fbpx

Anti Ribet, Beasiswa Parsial Orange Tulip Scholarship 2020 Dibuka!

Selamat tahun baru 2020! Berganti tahun, maka resolusi juga harus baru, dong! Bagi kamu yang memiliki mimpi kuliah S1 dan S2 di Belanda, saatnya wujudkan tahun ini. Beasiswa Orang Tulip Scholarsip (OTS) 2020-2021 sudah dibuka hingga 1 Mei 2020 waktu Belanda. Pendaftarannya anti ribet, loh! Pasalnya, seleksi beasiswa ini tidak akan ada proses wawancara langsung atau tes tertulis, melainkan hanya sebatas berkas.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu mengetahu jenis beasiswa parsial itu sendiri. Beasiswa tersebut bukanlah beasiswa penuh, melainkan penerima Orange Tulip Scholarship akan mendapatkan potongan biaya studi dari 30% hingga 100% atau hanya memberikan tanggungan biaya hidup per bulan. Kebijakan tersebut dapat dilihat tergantung jurusan dan universitas yang dituju. Sehubungan hanya mendapatkan subsidi sebagian, maka pelamar perlu mempertimbangkan matang-matang untuk sisa biaya. Masalah tersebut bisa saja dipecahkan dengan menjadi part timer di luar negeri.

Amsterdam

Meskipun parsial, Orange Tulip Scholarship memiliki peminat yang sangat banyak karena pelamar tidak perlu repot mempersiapkan banyak tes. Maka dari itu, pelamar harus menyiapkan berkas-berkas dokumen secara ciamik. Sebelum mendaftar, pastikan kamu memenuhi kriteria sebagai berikut yang dikutip dari situs resmi Nuffic Neso:

Kriteria Pendaftar Orange Tulip Scholarship

Orange Tulip Scholarship memberikan kesempatan kepada WNI untuk kuliah di Belanda. Sumber: Pexels

1) Warga Negara Indonesia.

2) Tidak sedang menempuh studi pendidikan di Belanda atau bekerja di Belanda.

3) Saat ini sedang menjalani proses pendaftaran atau sudah diterima di salah satu universitas di Belanda peserta OTS.

4) Memenuhi syarat-syarat khusus yang dibutuhkan oleh skema Orange Tulip Scholarship yang didaftarkan. Perhatikan universitas dan jurusan yang dituju dan terdaftar di dalam skema.

Belajar dan kuliah di luar negeri merupakan impian banyak orang. Sumber: thoughtco.com

Proses Pendaftaran Orange Tulip Scholarship

  • Akseslah Studyfinder untuk mengetahui institusi pendidikan tinggi (universitas) sekaligus menggali informasi jurusan yang kamu minati.
  • Penting bagi kamu untuk cek perguruan tinggi dan program studi di Skema Orange Tulip Scholarship. Hal ini wajib dilakukan untuk mengetahui apakah universitas dan jurusan yang dituju memiliki kerjasama dengan pihak OTS atau tidak. Meskipun secara umum beasiswa ini dibuka hingga Mei, akan tetapi setiap universitas memiliki tenggat waktu pendaftaran yang berbeda.
  • Peserta wajib mendaftar terlebih dahulu secara online melalui situs resmi universitas.
  • Pelajari juga informasi tentang skema dan dokumen yang dibutuhkan. Setelah menemukan universitas yang bekerjasama dengan OTS, segera ikuti instruksi di situs resmi kampus dan kirimkan berkas-berkasnya secara rapi. Ketentuan pengiriman dapat berbeda di setiap kampus, maka selalu pantau situsnya, ya!
  • Peserta baru dapat mendaftar OTS setelah melakukan pendaftaran di universitas tujuan. Perlu diperhatikan, bahwa pihak resmi seperti Nuffic Neso tidak mengakomodasi peserta dalam mendaftar di situs resmi kampus.
  • Tunggu konfirmasi dari universitas melalui surel (e-mail) / sistem online application (OSIRIS, StudieLink, dan lain sebagainya). Peserta wajib melampirkan konfirmasi tertulis ketika mendaftar beasiswa OTS.

Berkas Dokumen

Secara umum yang perlu disiapkan adalah Formulir Pengajuan OTS, bukti pendaftaran ke institusi pendidikan tinggi Belanda yang terdaftar di dalam skema, dan Curriculum Vitae.

Perhatikan format dan kelengkapan dokumen OTS. Sumber: Pexels

Supaya kamu tidak kebingungan mengirim dokumen dalam bentuk soft copy, berikut mekanismenya. Perhatikan secara rinci, ya!

  • Berkas softcopy dalam bentuk Word atau PDF
  • Setiap file diberi nama jelas dalam Bahasa Inggris: [document name] – [applicant’s name].
  • Total seluruh lampiran (attachment) maksimal 20MB dan jangan menyatukan dokumen menggunakan format Zip/Rar
  • Kirimkan dokumen melalui e-mail ke ots@nesoindonesia.or.id. Subyek e-mail: OTS 2020-2021 Application-[nama universitas]-[nama Anda].
  • Pastikan mendapatkan surel konfirmasi (1-2 minggu) dari Nuffic Neso yang menginformasikan bahwa berkas telah diterima pihak panitia dengan baik.

Nah, itulah mekanisme pendaftaran beasiswa Orange Tulip Scholarsip. Sudah anti ribet, maka jangan malas-malasan untuk mendaftar. Jangan tunda lagi kesempatan untuk kuliah di luar negeri!

For Your Information

Apakah Beasiswa Parsial Itu?

Beasiswa tersebut bukanlah beasiswa penuh hingga akomodasi, melainkan penerima hanya akan mendapatkan sebagian kebebasan biaya studi layaknya Orange Tulip Scholarship ini. Penerima Orange Tulip Scholarship akan mendapatkan potongan biaya studi dari 30% hingga 100% atau hanya memberikan tanggungan biaya hidup per bulan.

Bagaimana Kriteria Pendaftar Beasiswa Orange Tulip Scholarship?

Beasiswa ini dibuka untuk jenjang S1 dan S2.
1) Warga Negara Indonesia
2) Tidak sedang menempuh studi pendidikan di Belanda atau bekerja di Belanda
3) Saat ini sedang menjalani proses pendaftaran atau sudah diterima di salah satu universitas di Belanda peserta OTS
4) Memenuhi syarat-syarat khusus yang dibutuhkan oleh skema Orange Tulip Scholarship yang didaftarkan. Perhatikan universitas dan jurusan yang dituju dan terdaftar di dalam skema.

Apakah Ada Tes Wawancara untuk Orange Tulip Scholarship?

Tidak ada. Beasiswa ini hanya mengandalkan kelengkapan dokumen.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?