fbpx

Panduan Lengkap Beasiswa Pemerintah China (CGS), Kuliah Gratis ke China!

Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China, istilah tersebut memiliki arti belajarlah sejauh mungkin di manapun ilmu itu berada. Kuliah di luar negeri termasuk proses belajar untuk menuntut ilmu pasti dan kehidupan. Selain itu, kuliah di luar negeri akan lebih ringan jika kamu mendapatkan beasiswa, seperti Chinese Government Scholarship (Beasiswa Pemerintah China).

Beasiswa ini tidak mewajibkan kamu untuk melampirkan sertifikat TOEFL/IELTS. Buat lebih tahu lebih lengkap, baca ulasan ini, ya!

Chinese Government Scholarship (CGS)

anak rantau chinese government scholarship beasiswa pemerintah china
Sumber: Pexels

Beasiswa Pemerintah China merupakan beasiswa penuh untuk S1, S2, dan S3. Cakupan beasiswanya terdiri dari biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, gaji (bagi S2 dan S3), dan uang saku per bulan dengan kisaran yang berbeda di setiap jenjang, yakni  S1 = 2500 RMB (± 5 juta rupiah per bulan). , S2 = 3000 RMB (± 6 juta rupiah per bulan, S3 = 3500 RMB (± 7 juta rupiah per bulan).

Pemerintah China rutin membuka pendaftaran program beasiswa ini setiap akhir hingga awal tahun, yakni bulan Desember hingga Februari. Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi beasiswa. Chinese Government Scholarship itu sendiri memiliki beragam jenis beasiswa internasional yang dapat kamu pilih berdasarkan jurusan dan jenjang.

Situs resmi beasiswa : http://id.china-embassy.org/eng/gdxw/t1728025.htm

Kontak : Phone/Fax 21-5761032

E-mail: eduindonesia@163.com

Apakah kamu tertarik mendaftar Chinese Government Scholarship?

Terima kasih sudah mengisi survey singkat kami.
anak rantau

Jenis-Jenis Chinese Government Scholarship

anak rantau chinese government scholarship beasiswa pemerintah china
Sumber: unsplash.com

Program Chinese Government Scholarship memiliki beragam jenis beasiswa yang dapat kamu pilih berdasarkan kriteria. Perhatikan baik-baik kategori beasiswa, yakni parsial dan penuh (full), serta waktu pendaftaran.

1. Chinese Government Scholarship-Chinese University Program

Program ini merupakan beasiswa penuh yang ditujukan untuk mahasiswa internasional berprestasi yang ingin melanjutkan studi pascasarjana (S2) dan doktoral (S3) di universitas di China. Perkuliahan memakai bilingual, yakni Bahasa China dan Bahasa Inggris. Beasiswa ini biasa dibuka setiap tahun pada awal Januari hingga awal April.

Program ini menyediakan beasiswa penuh yang mencakup biaya kuliah, akomodasi, uang saku, dan asuransi kesehatan komprehensif.

2. Chinese Government Scholarship-WMO Program

Program WMO merupakan beasiswa parsial yang didirikan oleh MOE untuk Organisasi Meteorologi Dunia (WMO). Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa internasional di luar negara China yang ingin belajar dan melakukan penelitian di bidang meteorologi, hidrologi, dan pengawasan & manajemen sumber daya air di China. Beasiswa parsial ini rutin dibuka untuk jenjang S1, S2, dan S3 pada awal Januari hingga akhir Februari.

Cakupan beasiswa terdiri dari biaya kuliah, studi bahasa China, akomodasi, dan asuransi kesehatan. Dana parsial dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa S1 selama tidak lebih dari 5 tahun akademik, lalu S2 tidak lebih dari 3 tahun akademik, dan mahasiswa doktoral tidak lebih dari 4 tahun akademik.

3. Chinese Government Scholarship-AUN Program

Program AUN adalah beasiswa penuh S2 dan S3 yang dibentuk oleh MOE untuk kandidat dari negara-negara anggota ASEAN. Program AUN menyediakan beasiswa penuh yang mencakup biaya kuliah, akomodasi, uang saku, dan asuransi kesehatan komprehensif. Beasiswa ini rutin dibuka pada awal Januari hingga awal April.

4. Chinese Government Scholarship-Bilateral Program

Program Bilateral mencakup beasiswa penuh atau parsial yang dibentuk oleh MOE sesuai dengan perjanjian pertukaran pendidikan atau konsensus antara pemerintah Tiongkok dan pemerintah negara lain, lembaga, universitas atau organisasi internasional. Program Bilateral dibuka untuk jenjang sarjana, pascasarjana, sarjana umum, dan sarjana senior. Pendaftaran dibuka pada awal Januari hingga April setiap tahun.

5. China – Indonesia Scholarship in Higher Education Program

Beasiswa penuh untuk program sarjana / master / doktoral. Program ini membuka kesempatan bagi pelajar Indonesia yang memiliki minat belajar ilmu kelautan, medis, kesehatan, pariwisata, pendidikan dan jurusan yang diperlukan lainnya.

Batasan Usia

Sumber: Pexels

Semua jenis beasiswa pemerintah China memakai batasan usia sebagai berikut:

  • Berusia di bawah 25 tahun ketika melamar program sarjana.
  • Berusia di bawah usia 35 tahun ketika melamar program master dan sudah memiliki ijazah sarjana.
  • Berusia di bawah usia 40 tahun saat melamar program doktoral dan sudah memiliki ijazah master.
  • Berusia di bawah 45 tahun dan telah menyelesaikan setidaknya dua tahun studi sarjana ketika melamar program sarjana umum.
  • Berusia di bawah usia 50 tahun ketika melamar program sarjana senior dan telah mendapatkan gelar master atau associate professor.

Persyaratan Dokumen & Cara Apply

Sumber: unsplash.com

Beasiswa ini tidak memakai tahap wawancara. Jika kamu memenuhi persyaratan umum dari segi usia, maka perhatikan baik-baik dokumen yang diperlukan dalam melamar beasiswa prestisius ini. Baca dengan seksama uraian penjelasan di bawah ini!

a) Formulir Aplikasi untuk Beasiswa Pemerintah China : Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengisi formulir aplikasi online yang dapat di isi disini atau disini. Formulir aplikasi online akan dibuat secara otomatis setelah pengisian kamu mengisi data dengan benar. Formulir aplikasi yang diterima harus berbahasa Inggris atau China. Langkah-langkah mengisi formulir aplikasi online ini dapat kamu download disini.

b) Salinan Halaman Utama Paspor: Pindai (scan) dan lampirkan salinan paspor biasa dengan masa berlaku selambat-lambatnya 1 Maret 2021 (tanggal dan tahun dapat berubah tergantung waktu pendaftaran). Jika validitas paspor saat ini tidak memenuhi persyaratan, maka pelamar harus mengajukan paspor baru sebelum mengirimkan dokumen.

Jika pelamar tidak dapat mengajukan paspor baru dengan alasan obyektif, maka pelamar dapat mengirimkan salinan pindaian (scan) sertifikat identitas atau dokumen resmi yang berisi “nama, jenis kelamin, kebangsaan, tanggal lahir”. dan informasi lainnya. Salinan ini harus dengan izin dari otoritas pengiriman. Dokumen ini semacam kartu keluarga.

c) Ijazah yang dilegalisir: Calon pemenang diploma harus menyerahkan bukti resmi status siswa oleh sekolah mereka saat ini. Dokumen selain bahasa China atau Inggris harus dilampirkan dengan terjemahan China atau Inggris yang dilegalisir pula.

d) Transkrip akademik: Transkrip dalam bahasa selain China atau Inggris harus dilampirkan dengan terjemahan China atau Inggris.

e) Rencana Studi atau Proposal Penelitian dalam bahasa China atau Inggris: Minimal 200 kata untuk sarjana, 500 kata untuk mahasiswa non-gelar, dan 800 kata untuk pascasarjana.

Mari simak tips dan tricks jitu menulis Rencana Studi (Study Plan) untuk Beasiswa Pemerintah China disini.

f) Surat rekomendasi: Pelamar untuk program pascasarjana (S2) atau program sarjana senior (S3) harus menyerahkan dua surat rekomendasi dalam bahasa China atau Inggris dari profesor atau profesor rekanan.

g) Pelamar untuk studi musik diminta untuk menyerahkan CD karya mereka sendiri. Pelamar untuk program seni rupa harus menyerahkan CD karya mereka sendiri yang mencakup dua sketsa, yaitu dua lukisan warna dan dua karya lainnya.

h) Pelamar di bawah usia 18 tahun harus menyerahkan dokumen yang sah dari wali mereka di Tiongkok.

i) Pelamar yang berencana untuk tinggal di China selama lebih dari 6 bulan harus menyerahkan fotokopi Formulir Pemeriksaan Fisik Asing yang diisi dalam Bahasa Inggris.

Salinan asli harus disimpan oleh pemohon. Formulir yang dirancang oleh otoritas karantina Tiongkok dapat diunduh dari situs resmi CSC.

Lalu, pemeriksaan fisik harus mencakup semua item yang tercantum dalam Formulir Pemeriksaan Fisik Orang Asing (Foreigner Physical Examination Form). Jika rekam medik tidak lengkap, tidak ada tanda tangan dokter, tidak ada cap resmi rumah sakit, atau foto pelamar disegel, maka dokumen menjadi tidak valid.

Sebagai pertimbangan, pemohon harus memilih waktu yang tepat untuk menjalani pemeriksaan fisik karena hasilnya hanya berlaku selama 6 bulan.

j) Pelamar dengan surat pra-penerimaan (pre-admission) dari universitas yang ditunjuk harus menyertakan surat tersebut dengan formulir wajib lainnya di dalam amplop. Hal ini tidak wajib dan disertakan bila kamu sudah menerima surat ini.

k) Sertifikat kemampuan bahasa (tidak wajib): Sertifikat HSK atau TOEFL/IELTS yang baru dan memiliki masa berlaku selama 2 tahun.

Jadwal Aplikasi

Desember – Febuari

Pelamar beasiswa wajib mengumpulkan aplikasi online mereka (jangan lupa masukan Agency Number untuk Indonesia: 3602). Pelamar beasiswa mengkontak universitas pilihan mereka. dan mengirimkan seluruh dokumen fisik ke:

Cultural Office, Embassy of the People’s Republic of China in Indonesia, JL.Mega Kuningan No.2, Jakarta Selatan, 12950

Pengiriman hardcopy wajib via pos, apabila langsung, maka dokumen tidak akan diterima. Tulislah dengan subyek “Chinese Government Scholarship Applicant” di pojok amplop.

Pro tip: Bila Universitas pilihan kamu mewajibkan untuk mendaftar secara terpisah melalui website mereka, maka pastikan kamu juga mengisi pendaftaran melalui website mereka dan sertakan formulir beserta dokumen yang telah di kumpulkan untuk Chinese Government Scholarship ini.

Untuk memastikan apakah Universitas memerlukan pendaftaran terpisah, kamu dapat langsung masuk ke website Universitas idaman kamu dan memastikan apakah Universitas China tersebut menerima Chinese Government scholarship dan kamu dapet mencari e-mail lalu mengirimkan e-mail kepada pihak administrasi Universitas untuk memastikan apakah memerlukan pendaftaran terpisah.

Febuari

China Embassy akan mengirimkan aplikasimu ke China Scholarship Council untuk di review.

July sampai Agustus

China Scholarship Council akan mengkonfirmasi aplikasi kamu dan mengirimkan surat penerimaan (admission letter) kepada Embassy China di Indonesia. Bila kamu berhasil mendapatkan beasiswa tersebut makan kamu akan menerima pemberitahuan secara elektronik melalui e-mail dari Embassy China untuk mengambil surat penerimaan tersebut berikut dengan formulir visa JW201.

TSINGHUA UNIVERSITY
Sumber: Flickr

Itulah penjelasan lengkap tentang Chinese Government Scholarship. Kuliah ke luar negeri dengan beasiswa bukanlah hal mustahil jika kamu teguh pendirian dan bersungguh-sungguh. Teruslah berjuang untuk mendapatkan mimpi kuliah gratis ke negeri China. Semangat!

For Your Information

Apa itu Chinese Government Scholarship?

Beasiswa Pemerintah China merupakan beasiswa penuh untuk S1, S2, dan S3. Dibuka setiap akhir tahun hingga awal tahun, yakni Desember-Februari

Apakah ada batasan usia untuk melamar beasiswa pemerintah Cina?

Berusia di bawah 25 tahun ketika melamar program sarjana.

Berusia di bawah usia 35 tahun ketika melamar program master dan sudah memiliki ijazah sarjana.

Berusia di bawah usia 40 tahun saat melamar program doktoral dan sudah memiliki ijazah master.

Berusia di bawah 45 tahun dan telah menyelesaikan setidaknya dua tahun studi sarjana ketika melamar program sarjana umum.

Berusia di bawah usia 50 tahun ketika melamar program sarjana senior dan telah mendapatkan gelar master atau associate professor.

Apa saja jenis beasiswa Chinese Government Scholarship untuk Mahasiswa Internasional?

Dari 8 program, setidaknya ada 5 program yang ditujukan untuk mahasiswa internasional seperti Indonesia. Pemerintah Cina juga membuka pendaftaran program beasiswa untuk mahasiswa regional ASEAN

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?