psikologi?

Semakin hari, semakin disadari bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Maka dari itu, tidak heran apabila jurusan psikologi menjadi salah satu jurusan favorit para mahasiswa.

Mengapa jurusan psikologi menjadi favorit di Amerika?

Di Amerika, jurusan psikologi menjadi jurusan alternatif selain kedokteran dan bisnis karena jurusan ini dapat mengantarkan para siswa untuk berkarir di bidang yang berkaitan.

Di mana universitas Amerika dengan jurusan psikologi terbaik berada?

Jawaban lengkapnya dapat kamu temukan di sini.

Ingin mengetahui cerita lain di California?