4 Cara Ini Bantu Kamu Peroleh Beasiswa Bergengsi ke Luar Negeri

Berdasarkan data statistik dari UNESCO, minat pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini dimulai dari tahun 2000. Hingga akhir tahun 2013 tercatat jumlah pelajar Indonesia di Eropa yang menempuh pendidikan tingkat S1, S2, dan S3 mencapai angka 7000 jiwa. Jumlah ini belum termasuk di berbagai negara lainnya.

Hal ini didukung dengan beragam beasiswa yang ditawarkan, baik dari pemerintah mapun badan usaha milik swasta, dengan berbagai kemudahan, seperti fasilitas dan jaminan bagi lulusannya. Sebut saja beasiswa LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan). Trade record penerima hingga kualitas lulusannya tentu membuat kamu ingin menjadi salah satu penerimanya.

Tidak ada jalan yang instan tentunya untuk memperoleh beragam beasiswa bergengsi untuk mengantar kamu menempuh pendidikan di berbagai kampus terbaik. Sederet persiapan harus kamu lakukan sedini mungkin mengingat banyaknya peminat beasiswa pendidikan ke luar negeri. Dilansir dari youtuber Vira Cania Arman, lakukan beberapa persiapan ini niscaya beragam tes beasiswa siap kamu ikuti!

4. Prestasi Akademik

Meski tidak semua orang memiliki ketertarikan di bidang akademisi, namun tidak dapat dipungkiri beberapa beasiswa bergengsi menuntuk prestasi akademik yang dimiliki pelamarnya. Pernah juara kelas dan mengikuti beragam perlombaan hingga selevel olimpiade untuk lulusan SMA atau IPK tinggi dan lulusan Cum Laude untuk pelamar lulusan S1 dan S2.

3. Prestasi Non-Akademik

Sumber: vovworld.co

Selain prestasi akademik, prestasi non-akademik seperti olahraga dan kesenian ini juga diperlukan dan memiliki bobot penilaian yang tidak jauh berbeda dengan prestasi akademik. Biasanya, prestasi non-akademik dapat kamu tampilkan ketika tes minat dan bakat.

2. Kemampuan Bahasa Asing

Sumber: POPULAR-World

Seiring dengan perkembangan media dan teknologi, orang yang bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, bukan sesuatu yang wah lagi tetapi sudah menjadi suatu keharusan. Begitupun ketika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Kemampuan berbahasa asing ini harus kamu asah terus-menerus. Sesekali tidak ada salahnya kamu mengikuti tes TOEFL atau IELTS di lembaga professional untuk melihat sejauh mana kemampuan bahasa asing yang sudah kamu miliki.

1. Kemampuan Public Speaking dan Leadership

Sumber: Public World

Berbicara di depan umum masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebahagian orang. Terlebih jika harus menyampaikan suatu materi atau informasi dengan audiens dari berbagai kalangan. Alamak groginya! Hal ini pengecualian bagi kamu calon pelamar beasiswa ke luar negeri. Public Speaking mutlak harus kamu kuasai. Mental dan pengetahuan kamu akan diuji pada sesi wawancara. Sejauh mana kamu dapat menarik perhatian, meyakinkan, dan akhirnya memilih kamu sebagai kandidat terkuat. Jangan takut, kamu bisa mulai dengan hal-hal sederhana. Seperti menceritakan diri kamu sendiri mungkin di depan kaca.

Sebagaian orang memang dianugerahi aura dan wibawa sebagai pemimpin. Di manapun bereda, orang-orang seperti biasanya akan dipilih menjadi pemimpin. Jangan khawatir, leadership adalah skill yang dapat kamu asah setiap waktu. Melalui kegiatan volunteer, kegiatan organisasi, atau kegiatan sosial yang pada akhirnya meminta kamu untuk tidak takut belajar dan percaya diri.

Jika dikaji lebih dalam, persiapan untuk melamar beasiswa ini tentu lebih panjang dan rumit. Namun hal besar memang harus dimulai dari hal kecil terlebih dahulu. Persiapkan diri dengan 4 langkah di atas, semoga kuliah di kampus impian dengan beasiswa penuh bukan hanya sekedar impian saja. Subscribe mailing list kita untuk mendapatkan segala sumber informasi untuk belajar dan tinggal di luar negeri!