fbpx

Beasiswa S2 di VU Amsterdam, Belanda: VU Fellowship Program

VU Fellowship Program (VUFP) merupakan skema beasiswa S2 yang ditujukan khusus bagi pelajar internasional di Vrije Universiteit Amsterdam (VU Amsterdam). Melalui skema ini, VU Amsterdam berkomitmen untuk menyediakan dana beasiswa sebesar 1 juta Euro untuk menarik minat para pelajar internasional.

Beasiswa ini dapat dikatakan merupakan jenis beasiswa parsial karena hanya melingkupi biaya perkuliahan saja. Beasiswa VUFP tidak menanggung tunjangan lainnya seperti biaya hidup.

Siapa yang berhak mendaftar?

Beasiswa S2 di VU Amsterdam, Belanda
Sumber: hollandisc.com

VU Fellowship Program (VUFP) merupakan program beasiswa yang didasarkan oleh pencapaian akademis. Berikut merupakan sejumlah persyaratan yang ada:

  1. Kamu mampu menunjukkan pencapaian akademismu dengan nilai akhir mencapai 80% dari nilai keseluruhan.
  2. Kamu telah mendaftar pada program S2 penuh waktu berbahasa Inggris di VU Amsterdam yang memulai perkuliahan pada September 2021.
  3. Kamu tidak memiliki kewarganegaraan Belanda.
  4. Gelar yang kamu ambil belum pernah kamu dapatkan di Belanda.

Beasiswa VUFP ini bisa diberikan untuk program S2 selama satu atau dua tahun. Beasiswa hanya bisa diperpanjang untuk tahun kedua apabila kamu memenuhi kredit 100% pada tahun pertama.

Bagaimana cara mendaftar?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar program S2 terlebih dahulu di VU Amsterdam. Kamu bisa mendaftarkan diri melalui Studielink dan setelah itu masuk ke VUnet portal. Untuk informasi lebih lengkap mengenai informasi cara pendaftaran, kamu bisa langsung mengunjungi tautan berikut ini. Tenggat waktu pendaftaran untuk program S2 di VU Amsterdam jatuh pada 1 Februari 2021.

Setelah mendaftar program S2 di VU Amsterdam, barulah kamu bisa mendaftarkan diri untuk VUFP. Tenggat waktu pendaftaran untuk beasiswa ini jatuh pada 2 Februari 2021. Akan tetapi, pihak VU Amsterdam merekomendasikan supaya kandidat pendaftar menyerahkan dokumen yang diminta sebelum 22 Januari 2021. Hal ini ditujukan untuk memudahkan apabila ada perubahan dokumen.

Beasiswa S2 di VU Amsterdam, Belanda
Sumber: findyourllm.com

Setidaknya, ada tiga dokumen dalam bentuk PDF yang harus kamu serahkan, yakni sebagai berikut:

  1. Transkrip nilai dengan IPK mencapai 80% dari nilai keseluruhan.
  2. Motivation letter sepanjang 500 kata. Surat tersebut harus berisikan jawaban kamu mengenai pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
    – Mengapa kamu ingin melanjutkan studi di program S2 yang kamu pilih?
    – Apa tujuan masa depanmu?
    – Mengapa kamu pantas menerima beasiswa VUFP?
  3. Curriculum Vitae (CV). Pihak VU Amsterdam merekomendasikan supaya kamu menggunakan format Europass.

Seluruh aplikasi pendaftaran yang diterima pada 2 Februari 2021 akan ditinjau langsung oleh staf pengajar dari VU Amsterdam. Hasil akhir untuk penerima beasiswa akan diberitahukan melalui surel pada 1 April 2021 (8 minggu setelah tenggat waktu pendaftaran berlalu).

Demikianlah pembahasan kami mengenai beasiswa S2 yang ada di VU Amsterdam. Sesuai dengan namanya, VU Amsterdam merupakan universitas yang berada di Amsterdam, Belanda. Universitas satu ini masuk ke dalam jajaran 150 universitas terbaik dunia di berbagai pemeringkatan yang ada. Jadi, melanjutkan studi di universitas ini bisa menjadi alternatif pilihanmu.

Baca juga alasan-alasan mengapa kamu harus kuliah di Belanda.

For Your Information

Apakah ada beasiswa S2 di Belanda?

Ada, Kawan Rantau. Salah satunya adalah VU Fellowship Program dari Vrije Universiteit Amsterdam.

Saya orang Indonesia. Apakah saya bisa mendaftar?

Bisa. Beasiswa satu ini memang ditujukan bagi pelajar internasional.

Bagaimana cara mendaftar beasiswa S2 di VU Amsterdam?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Amsterdam?