fbpx

Daftar 25 Universitas Terbaik Dunia Versi QS Graduate Employability Rankings 2020

QS Graduate Employability Rankings merupakan salah satu pemeringkatan tahunan yang disusun oleh Quacquarelli Symonds. Secara umum, pemeringkatan ini digunakan untuk membandingkan “lulusan siap kerja” dari masing-masing universitas di dunia. Tentunya, pemeringkatan ini menarik untuk ditelaah lebih lanjut karena bisa menjadi pertimbangan bagi kamu untuk memilih universitas impianmu.

QS Graduate Employability Rankings 2020: MIT kembali memimpin

Wisuda MIT. Sumber: news.mit.edu

Massachusetts Institute of Technology (MIT) menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings 2020. Dengan demikian, MIT berhasil mengukuhkan posisinya sebagai universitas terbaik di dunia. Selain memiliki reputasi di bidang akademis yang tinggi, dalam hal menyiapkan lulusannya untuk siap kerja pun bisa dilakukan oleh MIT dengan lancar.

Kemudian, universitas di Amerika Serikat lainnya seperti Stanford University dan University of California, Los Angeles, berhasil pula mempertahankan posisi mereka di peringkat ke-2 dan ketiga.

Yang cukup unik, kamu bisa menemukan universitas asal Australia, yakni University of Sydney dan University of Melbourne masuk ke dalam jajaran sepuluh besar dalam pemeringkatan ini. Jadi, stereotip bahwa universitas di Amerika Serikat selalu menjadi yang terbaik untuk mencetak lulusan yang siap kerja tidak sepenuhnya benar, Kawan Rantau.

Selain Sydney dan Melbourne University, kamu bisa menemukan Tsinghua University (China) dan University of Hong Kong (Hong Kong) di daftar sepuluh besar. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Asia tidak kalah dari universitas yang berada di Asia maupun Eropa.

Untuk universitas di Eropa sendiri, kamu bisa menemukan dua universitas unggulan di Inggris, yakni University of Cambridge dan University of Oxford di peringkat ke-8 dan 10.

Metodologi yang digunakan

Sumber: lemelson.mit.edu

Dalam pemeringkatan QS Graduate Employability Ranking, terdapat lima indikator yang digunakan. Penjelasan singkat masing-masing indikator bisa kamu temukan di bawah ini:

Employer reputation (30%). QS memasukkan indikator employer reputation sebagai salah satu kunci pemeringkatan. Penilaian Employer Reputation ini didasarkan dari hampir 45.000 respons terhadap QS Employer Survey. Melalui survei tersebut, QS mencoba mengidentifikasi institusi mana yang menghasilkan lulusan yang kompeten, inovatif, dan juga efektif.

Alumni outcomes (25%). Universitas yang memberikan perhatian terhadap karir lulusannya cenderung menghasilkan alumni yang sukses. Dalam hal ini, QS berupaya mengidentifikasi almamater dari sejumlah individu yang sukses dan memberikan pengaruh terhadap perubahan dunia. 

Partnership with Employers per Faculty (25%). Indikator yang satu ini terdiri dari dua bagian. Pertama, indikator ini menggunakan database Scopus dari Elsevier untuk melihat kerja sama yang dilakukan universitas dengan perusahaan global untuk menciptakan penelitian yang transformatif. Kedua, indikator ini mempertimbangkan kerja sama penempatan kerja yang dilaporkan oleh pihak institusi.

Employer/Student Connections (10%). Indikator ini melibatkan jumlah dari pekerja individu yang aktif hadir di kampus selama dua belas bulan terakhir untuk memberikan motivasi yang disertai kesempatan untuk berjejaring dan mendapatkan informasi. Kehadiran dari pihak perusahaan di kampus ini dapat berupa keikutsertaan mereka dalam berbagai pekan karir yang diadakan oleh pihak universitas.

Graduate employment rate (10%). Indikator yang satu ini termasuk yang paling sederhana, tapi juga paling penting memahami bagaimana suatu universitas menghasilkan lulusan yang siap kerja. Indikator ini mengukur proporsi lulusan universitas yang telah mendapat pekerjaan secara penuh maupun paruh waktu setelah 12 bulan lulus. 

Daftar 25 universitas terbaik

Sumber: mit.edu

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pemeringkatan satu ini, maka berikut kami sajikan daftar 25 universitas terbaik berdasarkan pencapaian mereka dalam QS Graduate Employability Rankings 2020.

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat
  2. Stanford University, Amerika Serikat
  3. University of California, Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat
  4. University of Sydney, Australia
  5. Harvard University, Amerika Serikat
  6. Tsinghua University, China
  7. University of Melbourne, Australia
  8. University of Cambridge, Inggris
  9. University of Hong Kong, Hong Kong
  10. University of Oxford, Inggris
  11. New York University, Amerika Serikat
  12. Cornell University, Amerika Serikat
  13. Yale University, Amerika Serikat
  14. University of Chicago, Amerika Serikat
  15. Princeton University, Amerika Serikat
  16. University of Toronto, Kanada
  17. ETH Zurich, Swiss
  18. Ecole Polytechnique, Perancis
  19. Peking University, China
  20. University of Pennsylvania, Amerika Serikat
  21. Columbia University, Amerika Serikat
  22. University College London (UCL), Inggris
  23. University of Tokyo, Jepang
  24. National University of Singapore (NUS), Singapura
  25. University of Waterloo, Kanada

Pada dasarnya, setiap universitas memiliki ciri khas masing-masing, Kawan Rantau. Maka dari itu, akan sangat bijak apabila kamu memeriksa terlebih dahulu keunggulan dari universitas impianmu. 

Baca juga hasil dari pemeringkatan QS World University Rankings 2021. MIT kembali memimpin, lho!

For Your Information

Apa itu QS Graduate Employability Rankings?

QS Graduate Employability Rankings merupakan salah satu pemeringkatan tahunan yang disusun oleh Quacquarelli Symonds. Secara umum, pemeringkatan ini digunakan untuk membandingkan “lulusan siap kerja” dari masing-masing universitas di dunia.

Bagaima hasil dari pemeringkatan QS Graduate Employabillity Rankings 2020?

MIT kembali memimpin.

Universitas mana saja yang termasuk dalam daftar 25 besar QS Graduate Employability Rankings 2020?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?