fbpx

Daftar 10 Universitas Terbaik di Jerman yang Harus Kamu Tahu

Jerman menjadi salah satu negara yang memiliki reputasi akademik baik di Benua Eropa. Tak heran apabila banyak yang tertarik untuk berkuliah di negara ini. Selain biayanya yang murah, kamu juga memiliki kesempatan untuk bekerja di sana setelah lulus. Maka dari itu, berikut kami bahas sepuluh universitas terbaik di Jerman yang sebaiknya tidak kamu lewatkan.

10. Albert-Ludwigs-Universitaet Freiburg

Sumber: linkedin.com

Telah berdiri sejak tahun 1457, University of Freiburg tetap menawarkan berbagai program sarjana maupun pascasarjana yang melingkupi disiplin penting dewasa ini. Di universitas yang terletak di Freiburg ini, kamu bisa menemukan program yang beragam, mulai dari humaniora, STEM, kedokteran, hukum, hingga teologi.

Keberagaman tersebut dipercaya dapat menciptakan lingkungan yang ideal untuk mendorong kajian interdisiplin yang inovatif. Banyak sekali para pemikir dan peneliti terkenal yang mengajar di University of Freiburg. Maka dari itu, universitas ini dianggap menjadi salah satu universitas yang terdepan pada abad ke-21.

9. Eberhard Karls Universität Tübingen

Sumber: mystipendium.de

Banyak yang bilang bahwa Tübingen bukanlah sebuah kota, tapi sebuah universitas. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena tanpa adanya pendirian Eberhard Karls Universität Tübingen, kota tersebut pasti akan terlihat berbeda.

Universitas yang satu ini terkenal akan banya perkembangan dan penemuan di bidang humaniora dan sains. Sekarang, ada 14 departemen yang menaungi kurang-lebih 20.000 pelajar.

Kemudian, Eberhard Karls Universität Tübingen juga terkenal sebagai salah satu universitas asal Jerman yang paling aktif dalam kerja sama internasional. Sekarang ini, Eberhard Karls memiliki program penelitian dan pertukarang pelajar dengan 120 universitas di 35 negara.

8. Technische Universität Berlin (TU Berlin)

universitas terbaik di jerman - TU Berlin
Sumber: inforadio.de

Technische Universität Berlin hadir sebagai universitas yang berfokus pada pengembangan sains dan teknologi yang menguntungkan masyarakat. Selain itu, seluruhan civitas akademika TU Berlin berupaya selalu menghargai prinsip Pembangunan Berkelanjutan.

Bagi TU Berlin, penelitian dan pengajaran akan saling berkaitan. Dengan demikian, TU Berlin berupaya berkontribusi untuk menyusun masa depan dengan cara yang inovatif, berorientasi teknologi, dan holistik. Mengedepankan prinsip humanisme dan keadilan secara sosial dan etis menjadi pondasi pembangunan dari TU Berlin.

Meskipun TU Berlin sangat kuat dalam penelitian ilmu alam, kamu juga masih bisa menemukan bidang humaniora dan ilmu sosial di universitas ini.

7. RWTH Aachen University

Sumber: pinterest.com

RWTH Aachen University merupakan tempat bagi masa depan dari dunia yang terindustrialisasi tercurahkan. Universitas yang satu ini telah mendapatkan pengakuan secara internasional akan solusi inovatifnya yang dapat menjawab tantangan global.

Berbagai solusi inovatif yang dapat memengaruhi seluruh tri-border area, yakni Jerman, Belgia, dan Belanda dikembangka oleh RWTH Aachen. Maka dari itu, RWTH Aachen dapat dikatakan memiliki peran tersendiri, khususnya di bidang industri.

6. Freie Universitaet Berlin

Sumber: fubis.org

Freie Universitaet Berlin merupakan salah satu universitas terbaik di Jerman. Universitas ini merupakan universitas yang ramah terhadap pelajar internasional. Tercatat bahwa para pelajar internasional ini berasal dari 80 negara lebih di seluruh dunia.

Apabila kamu tertarik untuk berkuliah di Freie, kamu bisa memilih lebih dari 150 program yang ditawarkan. Kemudian, berhubung pandemi COVID-19 masih menyebar, Freie Universitaet menjadi pilihan tepat karena mereka memiliki fasilitas e-learning yang baik. Pengembangan e-learning telah menjadi bagian penting dari universitas. Jauh sebelum COVID-19 muncul. Tertarik?

5. Karlsruhe Institute of Technology (KIT)

Sumber: wikipedia.org

KIT hadir dengan mengombinasikan tradisi dari universitas teknik ternama dengan institusi riset berskala besar dengan cara yang unik. Bagi KIT, mereka memiliki tanggung jawab untuk berkontrubsi dalam memberikan solusia berkelanjutan atas tantangan besar yang dihadapi oleh masyarakat, industri, dan lingkungan.

Telah berdiri sejak tahun 1825, KIT merupakan salah satu intitusi pendidikan terbesar di Jerman. Universitas yang satu ini terletak di Karlsruhe, Baden-Wüttemberg, Jerman. Fakultas Ilmu Komputer KIT merupakan fakultas ilmu komputer pertama yang didirikan di Jerman.

4. Humboldt-Universität zu Berlin

Sumber: wikimedia.org

Humboldt-Universität zu Berlin terkenal akan pengajaran filsafatnya yang baik. Telah berdiri sejak tahun 1810, Humboldt memang memiliki tradisi pengajaran filsafat yang tak terkalahkan. Tak heran apabila jurusan filsafat Humboldt masih menduduki posisi pertama di Jerman berdasarkan QS World University Rankings 2020.

Tak hanya jurusan filsafat, kamu juga bisa menemukan jurusan lainnya seperti arkeologi seni, sejarah, atau bahkan matematika. Jadi, kamu bisa memilih jurusan impianmu di Humboldt.

Kemudian, kamu tidak perlu khawatir mengenai karir. Humboldt Universität menyedikan pendampingan bagi para mahasiswa yang mempersiapkan diri untuk turun di dunia kerja.

3. Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg

universitas terbaik di jerman - heidelberg University
Sumber: tutored.me

Telah berdiri sejak tahun 1386, Heidelberg University, atau yang dikenal sebagai Ruperto Carola, merupakan universitas tetua di Jerman. Terletak di Heidelberg, Ruperto Carola menawarkan program dalam berbagai bidang, termasuk humaniora, ilmu sosial, hukum, ilmu alam dan kehidupan, serta kedokteran.

Pusat komputer dan perpustakaan universitas Heidelberg University merupakan salah satu yang terbaik di Jerman menurut pemeringkatan BIX. Dengan demikian universitas ini akan mendukung jalannya pengajaran dan penelitian semaksimal mungkin.

2. Ludwig-Maximilians-Universität München

Sumber: study.eu

LMU Munich terletak di jantung kota Munich. Universitas ini dikenal sebagai salah satu institusi awal di bidang akademik dan riset di Eropa. Sejak tahun 1472, LMU selalu menarik perhatian dari banyak pemikir dan pelajar berbakat dari seluruh dunia.

Sebagai universitas yang kosmopolitan, LMU sangat menghargai keberagaman dari masing-masing individu. Kemudian, kesetaraan gender juga menjadi salah satu unsur penting dalam kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh LMU.

1. Technical University of Munich

universitas terbaik di jerman - technical university of munich
Sumber: tum.de

Technical University of Munich (TUM) menduduki posisi pertama dalam daftar universitas terbaik di Jerman menurut QS World University Rankings. TUM memiliki tiga kampus utama yang terletak di Munich, Garching, dan Freising-Weihenstephan. Ada lebih dari 150 program yang ditawarkan di TUM, mulai dari ilmu alam, teknik, kedokteran, bisnis dan ekonomi, hingga pendidikan.

Mayoritas program di TUM tidak dikenakan biaya, sama seperti universitas lainnya di Jerman. Akan tetapi, khusus untuk program MBA, ada penyesuaian biaya tersendiri.

Demikian pembahasan kami kali, Kawan Rantau. Apabila kamu tertarik untuk mendapatkan panduan lebih lanjut untuk kuliah di Jerman, kamu juga bisa mengisi form berikut ini untuk mendapatkan rekomendasi personal dari kami.

Baca juga respons cepat COVID-19 membuat popularitas Jerman meningkat di mata para pelajar.

For Your Information

Mengapa saya harus kuliah di Jerman?

Jerman menjadi salah satu negara yang memiliki reputasi akademik baik di Benua Eropa. Tak heran apabila banyak yang tertarik untuk berkuliah di negara ini. Selain biayanya yang murah, kamu juga memiliki kesempatan untuk bekerja di sana setelah lulus.

Di mana universitas terbaik di Jerman berada?

Baca pembahasan lengkap kami di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Berlin?